Rabu, 26 April 2017

BERSERULAH KEPADA TUHAN









Rabu, 26 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 5:17-26 

Imam besar dan pengikutnya dari mazhab Saduki menangkap Petrus dan Yohanes, lalu memasukan ke penjara sebab mereka sangat iri hati. 

Pada waktu malam seorang Malaikat Tuhan membuka pintu penjara dan menyuruh kedua rasul ke Bait Allah untuk memberitakan seluruh firman hidup kepada banyak orang. 

Pejabat penjara geger ketika melihat penjara kosong padahal masih terkunci dan setelah diberitahu bahwa ke-2 rasul ada di Bait Allah maka kepala pengawal membawa kedua rasul tersebut tanpa kekerasan ke penjara. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 34:2-9 

Orang yang tertindas berseru dan Tuhan mendengar dan menyelamatkannya dari segala kesesakkan dan Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Tuhan. 

Ayat 9 
Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung padaNya! 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 3:16-21 

Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia untuk menyelamatkan bagi setiap orang percaya kepadaNya dan beroleh hidup yang kekal (ayat 16). 

Namun sayangnya manusia lebih suka kegelapan dari pada terang, karena perbuatan jahat dan membenci terang. 

RENUNGAN HARI INI 

Ketika kita berbeban berat karena begitu banyak masalah menerjang hidup kita dan terlihat seperti tidak ada lagi jalan keluarnya atau tidak ada solusinya maka berserulah kepada Tuhan !!! 

Secara manusiawi, biasanya kita masih mengandalkan kemampuan intelektual dan kekuatan kita terlebih dahulu meski sebagian ada yang berdoa kepada Tuhan namun hanya sebatas doa saja. 

Setelah masalah itu semakin besar dan sulit diatasi maka barulah kita berseru pada Tuhan memohon pertolonganNya. 

Hari ini kita belajar dari pengalaman Daud dan para rasul ketika menghadapi masalah ancaman dari musuh atau kelompok orang2 memusuhi mereka. 

Keyakinan Daud dan para Rasul kepada Tuhan Allah sangat besar sehingga tidak takut meskipun diancam akan dibunuh. 

Mazmur 34:5  
Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku. 

Jadi masalah mereka, bukan masalah kesulitan keuangan, sakit penyakit, atau masalah lukabatin tetapi masalah kehilangan nyawa keselamatan dirinya sedangkan masalah hidup kita di jaman sekarang ini pada umumnya bukan masalah nyawa. 

Hendaknya ketika ada masalah maka terlebih dahulu datanglah kepada Tuhan dan berserulah kepadaNya, kemudian setelah mendapatkan hikmat Tuhan, maka barulah kita bertindak

Petrus dan Yohanes ketika di penjara mendengar pesan dari Malaikat Tuhan maka mereka mengerjakannya. 

Kisah 5:29-21a 
Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya: "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak." Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. 

Seringkali masalah yang kita hadapi hari ini merupakan proses sebelum menuju keberhasilan di hari selanjutnya. 

Lihatlah perjuangan Petrus dan Yohanes serta murid-murid lainnya membuahkan hasil sangat luarbiasa mempertobatkan banyak orang, lalu percaya kepada Yesus termasuk kita saat ini umat kristiani. 

Coba anda renungkan keadaan hidupmu hari ini adalah hasil dari perjuanganmu mengatasi masalah hidup di hari-hari sebelumnya. 

Orang yang berseru dan mengandalkan Tuhan akan memperoleh kemenangan atau keberhasilan meskipun bagaimana beratnya tertindas oleh masalah hidup. 

Mazmur 34:7-9 
Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya. Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka. Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung padaNya! 

Ada 4 hal penting harus dilakukan agar memperoleh kemenangan atas segala masalah hidup, yaitu : 

1) yakinlah Tuhan pasti menolong 
2) datang dan berserulah kepada Tuhan 
3) dengarkanlah nasehat/hikmat Tuhan 
4) bertindaklah sesuai kehendak Tuhan 

Banyak orang termasuk umat kristiani keliru menempatkan prinsip dunia sebagai prioritas utama untuk mengatasi masalah hidupnya. 

Padahal prinsip kebenaran Tuhan melalui firman Tuhan di Alkitab maupun hikmat Tuhan yang didapat dari doa dan saat teduh seharusnya menjadi fokus dan prioritas utama ketika menghadapi masalah di dalam hidupnya. 

Yach, tergantung seberapa dalam tingkat keyakinan kepada Tuhan mempengaruhi keberhasilan memenangkan perjuangan melawan masalah hidup. 

Itu sebabnya di dalam Injil Yohanes hari ini dikatakan bahwa : 

Yohanes 3:18 
Barangsiapa percaya kepadaNya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. 

Maksudnya di bawah hukuman itu adalah ketidak-percayaan atau tidak andalkan Tuhan ketika mengatasi masalah hidup maka mendatangkan hukuman karena memakai prinsip dunia dan akibatnya berbuat dosa. 

Contoh : 
datang kepada paranormal bertanya cara mengatasi masalahnya atau bertanya kepada orang lain yang hebat berdasarkan prinsip dunia dimilikinya. 

Penyebab lainnya adalah pada dasarnya orang lebih cenderung menyukai hal-hal dunia daripada hal-hal rohani sebab yah memang menggiurkan namun ada dosa mengintip di belakang kenimatan dunia. 

Yohanes 3:19 
Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. 

Semoga renungan hari ini menyadarkan kita bahwa keyakinan kepada Tuhan adalah hal penting dan utama yang hendaknya kita prioritaskan. 

Tatkala masalah datang menerjang hidup maka kita berseru kepada Tuhan sebab kita yakin bahwa hanya bersama Tuhan, setiap masalah hidup dapat diatasi dan kita memperoleh kemenangan hidup. 

Ratapan 3:55-57 
"Ya Tuhan, aku memanggil namaMu dari dasar lobang yang dalam. 
Engkau mendengar suaraku! 
Janganlah Kaututupi telingaMu terhadap kesahku dan teriak tolongku! 
Engkau dekat tatkala aku memanggilMu, Engkau berfirman: Jangan takut!" 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com