Rabu, 19 April 2017

KEBANGKITAN YESUS (BAGIAN-2)










Selasa, 18 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 2:36-41 

Petrus memberitakan Yesus adalah Tuhan dan Kristus (ayat 36) sehingga mereka yang mendengarnya menjadi terharu. 

Petrus mengajak mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus dan menerima karunia Roh Kudus (ayat 38). 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 33:4-5,18-20,22 

Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan dengan kesetiaan. 
Mata Tuhan tertuju kepada orang yang berharap kepadaNya sebab kasih setia Tuhan senantiasa menyertainya. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 20:11-18 

Maria Magdalena menangis ketika ia menjenguk ke dalam kubur dan saat ia mendengar namanya dipanggil Yesus maka ia berkata : Rabuni, artinya Guru. 

Yesus mencegah Maria Magdalena yang hendak memegangNya sebab Yesus belum pergi kepada Bapa (ayat 17a). 

Setelah perjumpaannya dengan Yesus di kuburan maka Maria Magdalena pergi memberitahu hal ini kepada murid-murid 

RENUNGAN HARI INI 

Bagi orang yang mengalami pertolongan Tuhan biasanya sangat berterimakasih atas kemurahan Tuhan kepada dirinya, seperti yang dialami Maria Magdalena diselamatkan Yesus tatkala ia akan dihukum rajam oleh masyarakat Yahudi (Yohanes 8:1-11). 

Maria Magdalena sangat sedih melihat kenyataan bahwa Yesus mati di Salib dan mungkin semalaman gak bisa tidur maka pagi hari mendatangi kubur Yesus 

Maria Magdalena mengalami perubahan luar biasa; ia bertobat, lalu mengikuti Yesus dan menjadi saksi pertama yang melihat kebangkitan Yesus. 

Pertobatan saja tidak cukup jika tidak dibarengin perubahan sikap perilaku dari hidup lama berlumuran dosa menjadi hidup baru di dalam Tuhan. 

Seringkali orang berniat mau berubah tetapi hanya berhenti sampai niat saja dan tidak berbuat apa-apa. 

Seandainya melangkah meninggalkan sikap hidup lama tetapi begitu mendapat halangan dan hambatan maka ia segera kembali lagi kepada kehidupan lama. 

Pernah dengar yach respon orang yang baru bertobat menuntut Tuhan segera memulihkan keadaan hidupnya dalam waktu singkat padahal ia berbuat dosa sekian tahun, bahkan ada puluhan tahun 

Daud berzinah dengan Batsyeba; 
anak dari perzinahannya itu mati meski berusaha melunakan hati Tuhan dengan berpuasa. 

2 Samuel 12:15-18 
Kemudian pergilah Natan ke rumahnya. Dan Tuhan menulahi anak yang dilahirkan bekas isteri Uria bagi Daud, sehingga sakit. Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah. Maka datanglah kepadanya para tua-tua yang di rumahnya untuk meminta ia bangun dari lantai, tetapi ia tidak mau; juga ia tidak makan bersama-sama dengan mereka. Pada hari yang ketujuh matilah anak itu. Dan pegawai-pegawai Daud takut memberitahukan kepadanya, bahwa anak itu sudah mati. Sebab mereka berkata: "Ketika anak itu masih hidup, kita telah berbicara kepadanya, tetapi ia tidak menghiraukan perkataan kita. Bagaimana kita dapat mengatakan kepadanya: anak itu sudah mati? Jangan-jangan ia mencelakakan diri!" 

Kita lihat bagaimana Daud bangkit dari perbuatan dosanya dengan bersujud menyembah Tuhan. 

2 Samuel 12:20a 
Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah Tuhan dan sujud menyembah

Kemudian hari justru Tuhan berkenan kepada Daud karena perubahan sikap hidup Daud dan melalui keturunannya lahir Yesus Sang Mesias. 

Kisah 13:22-23 
Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hatiKu dan yang melakukan segala kehendakKu. Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikanNya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus

Jadi ada beberapa hal untuk bangkit dari kematian dosa dan berbalik kembali menjalani hidup di dalam Tuhan, yaitu : 

1) menyesali dosa dan bertobat 
2) meninggalkan hidup lama berdosa 
3) hidup baru di dalam kebenaran Tuhan 
4) sabar menanggung sangkuli 
    (sangkal diri, pikul salib, ikut Yesus) 
5) melakukan perbuatan kasih 
6) setia sampai mati kepada Tuhan 

Seperti halnya rasul Paulus juga berubah dari seorang pembunuh umat kristiani menjadi pengikut setia Yesus Kristus. 

Ketiga tokoh ini yakni Maria Magdalena, Daud, Paulus merupakan contoh teladan bagaimana bangkit dari kematian dosa dan akhirnya memperoleh Anugerah keselamatan dari Tuhan Allah. 

2 Timotius 4:7-8 
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hariNya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya. 

Semoga kita umat kristiani setia sampai akhir hayat karena telah bangkit dari kematian dosa dan akan memperoleh Anugerah keselamatan hidup kekal di Sorga bersama Yesus Kristus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com