Sabtu, 23 Juli 2016

LALANG DIANTARA GANDUM








Sabtu, 23 Juli 2016 

Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku. 
                    (Matius 13:30)

Firman Tuhan hari ini memberikan jawaban atas pertanyaan : 
mengapa Tuhan sepertinya membiarkan kejahatan semakin jahat; bukankah lebih baik dimatikan saja orang jahat itu? 

Kejahatan membuat resah masyarakat dan sudah banyak korban menderita akibat perbuatan jahat dimana semakin hari semakin jahat dan sadis. 

Orang-orang jahat ada di sekitar kita; yang kelihatan maupun terselubung ibaratnya musuh dalam selimut. 

Ada orang jahat berpenampilan santun, ramah, pintar bergaul, sepintas orangnya menyenangkan tetapi di balik semua itu tersembunyi niat jahat. 

Orang jahat seperti ini sulit diantisipasi sedangkan orang jahat yang garang dan kasar terlihat sangat jelas. 

Perumpamaan lalang diantara gandum menyadarkan kita bahwa suka atau tidak suka, kita terpaksa menerima kenyataan disekitar kita ada berbagai orang jahat. 

Matius 13:26-28a 
Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? 
Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. 

Ada begitu banyak alasan yang mendorong seseorang berbuat jahat padahal Tuhan menginginkan manusia tidak berbuat kejahatan dan Tuhan menasehati orang jahat itu berubah kelakuannya 

Yeremia 7:3 
Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini. 

Tuhan mau kita hidup bersamaNya dan bersaat teduh bersamaNya. 

Mazmur 84:5 
Berbahagialah orang-orang yang diam di rumahMu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. 

Tetapi kenyataannya, sebagian orang tidak suka hidup bersama Tuhan dan akibatnya ia bergaul dengan orang yang hidupnya menjauh dari Tuhan hingga akhirnya kelakuan dan sikap hidupnya berubah menjadi jahat di mata Tuhan. 

Meski kejahatan semakin bertambah namun kita tidak perlu cemas, apalagi takut sebab Tuhan berjanji akan melindungi dan menyertai di sepanjang hidup kita asalkan mau menjalani hidup seturut dengan kehendak Tuhan. 

Ulangan 31:6 
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; 
Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. 

Setelah kita tahu firman Tuhan hari ini menjelaskan ada lalang diantara gandum berarti kita tahu ada orang jahat disekitar kita maka hendaknya kita terus waspada dan mawas diri supaya tidak menjadi korban kejahatan. 

Caranya simple saja yaitu kita serahkan hidup kita kepada Tuhan maka tidak usah khawatir dan cemas menghadapi rintangan dan tantangan orang jahat. 

Kita percaya dan yakin bila hidup kita berada dalam kebenaran Tuhan maka kesudahannya kita beroleh kemenangan atas kejahatan. 

Roma 12:21 
Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! 

Orang jahat jika tidak segera bertobat dan meninggalkan kejahatannya maka pada akhir jaman akan dibakar dalam api kekekalan. 

Matius 13:40-42 
Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikatNya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam KerajaanNya. Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. 

Sedangkan orang benar yang hidup di dalam kebenaran Tuhan dan masuk ke dalam kehidupan kekal  

Matius 13:43 
Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar! 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku hidup sebagai orang benar yang menjalani hidup berkenan bagi Tuhan dan menjauhi bahkan tinggalkan segala kejahatan yang tidak berkenan di mata Tuhan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
St Birgitta 
Warna Liturgi : Hijau 

Yeremia 7:1-11 
Mazmur 84:3-6,8,11 
Matius 13:24-30 
BcO : Ayub 23:1-24:12 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com