Kamis, 24 Januari 2019

YESUS MENYEMBUHKAN BANYAK ORANG

Kamis, 24 Januari 2019

IBRANI 7:25-8:6
MAZMUR 40:7-10,17 
MARKUS 3:7-12 

Markus 3:10 
Yesus menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepadaNya hendak menjamahNya. 

Yesus adalah Sang Penyembuh. 
Semua orang tahu; tidak hanya umat kristiani tetapi yang non kristiani juga tahu akan kebenaran ini. 

Namun masih banyak yang tidak datang kepada Yesus sebab tidak yakin Yesus mau menyembuhkan dirinya karena berbagai penyebabnya, diantaranya
Merasa dirinya tidak layak karena dosa 

Ia sih percaya dan beriman kepada Yesus tetapi karena ia banyak berbuat dosa dan sampai saat ini masih terus mengulangi dosa yang sama. 

misalnya
seorang penzinah, keterikatan dosa akibat tidak mampu mengendalikan hawa nafsu sex. 

seorang koruptor, keterikatan dosa akibat tidak mampu mengendalikan keinginan mencuri uang karena mau hidup senang. 

seorang pemabuk, keterikatan minuman beralkohol, akibatnya melakukan hal-hal jahat diluar kesadaran dirinya. 

Ketiga contoh kasus ini biasanya sangat berpotensi merasa tidak yakin Tuhan akan menolong dirinya ketika mengalami sakit penyakit atau rumahtangga hancur. 

Pada umumnya mereka mencari jalan keluar dari dunia melalui orang pinter alias paranormal untuk mengatasi sakit atau masalah hidupnya. 

Dosa membuat orang menjauh dari Tuhan dan biasanya berusaha menutupi diri di dalam kegelapan supaya tidak ketahuan. 

Adam dan Hawa bersembunyi setelah berbuat dosa karena takut kepada Allah atas perbuatannya. 

Setiap orang pasti tahu perbedaan antara perbuatan yang baik dan tidak baik tapi berusaha kompromi atas dosa sehingga melakukan pembenaran atas perbuatan tidak baiknya. 

Inilah penyakit rohani yang menyimpan borok di dalam diri seseorang yang akan menyebabkan sakit tubuh jasmaninya. 

Ketika mendoakan orang yang sakit tubuh jasmaninya maka biasanya tidak terlepas dari masalah penyakit rohaninya sehingga seringkali perlu waktu yang lama, proses penyembuhan penyakit tubuhnya sebab mesti disembuhkan dahulu rohaninya. 

Suatu realita bahwa banyak orang lebih fokus pada kesehatan tubuh jasmani daripada kesehatan rohaninya. 

Lihat saja perilaku orang-orang yang beli segala macam obat-obatan, vitamin, resep tradisional untuk menjaga tubuh agar tetap sehat atau untuk mengobati sakit penyakitnya. 

Setelah semua alternatif pengobatan belum dapat menyembuhkam sakitnya maka baru terpikir solusi lain yaitu datang kepada Tuhan melalui imam/pastor atau orang awam yang mendapat karunia penyembuhan dari Tuhan. 

Kebiasaan buruk perilaku orang yang mencari kesembuhan instan tetapi tidak mau memelihara kesehatan tubuh dan rohaninya; maunya didoakan, langsung sembuh dan apabila belum sembuh maka cari orang lain atau imam/romo lain yang bisa cepat menyembuhkannya. 

Padahal seharusnya berserulah dan carilah Tuhan, bukan hanya pada saat sakit atau saat ada masalah tetapi carilah Tuhan setiap saat supaya banyak jalan dibukakan olehNya. 

Yeremia 33:3 
Berserulah kepadaKu, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui. 

Sebab kita tahu hanya dekat Tuhan saja ada ketenangan, kelegaan, dan terutama ada keselamatan untuk sampai pada hidup kekal di Surga seperti dijanjikan Yesus (=Yohanes 14:1-4 dan Yoh 3:16). 

Mazmur 62:2-3 
Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari padaNyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah. 

Tuhan Allah sejak semula menginginkan kita manusia hidup bahagia di bumi ini namun akibat dosa merusak keadaan diri manusia secara rohani maupun jasmani sehingga akibatnya begitu banyak sakit penyakit yang diderita manusia. 

Hanya dekat Tuhan saja maka ada jalan kehidupan dan keselamatan kekal tetapi mengapa banyak orang tidak peduli pada janji-janji Tuhan. 

Yohanes 15:5 
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 

Ingatlah selalu jargon berikut ini 
Anda mau sembuh dan sehat selalu maka hiduplah di dalam Aku, kata Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com