Senin, 24 April 2017

LAHIR BARU DALAM ROH KUDUS








Senin, 24 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 4:23-31 

Intimidasi dan ancaman imam2 kepala dan tua-tua Yahudi kepada Petrus dan Yohanes semakin gencar. 

Para rasul dan murid2 Yesus lainnya berdoa memohon kepada Tuhan Allah agar diberikan keberanian memberitakan firman Tuhan dan diberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat penyembuhan. 

Ayat 31 
Ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 2:1-9 

Mazmur ini menjelaskan Raja yang diurapi Tuhan Allah, tidak diterima oleh raja-raja dunia, pembesar dunia, bangsa dan suku bangsa dunia. 

Raja urapan Tuhan akan meremukkan mereka dengan gada besi memecahkan mereka seperti tembikar rukang periuk

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 3:1-8 

Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi datang di waktu malam kepada Yesus karena takut kepada teman2nya. 

Yesus mengatakan bahwa seseorang harus dilahirkan dari air dan Roh supaya dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah sebab apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 

RENUNGAN HARI INI 

Manusia itu mahluk paling jahat di muka bumi ini jika kebencian menguasai hati dan pikirannya sehingga dengan segala cara dirancang untuk membunuh orang yang dibencinya. 

Imam-imam kepala dan tua-tua Yahudi seharusnya mampu mengendalikan diri dan semakin bijaksana tetapi ternyata pikirannya sempit dan hatinya dipenuhi perasaan iri bahkan sangat membenci Yesus karena menunjukkan kehebatan melebihi kemampuan mereka. 

Mereka senang berhasil menyalibkan Yesus sampai mati tetapi kemudian murid2 Yesus mampu menyembuhkan orang sakit dan mengajarkan tentang Yesus dan memberitakan telah bangkit. 

Begitu mendengar nama Yesus maka imam2 kepala, tua-tua Yahudi melarang dan mengancam akan dimasukan dalam penjara bagi siapa saja yang beritakan tentang Yesus. 

Situasi seperti ini sangat mencekam tetapi Petrus dan Yohanes tidak takut malah semangatnya menyala-nyala memberitakan tentang Yesus bangkit. 

Tetapi pengikut Yesus lainnya gentar sehingga mereka berdoa berseru kepada Yesus memohon pertolonganNya. 

Kisah 4:29 
Sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hambaMu keberanian untuk memberitakan firmanMu

Kita lihat bagaimana sikap mereka meski ada perasaan gentar tetapi tidak mundur bahkan tetap bersemangat beritakan firman Tuhan ... wow, luarbiasa. 

Gimana dengan kita bila berada dalam situasi seperti mereka? 

Kitapun hendaknya berdoa dan berseru kepada Tuhan dengan penuh keyakinan tatkala menghadapi intimidasi, ancaman dan dicap kafir oleh pihak2 anti Kristus. 

Iman dan doa adalah inti kekuatan kita sehingga kita berani memberitakan kebenaran firman Tuhan. 

Yakobus 5:16b 
Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. 

Memang banyak orang memilih sikap kompromi terhadap intimidasi/ancaman karena takut dan mencari aman daripada mengalami marabahaya. 

Inilah sikap pengecut karena imannya kerdil dan harus dilahirkan kembali agar roh-nya menyala-nyala dan imannya dibangkitkan. 

Seperti Nikodemus takut dimusuhi oleh teman-temannya sehingga malam hari datang menjumpai Yesus. 

Yesus membangkitkan iman Nikodemus dengan mengatakan ia harus lahir baru. 

Yohanes 3:3 
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." 

Nikodemus tidak mengerti dan Yesus menjelaskan maksud dilahirkan kembali dari air dan Roh (=Roh Kudus). 

Para rasul diperbaharui imannya melalui Urapan dan kuasa Roh Kudus pada saat Pentakosta sehingga berani beritakan Injil Yesus Kristus dengan semangat. 

Kitapun mesti dilahirkan kembali oleh Roh Kudus agar bersemangat dan iman dibangkitkan. 

Sebagian umat kristiani telah dingin semangatnya dibandingkan pada saat dibaptis dimana semangatnya menyala sebab fokusnya beralih hal-hal duniawi atau tertekan masalah hidup termasuk oleh intimidasi dan ancaman dari pihak anti Kristus. 

Menjadi umat kristiani, tidak boleh hanya terbatas percaya kepada Yesus tetapi imannya haruslah bertumbuh kuat. 

Kolose 2:6-7 
Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. 
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. 

Lahir baru, bukan berarti dibaptis lagi tetapi imannya dibangkitkan agar kokoh oleh kuasa Roh Kudus sehingga mampu menghadapi segala bentuk tantangan dan masalah hidup. 

Kita harus mengikuti gerakan Roh Kudus mendorong kita melakukan perbuatan kasih dan memberitakan Injil kepada orang lain agar mereka mengalami hidup di dalam kasih Kristus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com