Jumat, 07 April 2017

TUHAN MELINDUNGI (BAGIAN-1)








Jumat, 7 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YEREMIA 20:10-13 

Yeremia besyukur kepada Tuhan yang telah menyelamatkan dirinya dari musuh 

Ayat 11 
Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar aku akan tersandung jatuh dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka akan menjadi malu sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak terlupakan!  

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 18:2-7 

Daud bersyukur dan memuji Tuhan Allah karena melepaskan kesesakan dirinya dan menyelamatkannya dari musuhnya. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 10:31-42 

Yesus dituduh oleh orang-orang Yahudi menghujat Allah karena menyamakan diriNya dengan Allah. 

Yesus menjelaskan mengapa IA berkata diriNya adalah Anak Allah (ayat 36) bahwa IA melakukan pekerjaan BapaNya sebab Bapa di dalam Yesus dan juga Yesus di dalam Bapa (ayat 37-38). 

Mereka hendak menangkap Yesus tetapi tidak berhasil karena Yesus menyingkir ke seberang sungai Yordan. 

RENUNGAN HARI INI 

Yesus mengatakan diriNya melakukan tugas dari Bapa (ayat 32a) yaitu : 

Lukas 4:43 
Yesus berkata kepada mereka: 
"Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." 

Injil berasal dari bahasa Yunani yaitu Euangelion artinya Kabar baik. 

Kerajaan Allah bukanlah seperti kerajaan dunia tetapi mengenai Allah merajai kehidupan kita manusia agar mengalami kedamaian dan sukacita. 

Roma 14:17 
Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 

Orang-orang Yahudi terutama ahli taurat dan orang Farisi menolak Yesus karena dianggap menghujat Allah. 

Menurut mereka, Yesus adalah manusia sedangkan Yesus mengatakan diriNya diutus oleh Bapa, berarti Yesus adalah Anak Allah padahal pemahaman mereka Allah itu Esa (Maleakhi 2:5a) dan Allah tidak mungkin beranak. 

Mereka sesungguhnya mengakui perbuatan Yesus itu baik dan terlihat dari perkataan mereka : 

Yohanes 10:33 
Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diriMu dengan Allah." 

Memang seringkali orang terjebak pada pemahaman berdasarkan pandangan sendiri atau kelompok menafsirkan ayat Firman Tuhan dan tidak mengacu pada pandangan Gereja (=Magisterium). 

Seperti halnya orang farisi dan ahli taurat yang terkontaminasi kepentingan pribadi menafsirkan nubuat para nabi tentang Mesias yang dijanjikan Allah. 

Ternyata diboncengin perasaan iri hati kepada Yesus, yang secara kasat mata berasal dari kalangan tukang kayu dan mereka adalah pemuka agama Yahudi, seharusnya lebih capable. 

Mereka tahu Allah menjanjikan Mesias untuk menyelamatkan mereka bangsa Israel namun bukan pada diri Yesus meskipun tanda-tanda perbuatan Yesus menunjukkan Sang Mesias. 

Kita manusia seringkali sok tahu dan menolak ajaran Gereja mengajarkan kebenaran Firman Tuhan karena tidak sesuai pemikiran/pendapat sendiri

1 Timotius 6:3-4a 
Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat — yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus — dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita, ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa 

J A D I  

Tuhan Allah sangat mengasihi manusia dan menghendaki manusia hidupnya damai sejahtera. 

Tuhan Allah melindungi manusia dari serangan kuasa Iblis, dengan mengutus para nabi untuk mengingatkan manusia agar tetap bersandar kepadaNya. 

Mulai dari para nabi hingga sampai akhirnya Allah mengutus Yesus untuk memberitakan kabar sukacita supaya manusia tahu bahwa Allah mengasihi dan melindungi serta menyelamatkan manusia, bahkan mengAnugerahkan hidup kekal di Sorga; asalkan manusia percaya kepada Yesus Sang Mesias. 

Orang Yahudi atau bangsa Israel tidak percaya kepada Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah hingga hari ini karena pemahaman mereka tentang nubuat para nabi, bukan di dalam diri Yesus....sungguh ironi sekali bangsa lain percaya pada Yesus sedangkan mereka justru tidak percaya. 

Semoga kita umat kristiani tidak ragu2 mengakui Yesus adalah Mesias dan kita menyadari Allah sangat mengasihi kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com