Rabu, 09 Januari 2019

KAMU HARUS MEMBERI MEREKA MAKAN

Selasa, 8 Januari 2019


1 YOHANES 4:7-10 
MAZMUR 72:2-4,7-8 
MARKUS 6:34-44 



Markus 6:37 
Jawab Yesus: "Kamu harus memberi mereka makan!" Kata mereka kepadaNya: "Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?" 

Injil hari ini menegor kita yang seringkali berdoa supaya Tuhan memberi makan kepada orang lain tetapi perhatikan kata Yesus kepada murid-muridNya: "kamu harus memberi mereka makan". 

Seperti yang dilakukan para murid Yesus menyuruh orang banyak itu mencari makanan sendiri daripada menyiapkan makanan buat mereka. 

Markus 6:35-36 
Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-muridNya kepadaNya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini." 

Kita cenderung merasa diri masih dalam keadaan kekurangan ketika diminta untuk memberi sumbangan atau untuk menolong orang lain. 

Kita cenderung berdalih bahwa kita akan memberi jika nanti kita dapat rejeki tetapi Firman Tuhan mengatakan: 

2 Korintus 8:12 
Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu. 

Kita juga cenderung menunjuk orang lain yang memberi karena kita sibuk mencari uang untuk kepentingan diri sendiri tetapi Firman Tuhan mengatakan : 

Galatia 6:10 
Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. 

Kita biasanya lebih memilih mendoakan orang lain daripada berbuat sesuatu menolongnya namun ingatlah Firman Tuhan berikut ini: 

Lukas 11:5-8 
Lalu kataNya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. 

Tahukah anda, rahasia hidup di dalam berkat Tuhan? 

Mazmur 126:5 
Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.

Orang yang memberi dalam keadaan kekurangan akan memperoleh berkat Tuhan jauh lebih besar daripada apa yang ia berikan. 

Janda di Sarfat memberikan roti kepada nabi Elia padahal keadaan dirinya susah dan roti itu adalah makanan terakhir untuk dia dan anaknya (1 Raja 17:10-16) sebab Tuhan akan membalas perbuatan baik yang kita lakukan. 

Amsal 19:17 
Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan, yang akan membalas perbuatannya itu. 

Tuhan mau melihat kemurahan hati kita dan bukan seberapa banyak yang kita berikan kepada orang lain. 

Pemberian dalam jumlah yang sedikit namun bila kita berikan dari kekurangan kita maka Tuhan lipat gandakan supaya mencukupi untuk keperluan menolong orang lain, bahkan seringnya berlebihan. 

Markus 6:38,41-43 
Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!" Sesudah memeriksanya mereka berkata: "Lima roti dan dua ikan." Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-muridNya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikanNya kepada semua mereka. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan. 

Inilah pelajaran berharga yang dapat kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari dari permenungan bacaan Injil hari ini. 

Semoga kita semua mau bermurah hati memberi kepada orang lain dalam segala keadaan dan kondisi hidup kita sebab Tuhan pasti memenuhi kebutuhan kita. 

Filipi 4:19 
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus.  


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com