Rabu, 27 September 2017

KUASA FIRMAN TUHAN










Rabu, 27 September 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
EZRA 9:5-9  

Ungkapan syukur kepada Allah yang telah memberikan pengampunan dan kasih karunia kepada mereka membangun kembali rumah Allah di Yerusalem. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
TOBIT 13:2-5,8  

Aku memuliakan Dia di tanah pembuanganku, dan kunyatakan kekuasaan serta kebesaranNya kepada kaum berdosa. Bertobatlah, hai orang-orang yang berdosa, dan lakukanlah apa yang benar di hadapanNya. Siapa tahu kalau-kalau Ia berkenan kepadamu dan menjalankan belas kasihan kepada kamu

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 9:1-6 

Yesus memberikan tenaga dan kuasa pada ke-12 muridNya untuk menguasai setan dan menyembuhkan penyakit. 

Yesus mengutus mereka, memberitakan Kerajaan Allah dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat berbagai desa. 

RENUNGAN HARI INI 

Renungan kemarin selasa, ada bagian yang dibahas mengenai memperkatakan Firman Tuhan maka sangat erat kaitannya dengan bacaan Injil hari ini tentang Yesus memberi kuasa kepada murid-muridNya. 

Lukas 9:1-2 
Maka Yesus memanggil kedua belas muridNya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang. 

Memberitakan Firman Tuhan jika tidak ada Kuasa Tuhan atau istilah populernya adalah Urapan Tuhan maka Firman Tuhan yang disampaikan terbatas pengetahuan saja atau hanya diingat oleh pikiran saja dan tidak menyentuh hati orang yang mendengar Firman Tuhan. 

Yesus ketika memberitakan dan mengajar tentang Injil Kerajaan Allah memiliki kuasa dalam perkataanNya sehingga banyak orang tersentuh hatinya dan dijamah oleh kuasa Tuhan. 

Markus 1:21-22 
Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Mereka takjub mendengar pengajaranNya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. 

Seperti halnya perumpamaan tentang penabur yang menabur benih dimana ada yang jatuh di pinggir jalan, semak berduri, di bebatuan, dan di tanah yang subur. 
(baca renungan hari sabtu, 23 Sep 2017) 

Penabur atau pemberita Firman Tuhan sangat penting ada Urapan/Kuasa Tuhan dan demikian juga pendengar Firman Tuhan sangat penting mempersiapkan atau membuka hati dan pikirannya agar bersedia menerima Firman Tuhan yang didengarnya sehingga menyentuh hati dan terpatri/termeterai di pikirannya. 

Itu sebabnya Yesus memberikan tenaga dan kuasa kepada ke-12 muridNya sebelum mereka diutus untuk beritakan Injil Kerajaan Allah dan diutus untuk menyembuhkan orang dari segala sakit penyakit dan dari kuasa setan. 
(Lukas 9:1-2). 

Pertanyaannya adalah : 
Apa yang harus kita lakukan agar dapat menerima Tenaga dan Kuasa Tuhan ? 

1) Dengarkan Firman Tuhan setiap hari 
2) Perkatakan Firman Tuhan dengan iman
3) Hiduplah di dalam Firman Tuhan 
4) Mintalah Karunia dan Kuasa Tuhan 

Banyak orang berpandangan bahwa Karunia dan Kuasa Tuhan itu tidak usah kita minta tetapi Tuhan yang akan berikan sehingga membuat orang tersebut pasif dan tidak berusaha mendapatkannya. 

Sama halnya dengan pendapat orang yang mengatakan bahwa kita tidak perlu meminta dalam doa sebab Tuhan sudah tahu koq kebutuhan/keperluan kita. 

Padahal Firman Tuhan mengatakan: 
Matius 7:7-8 
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 

Seringkali kita meminta kepada Tuhan terbatas pada : 
berkat jasmani, kesembuhan jasmani tetapi jarang sekali meminta Karunia dan Kuasa/ Urapan Tuhan

Berbagai Karunia (1 Korintus 12:1-11) yang kita minta kepada Tuhan dan juga kita minta Kuasa/Urapan Tuhan agar pada saat kita memberitakan Injil ada kuasa pemulihan terjadi yang merubah pola pikir orang yang mendengar Injil dan menyentuh hatinya sehingga mereka mau datang mendekat kepada Yesus. 

Dengan Kuasa/Urapan Tuhan maka ketika mendoakan orang, akan terjadi kesembuhan sakit jasmani dan rohani. 

JADI 

Mintalah Karunia dan Kuasa/Urapan Tuhan sebab sangat diperlukan pada saat kita memberitakan Injil dan melayani dalam pelayanan rohani. 

Disamping itu Karunia dan Kuasa/Urapan Tuhan membangkitkan dan meneguhkan iman kita sehingga kita tidak tergoda menyimpang atau berpaling dari Tuhan melainkan kita hidup di Jalan Kebenaran Tuhan yang pasti menyelamatkan dan mengantar kepada hidup kekal di Sorga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com