Jumat, 21 April 2017

EMAUS (BAGIAN-2)










Kamis, 20 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 3:11-26 

Petrus dan Yohanes menjelaskan bahwa Yesus yang disalibkan telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati sesuai dengan nubuat yang disampaikan nabi2. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 8:2,5-9 

Mazmur ini mengungkapkan betapa Tuhan Mulia dan mengingat manusia sebagai ciptaanNya. 

Manusia diberi kemuliaan serta mahkota Tuhan dan memberi kuasa kepada manusia atas semua hewan. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 24:35-48 

Dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus, ditemui Yesus yang bangkit, segera kembali ke Yerusalem. 

Mereka menceritakan apa yang terjadi kepada saudara-saudara mereka dan tiba-tiba Yesus muncul dan berkata : 
"damai sejahtera bagi kamu!" 

Mereka terkejut mengira melihat hantu tetapi akhirnya mereka percaya setelah Yesus menjelaskan bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga. 

RENUNGAN HARI INI 

Pemulihan dialami dua murid di Emaus ketika mereka berjumpa dan bersantap bersama Yesus telah membuka mata rohani mereka bahwa Yesus adalah Mesias telah bangkit dari antara orang mati dan hal ini mereka kabarkan kepada para murid lainnya termasuk para rasul. 

Rupanya Yesus tahu iman murid2Nya perlu dipulihkan dan ditumbuhkan maka Yesus juga menampakkan diri ketika mereka sedang mendengar kesaksian dua murid dari Emaus tersebut. 

Hal ini dilakukam Yesus sebab masih ada beberapa murid yang kurang yakin meskipun telah mendengar kesaksian bahwa Yesus telah bangkit sebab mereka mengira melihat hantu. 

Lukas 24:36-37 
Sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu

Yesus bangkit merupakan sesuatu yang diluar akal budi dan sepertinya tidak mungkin terjadi; mungkin seperti itulah yang dipikirkan dan dianalisa para murid, seperti kita juga lakukan sekarang ini. 

Kita masih ingat Yesus berulangkali menasehati bahwa : 

Yohanes 20:29 
Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." 

Para murid masih heran setelah Yesus memperlihatkan bukti bahwa diriNya adalah Yesus yang hidup kembali  dan hal ini menunjukkan masih tidak yakin. 

Lukas 24:39-41 
Lihatlah tanganKu dan kakiKu: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada padaKu." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kakiNya kepada mereka. Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?"  

Kitapun seringkali tidak yakin meskipun sudah mendengar kesaksian orang lain tentang mukjizat Ilahi sebab masih ada keraguan, apakah betul terjadi? bahkan sekalipun telah melihat masih tidak percaya .....

Yesus harus membuka pikiran muridNya supaya mereka mengerti. 
Lukas 24:45 
Lalu Yesus membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. 

Memang kita sulit memahami firman Tuhan tertulis di kitab suci jika hanya mengandalkan pemikiran akal budi kita. 

Itu sebabnya kita perlu menumbuhkan iman percaya kita kepada Yesus Kristus melalui doa, saat teduh, dan menekuni Firman Tuhan. 

Iman dan doa merupakan rantai yang menghubungkan relasi kita dengan Tuhan sehingga kita bisa bersatu dan mengalami kasih Tuhan. 

Seperti halnya rantai penghubung yang kuat antara kapal dengan sauh/jangkar agar ketika sauh/jangkar dilemparkan ke dasar laut dan biasanya ke batu karang agar dapat menahan berat kapal untuk berhenti di dermaga pelabuhan. 
(baca renungan Emaus bagian-1) 

Pengharapan saja tidak cukup jika tidak disertai dengan iman dan doa sebab ketiga hal ini saling berkaitan erat yang membentuk kekuatan teguh keyakinan kita kepada Yesus Kristus. 

Para murid semula telah pudar harapan mereka kepada Yesus setelah melihat kenyataan Yesus mati di salib tetapi melalui perjumpaan dengan Yesus yang telah bangkit maka pengharapan dan keyakinan iman tumbuh kembali. 

Setelah itu para rasul dan murid Yesus lainnya berapi-api mengabarkan Injil tentang Yesus Kristus dan ini terlihat dalam bacaan pertama hari ini dimana rasul Petrus berkhotbah di hadapan masyarakat Yahudi di serambi Salomo. 

Petrus mengatakan ketidak-tahuan masyarakat Yahudi bahwa Yesus adalah Mesias diutus Allah harus menderita (Kisah 3:18) sebab mereka tidak mau mengerti nubuat para nabi. 

Petrus panjang-lebar menjelaskan kepada mereka tentang perjanjian Allah dengan Abraham, Ishak, Yakub dan nabi Musa serta  para nabi lainnya. 
( baca Kisah 3:17-26 ) 

Kisah 3:25-26 
Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati. Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan HambaNya dan mengutusNya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu. 

Semoga kita umat kristiani yang hidup di jaman ini berpegang teguh pada Yesus dalam segala situasi hidup yang sedang kita alami dan kita jalani dengan tetap fokus dan bersandar kepadaNya. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com