Sabtu, 08 April 2017

TUHAN MELINDUNGI (BAGIAN-2)












Sabtu, 8 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YEHEZKIEL 37:21-28 

Tuhan berfirman akan mengumpulkan orang Israel dari tengah bangsa-bangsa sebab mereka tidak lagi menajiskan dirinya dengan berhala. 

Tuhan akan menjadikan Daud menjadi raja orang Israel dan mereka hidup menurut peraturan dan ketetapan Tuhan dengan setia. 

Dengan demikian bangsa-bangsa akan mengetahui, Tuhanlah menguduskan Israel dan mereka mengakui Allah dan menjadi umatNya. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
YEREMIA 31:10-13 

Tuhan akan mengumpulkan kembali bangsa Israel yang tercerai-berai dan menjaganya seperti gembala terhadap kawanan dombanya. 

Ayat 12 
Mereka akan datang bersorak-sorak di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan Tuhan, karena gandum, anggur dan minyak, karena anak-anak kambing domba dan lembu sapi; hidup mereka akan seperti taman yang diairi baik-baik, mereka tidak akan kembali lagi merana. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 11:45-56 

Imam Kayafas bernubuat bahwa Yesus akan mati untuk bangsa Israel pada tahun itu saat hari raya Paskah Yahudi untuk mengumpulkan anak-anak Allah sekian lama tercerai-berai. 

Ayat 49-52 
Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu, berkata kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa." Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai..

RENUNGAN HARI INI 

Tujuan Allah mengutus Yesus supaya manusia diselamatkan dan memperoleh hidup kekal; inilah kabar sukacita atau Injil Kerajaan Allah. 

Yohanes 3:16-17 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 

Sayangnya sebagian besar orang Yahudi menolak Yesus artinya mereka menolak keselamatan dari Allah yang bermaksud menyatukan mereka menjadi kesatuan keluarga Allah sebagai anak-anak Allah. 

Yohanes 1:12 
Semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya. 

Imam Kayafas melihat kebenaran ini bahwa Yesus memang harus mati demi menyatukan bangsa Israel yang telah sekian lama terpecah-belah (ayat 49-52) dan juga kepada bangsa lain atau kepada seluruh umat manusia, Tuhan melindungi dan menyelamatkan. 

Bangsa Israel memang sangat mudah memberontak kepada Allah terutama tatkala kehidupan mereka diberkati dan akan bertobat ketika hidup menderita. 

Gaya hidup bangsa Israel berulangkali seperti demikian atau istilahnya jaman sekarang ini adalah umat kristiani tomat yaitu tobat dan kumat kembali berbuat dosa alias melawan kehendak Tuhan. 

Apakah kita mau hidup seperti itu? 
Tentu tidak dong, mosok kayak begitu. 
Jika anda termasuk kristiani tomat maka sebaiknya berubah dong dan tinggalkan gaya hidup seperti itu jika mau hidup kekal di Sorga. 

Kunci utama yang harus kita miliki adalah keyakinan bahwa Tuhan Allah melindungi kita supaya tidak terjatuh ke jurang alam maut karena Tuhan Allah amat sangat mengasihi kita manusia. 

Bangsa Israel gagal meyakini hal ini karena mereka seringkali mengkhianati Tuhan Allah, dengan menyembah berhala atau ilah-ilah lain padahal sering mengalami pertolongan Tuhan. 

Semoga anda tidak seperti bangsa Israel sebab kita hidup di jaman modern ini sangat mudah mendapatkan informasi tentang kabar sukacita Allah dalam hitungan detik melalui internet. 

Gadget yang kita miliki pergunakanlah sebanyak mungkin kepentingan rohani dan hindari terbenam hal-hal duniawi. 

Percaya dan yakinlah perlindungan dan kasih Tuhan Allah sangat sempurna daripada perlindungan dan kasih yang diberikan dunia untuk kita manusia

Jika kunci utama ini belum ada miliki maka bergegaslah segera memilikinya sebab jika tidak maka kehidupan anda akan terombang-ambing oleh situasi dan kondisi dunia yang menggoncangkan iman percaya kepada Yesus Kristus. 

Terbukti keadaan dunia saat ini telah mencerai-beraikan manusia sehingga disana-sini timbul perselisihan dan saling menghancurkan. 

Keadaan manusia saat ini banyak yang hidupnya menjauh dari Tuhan, bahkan telah meninggalkan Tuhan dan imannya mati oleh kepentingan kedagingan yang membelenggu dirinya. 

Terimalah kabar sukacita Injil hari ini supaya damai sejahtera sukacita dari Tuhan Allah menyelimuti hidup kita. 

Jangan dengarkan bisikan yang akan membawa diri anda ragu-ragu kepada Tuhan dan yang mengatakan anda tidak akan ditolong Tuhan karena dosa anda. 

Itu pasti bisikan Iblis. 
Jika anda berdosa, yach akui dan mohon ampun kepada Tuhan dan bertobat tidak mengulangi perbuatan dosa lagi. 

J A D I 

Kunci utama yang disebutkan diatas adalah cara efektif untuk menangkis segala serangan yang bermaksud agar kita menjauh dari Tuhan dan melawan setiap rencana busuk si Iblis yang mengintimidasi orang supaya tidak yakin bahwa Tuhan mengasihi dirinya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com