Sabtu, 09 September 2017

PESTA KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA









Jumat, 8 September 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
MIKHA 5:1-4a 

Nubuat nabi Mikha tentang kelahiran Mesias dari seorang perempuan dari suku Yehuda, tergenapi. 
Perempuan yang melahirkan Mesias adalah Maria. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 13:6 

Tetapi aku, kepada kasih setiaMu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatanMu. Aku mau menyanyi untuk Tuhan, karena Ia telah berbuat baik kepadaku. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 1:1-16,18-23 

Maria bertunangan dengan Yusuf dan mengandung dari Roh Kudus sebelum mereka hidup sebagai suami-isteri. 

Yusuf bermaksud menceraikan secara diam-diam untuk melindungi nama baik Maria tetapi Malaikat Tuhan menyuruhnya mengambil Maria sebagai isterinya. 

Anak yang dikandung Maria adalah Yesus yang menyelamatkan umatNya dari dosa dan menggenapi nubuat nabi. 

RENUNGAN HARI INI 

Gereja Katolik sangat menghormati Maria karena keteladanan hidupnya yang setia dan mentaati Allah, yakni mengandung dan melahirkan Yesus, Sang Mesias. 

Berbagai bentuk penghormatan diberikan kepada Maria dan salahsatunya adalah hari ini, setiap tgl 8 September ditetapkan sebagai hari Pesta Kelahiran SP Maria. 

Kelahiran Maria adalah bagian rencana Allah untuk menyelamatkan manusia ketika manusia pertama (=Adam) yang telah jatuh ke dalam dosa yang membuat manusia mati dan jatuh ke dalam alam maut karena melanggar perintah Allah. 

Kejadian 2:16-17 
Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." 

Kejadian 3:6 
Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. 

Allah berinisiatif menyelamatkan manusia setelah Adam dan Hawa sengaja berbuat dosa dan akibatnya semua manusia pasti berbuat dosa. 

Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah

Kejadian 3:21 
Tuhan Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka. 

Allah sangat mengasihi manusia dan menggenapi janjiNya menyelamatkan manusia dan kelahiran Maria adalah bagian dari rencana Allah mengutus Yesus Sang Mesias. 

Gereja Katolik memutuskan perlunya untuk menetapkan hari kelahiran Maria dan dipilihlah tgl 8 September, untuk menghormati dan menghargai perjuangan Maria sebagai ibunda Yesus. 

Ada yang mempertanyakan keabsahan dasar alkitabiah tentang penetapan hari pesta kelahiran Maria maka jawabannya seperti yang telah diuraikan diatas. 

Bukankah kita juga menghormati hari kelahiran kita masing-masing dan kita mengadakan pesta ulangtahun atas kelahiran kita. 

Sudah sepatutnya Gereja Katolik menetapkan hari ini tgl 8 September sebagai hari Pesta kelahiran Maria. 

Umat Katolik sangat dekat dengan Maria sehingga memanggilnya Bunda Maria dan berdevosi kepada Bunda Maria. 

Kita bisa belajar dari Bunda Maria yang begitu sabar menemani Yesus yang saat itu dimusuhi banyak orang terutama dari orang Farisi, ahli Taurat, dan pemuka agama Yahudi lainnya. 

Bagaimana menderitanya Bunda Maria menyaksikan Yesus di salib dan setelah Yesus wafat, bangkit, naik ke Surga...
Bunda Maria menemani murid-murid Yesus meneruskan memberitakan Injil dan mengalami berbagai hambatan dan penganiayaan fisik. 

Bunda Maria banyak menyaksikan segala bentuk mukjizat dan mendengarkan pengajaran Yesus tentang kasih serta pewartaan kabar sukacita Injil. 

Iman kepercayaan Bunda Maria sungguh teruji dan membuahkan hasil sehingga Allah berkenan kepadanya. 

Kita hendaknya mencontoh keteladanan Bunda Maria di dalam memperjuangkan iman kepercayaan kita kepada Yesus dan menyelesaikan tugas perutusan hingga tuntas seperti Bunda Maria setia menjalankan tugas perutusannya sebagai ibu Yesus dan bersama murid-murid Yesus mewartakan Injil Kerajaan Sorga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com