Jumat, 21 April 2017

YESUS MENAMPAKAN DIRI (BAGIAN-1)










Jumat, 21 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 4:1-12  

Petrus dan Yohanes ditangkap oleh imam-imam, kepala pengawal Bait Allah, orang Saduki sebab berbicara tentang kebangkitan Yesus membuat 5000 laki-laki percaya. 

Kesaksian Petrus dan Yohanes di depan sidang yang mengadilinya bahwa Yesus telah bangkit dan kenyataan mukjizat kesembuhan yang terjadi maka akhirnya mereka dibebaskan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 118:1-2,4,22-27 

Bersyukurlah kepada Tuhan sebab IA baik dan kekal abadi kasih setiaNya. 

Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya! Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan! Kami memberkati kamu dari dalam rumah Tuhan. 
(Mazmur 118:24,26) 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 21:1-14 

Yesus menampakan diri untuk ketiga kalinya kepada murid muridNya di danau Tiberias dimana mereka kembali menjadi nelayan. 

Yesus mengulangi kembali mukjizat ikan yang banyak setelah menyuruh mereka menebarkan jala di sebelah kanan perahu yang mengingatkan mereka menjadi sadar bahwa Yesus hadir disitu. 

RENUNGAN HARI INI 

Para murid Yesus terguncang hatinya menyaksikan Yesus mati di Salib yang meruntuhkan iman mereka. 

Semula mereka percaya kehebatan Yesus mengadakan mukjizat tetapi terkejut melihat kenyataan Yesus mati. 

Peristiwa semacam ini seringkali kita alami juga di jaman sekarang dimana kita akan tergoncang imannya setelah melihat masalah yang kita hadapi makin besar padahal semula berharap Tuhan melepaskan kita dari masalah hidup. 

Biasanya masalah yang membuat kita pontang-panting adalah sakit penyakit, sesuatu yang mengancam keselamatan, masalah kemiskinan alias urusan duit dan penderitaan batin lainnya. 

Terkadang Tuhan ijinkan masalah2 itu terjadi untuk menguatkan iman kita dan menguji kesetiaan kita kepadaNya. 

Ibrani 12:6,11 
Tuhan menghajar orang yang dikasihiNya, dan Ia menyesah orang yang diakuiNya sebagai anak." Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya

Kekuatan iman kita akan terlihat pada saat menanggapi dan menghadapi tekanan masalah hidup. 

Mazmur 119:71 
Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapanMu. 

Peristiwa penyaliban Yesus membuat diri mereka merasa terancam akan dibunuh juga sebagai pengikut Yesus sehingga mereka pulang kampung dan iman mereka tergoncang hebat. 

Kita lihat gimana Yesus menampakan diri untuk membangkitkan iman mereka agar tetap percaya dan setia kepadaNya 

Hal ini terbukti, Petrus dan Yohanes berani memberitakan tentang Yesus meskipun diancam dan ditangkap oleh imam-imam, kepala pengawal Bait Allah dalam bacaan pertama hari ini. 

Bukan hanya para rasul saja tetapi murid lainnya menjadi semangat dan bangkit imannya kepada Yesus Kristus. 

Silahkan baca kitab kisah para rasul yang mengisahkan sepak terjang para rasul berkobar-kobar beritakan Injil tentang Yesus Kristus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com