Sabtu, 22 April 2017

YESUS MENAMPAKAN DIRI (BAGIAN-2)












Sabtu, 22 April 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 4:13-21 

Petrus dan Yohanes dilarang beritakan tentang Yesus bahkan diancam namun mereka tidak takut. 

Sidang pengadilan terpaksa bebaskan mereka, tidak dapat menuntut bersalah. 
Justru perbuatan Petrus dan Yohanes mendatangkan kebaikan menyembuhkan orang sakit. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 118:1,14-21 

Mazmur ini memuji Tuhan itu adalah kekuatan dan keselamatan bagi kita. 

Aku bersyukur kepadaMu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku (Mazmur 118:21) 

C. BACAAN INJIL 
MARKUS 16:9-15 

Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena, lalu ia memberitahu kepada yang lain tetapi mereka tidak percaya. 

Demikian juga Yesus menampakan diri kepada dua orang dalam perjalanan ke luar kota dan kemudian kedua orang itu memberitahukan kepada teman yang lain namun tidak percaya. 

Akhirnya Yesus menampakan diri pada kesebelas orang ketika sedang makan dan menegur ketidak-percayaan mereka dan Yesus memerintahkan mereka untuk memberitakan Injil ke segala mahluk. 

RENUNGAN HARI INI 

Bacaan Injil Markus hari ini merangkum penampakan Yesus sebanyak tida kali untuk membangkitkan dan menguatkan iman murid-muridNya dan pengikutNya. 

Apa yang dialami para murid Yesus pada saat itu akan kita alami juga dan semoga kita tidak menjadi gentar bila terjadi seperti demikian. 

Para murid Yesus telah mengalami kegoncangan iman oleh peristiwa yang mengancam nyawa dan memberikan kesaksian bagaimana mereka akhirnya sadar dan melakukan kehendak Yesus memberitakan Injil dan rela korbankan diri demi Yesus Kristus. 

Memang kita ini sangat lemah dan iman kita mesti digoncangkan terlebih dahulu agar menjadi kuat dan teguh. 

Seperti halnya anak burung rajawali, dilatih induknya dengan cara diangkat ke tempat tinggi dan dijatuhkan ke dalam jurang supaya berusaha mengepakkan sayapnya berusaha menyelamatkan diri 

Semula anak rajawali berpikiran bahwa induknya sangat kejam sengaja berbuat begitu namun setelah melihat induknya menolong mereka sebelum terbentur jurang dan kemudian baru mengerti bahwa induknya sedang melatih sayap mereka agar semakin kuat. 

Sama halnya dengan induk rajawali yang melatih anaknya maka penampakan Yesus di hadapan murid untuk memberitahu bahwa mereka tidak ditinggal sendirian tetapi Yesus beserta mereka agar mereka pergi beritakan Injil 

Sayangnya, sebagian dari umat kristiani salah menanggapi maksud Tuhan ketika hidupnya diberkati dan berleha-leha manja dan tidak mau mengepakan sayap pergi memberitakan Injil. 

Maunya hidup senang menikmati dunia padahal Yesus berulangkali katakan bahwa yang diberikan dunia hanya akan membawa malapetaka dan menyeret kita ke alam maut. 

Yesus menginginkan kita melakukan kehendakNya dan hidup di dalam kebenaraNya supaya kita beroleh hidup kekal. 

1 Yohanes 2:16-17 
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya

Mungkin tidak persis sama kita alami penyebab goncangan iman dengan yang dialami para rasul dan murid lainnya tetapi apapun bentuknya, seharusnya kita bertindak seperti mereka yang mau melakukan perintah Yesus, untuk memberitakan Injil. 

Banyak cara memberitakan Injil dan tidak selalu dalam bentuk pewartaan langsung namun bisa dalam bentuk lain, misalnya melalui sikap hidup kita yang menjadi teladan bagi orang lain. 

Kesaksian hidup kita membawa banyak orang bertobat dan hidup dalam kebenaran firman Tuhan adalah hal lain serupa seperti pemberitaan Injil. 

Percayalah dan yakinlah Yesus pasti senantiasa menampakkan diriNya kepada kita untuk memberitahu bahwa Yesus senantiasa menyertai hidup kita supaya iman kita semakin kokoh dan memberkati dengan berbagai karunia Roh Kudus di dalam melakukan tugas perutusan dan pelayanan. 

Yesaya 46:4 
Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu. 

Jadilah seperti anak burung rajawali yang mengepakkan sayapnya ke tempat yang tinggi di tengah gelombang badai yang menerpanya namun tidak akan menggoyahkannya senantiasa terbang tinggi di angkasa raya. 

Hayu, tanggapi Firman Tuhan hari ini dengan tindakan dan perbuatan nyata supaya orangblain yang belum percaya atau masih ragu-ragu atau tergoncang imannya oleh derasnya tekanan hidup maka mereka menjadi kuat setelah tahu dan mengalami penampakan Yesus di dalam hidupnya melalui pemberitaan firman Tuhan dan kesaksian hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com