Rabu, 06 September 2017

KITAPUN DIUTUS MEWARTAKAN INJIL









Rabu, 5 September 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KOLOSE 1:1-8 

Rasul Paulus telah mendengar tentang iman jemaat di Kolose di dalam Yesus Kristus dan Sabda Kebenaran Injil telah sampai kepadamu dan berkembang ke seluruh dunia. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 52:10-11 

Aku percaya alan kasih setia Allah untuk selama-lamanya dan aku bersyukur serta hendak memasyhurkan namaMu. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 4:38-44 

Yesus menyembuhkan sakit demam ibu mertua Simon dan banyak orang juga disembuhkan dan Yesus mengusir setan. 

Setan berteriak : Engkaulah Anak Allah dan Yesus melarang setan berbicara sebab setan tahu Yesus adalah Mesias. 

Masih banyak orang datang kepada Yesus sehingga Ia menyingkir ketempat sunyi namun tetap saja dicari orang. 

Yesus berkata : Aku harus mewartakan Injil sebab untuk itulah Aku diutus

RENUNGAN HARI INI 

Injil adalah kabar gembira, kabar sukacita tentang Yesus Kristus yang melimpahkan Anugerah keselamatan bagi manusia. 

Manusia telah berbuat dosa dan terjebak dalam kegelapan sehingga membutuhkan cahaya Terang agar terbebas dari dosa. 

Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah

Yohanes 1:5 
Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 

Terang itu adalah Yesus Kristus. 
BAPA mengutus Yesus menyelamatkan manusia. 

Yohanes 3:16-17 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia

Itu sebabnya Yesus mengatakan bahwa IA datang untuk memberitakan Injil.

Lukas 4:43 
Yesus berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." 

BAPA mengutus Yesus karena tahu bahwa akibat dosa adalah maut. 
Oleh karena kasihNya kepada manusia maka diutuslah Yesus sebab di dalam Yesus ada karunia hidup kekal supaya setiap orang yang percaya kepada Yesus dan hidup di dalam kebenaranNya akan menerima Anugerah hidup kekal. 

Roma 6:23 
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

Kabar sukacita inilah yang diberitakan Yesus dari kota ke kota dan selanjutnya diteruskan oleh murid-muridNya (=Rasul) dan kemudian dilanjutkan oleh murid2 dari para Rasul sampai ke kita umat kristiani di jaman sekarang ini. 

J A D I 

Memberitakan Injil adalah pekerjaan yang mulia sebab membawa banyak orang datang kepada Yesus supaya mereka menerima Anugerah hidup kekal yang menyelamatkan mereka dari alam maut akibat hidup di dalam kegelapan dunia. 

Dunia menawarkan terang tetapi bukan Terang sesungguhnya sebab terang dunia seperti fatamorgana di padang gurun yang terlihat dari jauh seperti air yang menyejukan yang menghilangkan dahaga padahal setelah didekati hanyalah pasir yang terkena sinar matahari menjadi seperti air. 

Demikian juga terang dunia sepertinya memberikan keselamatan bagi kita tetapi setelah kita masuk ke dalam terang dunia ternyata membawa kita ke alam maut sebab terang dunia bukanlah Terang Kristus Yesus. 

Berita tentang Terang keselamatan dari Yesus Kristus inilah yang kita sampaikan kepada setiap orang supaya mereka segera tinggalkan terang dunia yang sebetulnya adalah kegelapan atau setidaknya adalah fatamorgana belaka. 

Kabar sukacita Injil, tak hanya diberitakan kepada orang yang belum percaya pada Yesus Kristus tetapi juga kepada yang sudah percaya tetapi menjalani hidup mengikuti terang dunia sehingga mereka tersesat dan tidak tahu jalan kembali menuju Terang Kristus sesungguhnya. 

Matius 10:5-6 
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. 

Banyak orang beriman kristiani tertipu oleh terang dunia dan terjerembab ke dalamnya sehingga tidak mampu keluar dan menjadi tugas kitalah mengingatkan mereka agar kembali ke Jalan Tuhan yakni kembali kepada Yesus. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Dalam bacaan Injil hari ini, kita saksikan banyak orang mencari Yesus sebab mereka melihat Yesus menyembuhkan segala penyakit dan disinilah Yesus mengajarkan kepada mereka tentang jalan keselamatan yang membawa mereka hidup dalam Terang Kristus. 

Bukan sekedar mencari kesembuhan tubuh jasmani tetapi jiwa mereka juga disembuhkan supaya roh mereka juga disinari dan diselimuti Terang Kristus. 

Tengoklah di sekeliling kita saat ini, banyak orang yang mencari keselamatan tetapi bukan keselamatan hidup kekal. 

Kabar sukacita Injil senantiasa diperlukan oleh setiap orang yang menginginkan hidup kekal. 

Matius 10:7-8 
Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. 
Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma

Jangan menganggap sepele dengan mengatakan tidak perlu lagi wartakan Injil kepada umat kristiani sebab mereka sudah percaya kepada Yesus. 

Ingatlah tujuan utama kabar sukacita Injil adalah memberitakan keselamatan dan hidup kekal melalui Yesus Kristus. 

Jika percaya kepada Yesus tetapi tidak menempuh hidup di Jalan keselamatan yang ditunjukkan Yesus maka orang ini perlu diingatkan kembali dan wartakan Injil agar ia menemukan kembali jalan keselamatan dari Yesus. 

Yohanes 15:5 
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa

Setelah mengetahui hal ini, masihkan hatimu tidak tergerak belas kasihan melihat masih banyak domba tersesat dan bersediakah engkau diutus beritakan Injil tentang keselamatan dan hidup kekal di dalam Yesus Kristus? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com