Kamis, 06 April 2017

COVENANT (=PERJANJIAN)







Kamis, 6 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEJADIAN 17:3-9 

Tuhan Allah mengikat perjanjian dengan Abraham dan berjanji akan memberikan: 
1) keturunan sangat banyak 
2) tanah Kanaan 
dengan syarat Abraham dan keturunan turun-temurun berbakti kepada Allah dan menjadi satu-satunya Allah mereka. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 105:4-9 

Keturunan Abraham diingatkan mencari Tuhan Allah sebab IA setia pada janjiNya untuk selama-lamanya. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 8:51-59 

Orang-orang Yahudi tidak mau mengerti dan mempermasalahkan keberadaan Yesus dan membandingkan dengan bapa Abraham, leluhur mereka. 

Yesus mengatakan diriNya ada sebelum Abraham ada di dunia ini dan membuat marah orang-orang Yahudi sehingga melempari Yesus dengan batu. 

RENUNGAN HARI INI 

Layaknya sebuah perjanjian dimana kedua pihak mengikat janji berarti harus mentaati dan melaksanakan janji yang tertera di surat perjanjian yang diberi tanda meterai pengesahannya. 

Perjanjian Allah dengan Abraham harus berlaku demikian. Allah memenuhi janjiNya dimana keturunan Abraham menjadi bangsa besar, bangsa Israel. 

Namun sayangnya bangsa Israel tidak menetapi janjiNya sebab berulangkali mengkhianati Allah, dengan menyembah ilah-ilah lain atau menyembah berhala. 

Yesus mengatakan jika bapa mereka adalah bapa Abraham, seharusnya mereka menyambut kedatangan diriNya dan mengakuiNya sebagai Mesias yang dijanjikan Allah melalui nubuatan para nabi sebelumnya. 

Yohanes 8:56-58 
Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hariKu dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita
Maka kata orang-orang Yahudi itu kepadaNya: "UmurMu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." 

Bagaimana dengan kita? 
Bukankah ketika kita dibaptis, berjanji setia kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan JuruSelamat dan mau hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Jika hidup yang kita jalani sekarang ini ternyata tidak sesuai dengan janji kita maka berarti kita mengingkari janji kita seperti yang dilakukan bangsa Israel. 

Bacaan Injil hari ini mengingatkan kita akan perjanjian kita saat di baptis dan berjanji alan hidup sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan dan tetap teguh percaya kepada Yesus Kristus

Seperti halnya Yesus katakan kepada orang-orang Yahudi bahwa : 

Yohanes 8:51 
Sesungguhnya barangsiapa menuruti firmanKu, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya. 

Sungguh menyedihkan sebagian besar dari kita menjalani hidup bertentangan dengan kehendak Tuhan, bahkan ada yang merasa hidupnya baik-baik saja; katanya tidak membunuh, tidak mencuri tetapi perintah Tuhan tidak dijalankan. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa. 

Kita umat kristiani percaya kepada Yesus berarti kita harus melakukan pekerjaan yang Yesus lakukan yakni mewartakan Injil  Kerajaan Allah dan melakukan perbuatan kasih. 

Kedua hal ini sangat menonjol pada diri Yesus dan hampir seluruh pelayanan yang Yesus lakukan, selain Yesus juga mengajar dan mengusir setan. 

Mari kita intropeksi diri masing-masing, sudahkan aku melakukan kedua hal yang selalu Yesus lakukan. 

Yohanes 15:21 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Matius 18:19-20 
Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Dan inilah janji Yesus seperti janji Allah kepada Abraham dan keturunannya. 

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Sangat jelas dan pasti mudah dipahami, jadi tidak alasan mengatakan tidak tahu apa itu kehendak dan perintah Tuhan. 

Ingatlah !!! 
Kita umat kristiani terikat perjanjian dengan Yesus Kristus maka taatilah dan laksanakan bagian janji kita. 

Yesus Kristus telah melaksanakan janji yakni mengorbankan diri mati di Salib untuk menebus dosa-dosa kita dan juga Yesus berjanji akan mengabulkan doa dan memberkati hidup kita. 

Bahkan lebih dari itu masih ada janji lainnya lebih mulia dan agung yakni: 

Yohanes 14:1-3 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. 

Janji kehidupan kekal pasti digenapi jika kita mau hidup di Jalan Kebenaran yang telah dipersiapkan Yesus dengan darahNya sendiri sebagai meterai perjanjian supaya kita tiba dengan selamat, berada bersamaNya di Sorga. 

Wow... Janji Tuhan sangat menggiurkan, mosok anda tidak tertarik !!! 

Bodoh sekali jika masih tertarik pada janji Iblis akan memberikan kemegahan dunia jika sujud menyembah Iblis (Matius 4:8-9); berarti mata anda buta karena tidak dapat membedakan dan merasakan perbedaannya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com