Selasa, 26 September 2017

MENDENGARKAN DAN MELAKUKAN FIRMAN TUHAN












Selasa, 26 September 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
EZRA 6:7-8,12,14-20 

Diadakan pentahbisan atas Rumah Tuhan selesai dibangun dan para imam serta orang Lewi bersama2 mentahirkan diri. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 122:1-5 

Mazmur Daud yang menyatakan sukacita pergi ke rumah Tuhan yang dibangun di kota Yerusalem. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 8:19-21 

Ketika Yesus diberitahu bahwa ibuNya dan saudara-saudaraNya ada diluar mau bertemu denganNya tetapi Yesus berkata:
"IbuKu dan saudara-saudaraKu ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya." 

RENUNGAN HARI INI 

Hari ini kita lebih spesifik membahas bagaimana melakukan kehendak Tuhan lewat kebenaran Firman Tuhan yang merupakan benih bagi pertumbuhan iman kita agar menghasilkan buah kebenaran. 

Suku Yehuda dan Benyamin mendengar kabar tentang dekrit raja Koresh yang mengijinkan pembangunan Rumah Tuhan di Yerusalem dan mereka menanggapi dekrit tersebut dengan serius melakukan dan menyelesaikan pembangunan. 

Kembali kita mendapat pelajaran penting dari keberhasilan mereka hingga Rumah Tuhan diresmikan dan ditahbiskan. 

Pertama 
Mendengarkan Firman Tuhan 

Mazmur 119:15-16 
Aku hendak merenungkan titah-titahMu dan mengamat-amati jalan-jalanMu. Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapanMu; firmanMu tidak akan kulupakan. 

Mendengarkan disini bukan sekedar kita mendengar tetapi lebih menekankan pada mencari, menggali Firman Tuhan hingga menemukan maknaNya terdalam. 

Tuhan akan singkapkan rahasia Kerajaan Allah sebab IA telah berjanji demikian jika dengan tekun kita mau menggali kebenaran Firman Tuhan

Lukas 8:10a 
Yesus menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, 

Yesaya 55:4b-5 
Setiap pagi Tuhan Allah mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. 
Tuhan Allah telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang. 

Kita akan mendapatkan hikmat Tuhan pada saat mendengarkan Firman Tuhan, seperti Salomo yang diberi Anugerah memperoleh hikmat Tuhan. 
( baca: 1 Raja-raja 3:7-14 ). 

Dengan mendengar Firman Tuhan maka iman kita bertumbuh (Roma 10:17) dan menerangi akal-budi sehingga menarik perhatian kita senantiasa merenungkan Firman Tuhan. 

Mazmur 1:2 
tetapi yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. 

Kedua 
Melakukan Firman Tuhan 

Yesaya 55:4a 
Tuhan Allah telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu.

Dengan kita merenungkan Firman Tuhan maka mendorong kita memperkatakan Firman Tuhan untuk memberi semangat dan menimbulkan pengharapan kita mempercayai penggenapan Firman Tuhan di dalam hidup kita. 

Selain itu kita terdorong memberitakan Firman Tuhan kepada orang lain agar mereka bangkit semangat hidupnya. 

Memperkatakan Firman Tuhan berarti kita mempercayai Firman Tuhan dan mau melakukanNya dengan sungguh-sungguh supaya menuntun dan menerangi jalan hidup kita (Mazmur 119:105). 

Yosua 1:8 
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 

Contoh : 

Hendaknya perkatakan Firman Tuhan berikut ini pada saat menderita sakit. 
1 Petrus 2:24b 
Oleh bilur-bilurNya kamu telah sembuh. 

Ada berbagai cara mengungkapkan kata-kata dalam permohonan doa dan tidak perlu kita mempermasalahkan apakah ini cara berdoa katolik atau kristen tetapi intinya kita belajar memperkatakan Firman Tuhan di saat kita berdoa. 

misalnya sebagian isi doa kita begini

Tuhan Yesus, aku percaya Firmanmu dalam 1 Petrus 2:24 akan digenapi dan saat ini aku menderita sakit (sebutkan sakit apa); dengan iman aku perkatakan di dalam nama Yesus, penyakitku akan sembuh oleh bilur-bilur Yesus diatas kayu salib dan yang telah menebus dosa2ku. 

atau bisa diganti dengan kata-kata : 

aku mohon KerahimanMu ya Tuhan dan belas kasihanMu menyembuhkan segala sakitku sebab aku yakin dan percaya Engkau Tuhan adalah Sang Penyembuh yang berkuasa diatas segala penyakit dan tiada sesuatupun yang mustahil dan yang tidak dapat Engkau lakukan ....... 

Kedua contoh doa ini menunjukkan kita memperkatakan Firman Tuhan. 

Mengenai apakah setelah berdoa seperti ini maka segera doanya terkabul ...... 
banyak faktor yang menentukan sekarang atau nanti dikabulkannya atau bisa saja sembuh total selamanya. 

Namun satu hal tak boleh kita ragukan bahwa Tuhan mengasihi kita dan doa permohonan kita akan dijawab Tuhan menurut waktu dan kehendak Tuhan. 

Memperkatakan Firman Tuhan adalah bagian dari ungkapan iman percaya kita kepada Tuhan. 

Renungan kemarin kita sudah bahas bahwa iman -> pengharapan --> kasih dapat menghasilkan buah yang manis lewat konsep benih dimana pengharapan dapat diwujudkan menjadi kenyataan. 

Kita berusaha hidup di dalam kebenaran Tuhan dan selebihnya kita serahkan pada Tuhan yang mengatur segala sesuatu sebab kita yakin dan percaya bahwa semua diatur Tuhan pasti mendatangkan kebaikan bagi kita. 

Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Bagian kita adalah mendengar dan melakukan Firman Tuhan dengan tekun dan setia hingga suatu hari kita dipanggil menghadap Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com