Senin, 17 April 2017

KEBANGKITAN YESUS (BAGIAN-1)








Senin, 17 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 2:14,22-32 

Petrus berbicara di hadapan banyak orang Yahudi pada hari Pentakosta tentang wafat dan kebangkitan Yesus. 

Allah menggenapi janjiNya kepada Daud bahwa keturunannya sebagai Mesias dan Daud percaya kepada Allah. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 16:1-2a,5,7-11 

Daud berserah kepada Allah sebab ia tahu Allah melindungi dan meluputkan dirinya dari kebinasaan. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 28:8-15 

Ditengah perjalanan Maria Magdalena dan Maria lainya bertemu dengan Yesus yang menyuruh mereka memberitahukan kepada murid-murid Yesus agar pergi ke Galilea menjumpai Yesus telah bangkit. 

Imam-imam kepala dan tua-tua Yahudi menyogok serdadu penjaga kubur agar tidak menyebarkan berita bahwa kubur Yesus kosong sebab murid-murid Yesus mencuriNya saat mereka tertidur. 

Ternyaya kabar bohong ini dipercaya bangsa Yahudi hingga saat ini bahwa Yesus tidak bangkit dari mati. 

RENUNGAN HARI INI 

Berita tentang kebangkitan Yesus sangat mengejutkan imam-imam kepala dan tua-tua Yahudi sebab terbukti ucapan Yesus bahwa hari ketiga akan bangkit. 

Matius 26:59-61 
Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati, tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang, yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari.

Yohanes 2:19-21 
Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Lalu kata orang Yahudi kepadaNya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" Tetapi yang dimaksudkanNya dengan Bait Allah ialah tubuhNya sendiri. 

Mereka berusaha menutupi kebenaran bahwa Yesus bangkit pada hari ketiga setelah Yesus wafat di kayu Salib. 

Seperti itulah sikap orang munafik yang lebih jahat dari penjahat sebab mereka pemuka agama Yahudi tetapi hatinya busuk, tidak mau mengakui kebenaran bahwa Yesus adalah Mesias dan bangkit diantara orang mati sesuai dengan nas kitabsuci mereka. 

Kisah 2:31-32 
Karena itu Daud telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa dagingNya tidak mengalami kebinasaan. Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. 

Apa makna kebangkitan Yesus

Tentunya kita bangkit dari kematian atas dosa-dosa kita dan hidup di dalam Yesus Kristus sampai selama-lamanya. 

1 Yohanes 3:5-6 
Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diriNya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa. Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. 

Percuma saja setiap tahun mengikuti trisuci Paskah jika kita masih berlumuran dosa; apalagi berbuat dosa yang sama. 

Bersikap jujurlah dan tidak munafik seperti ahli taurat, imam kepala, tua-tua Yahudi, orang farisi dimana bagian luar nampak beribadah namun di dalam hati, pikiran, dan perbuatan malah menjauh dan bertentang dengan Tuhan. 

Tuhan menghendaki kita hidup bijaksana dan beribadah kepadaNya segenap hati. 

Titus 2:11-12 
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini. 

Bangkitlah dari lumpur dosa akibat dari keinginan kedagingan penuh hawa nafsu dan hari ini adalah hari kebangkitan kita umat kristiani. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com