Minggu, 28 April 2019

MAKNA KEBANGKITAN YESUS (BAGIAN-6)

Sabtu, 27 April 2019

KISAH 4:13-21    
MAZMUR 118:1,14-16,18-21 
MARKUS 16:9-15 

Injil Markus hari ini tentang perikop Yesus menampakkan diri beberapa kali, pertama kepada Maria Magdalena (ayat 9), lalu kepada dua orang dalam perjalanan keluar kota (ayat 12) dan kepada kesebelas orang yang sedang makan (ayat 14), akan tetapi mereka semua tidak percaya bahwa Yesus telah bangkit. 

Kita sudah membahasnya pada Injil Matius, Lukas dan Yohanes dan kali ini dari Injil Markus yang menceritakan tentang penampakan Yesus untuk ketiga kalinya meski ada sedikit beda dengan ke-3 Injil sebelumnya kita renungkan namun tentu saja tetap sama tujuannya yaitu untuk menenangkan para murid, pengikut Yesus dari peristiwa penyaliban Yesus. 

Selain menegor atas ketidak-percayaan mereka bahwa Yesus bangkit, Ia juga meminta agar mereka memberitakan Injil ke seluruh dunia bahkan kepada segala mahluk. 

Markus 16:15 
Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 

Renungan kita hari ini, tidak akan mengulangi kembali yang sudah kita renungkan sejak hari Senin sd Jumat tetapi ada baiknya kita memperdalam kembali renungan sebelumnya. 

Kita merefleksikan makna paskah di dalam diri kita masing-masing; apa yang sudah kita perbuat selama kita mengakui Yesus sebagai Tuhan di dalam perjalanan iman kita sampai hari ini? 

Banyak pengetahuan yang kita pelajari dan banyak nasehat yang kita dengar, juga banyak hal yang sudah kita perbuat maka mari kita renungkan sejenak. 

Pertama 
Apakah kita sungguh menempatkan Yesus sebagai penguasa tunggal didalam diriku dan didalam kehidupanku? 

Kedua 
Benarkah kita sungguh telah melakukan perbuatan baik dan berguna bagi orang lain berdasarkan hati nurani yang penuh dengan belas kasihan dan penuh dengan kasih kepada sesama? 

Ketiga 
Masihkah kita merindukan Tuhan dan senantiasa intim bersama dengan Tuhan di sepanjang hari yang kujalani ? 

Marilah kita berdoa
ya Yesus, perbaharuilah aku setiap hari agar selalu setia padaMu dan tambahkan imanku agar kuat menghadapi segala hal keduniawian ini. 

Teguhkan hatiku dari segala keinginan kedagingan diriku dan tuntunlah serta bimbinglah aku supaya tetap berjalan di jalanMu. 

Terkadang aku lelah berkelana di dunia fana ini, terkadang aku enggan keluar dari kenyamananku saat ini, terkadang aku kehilangan arah dan tersesat dari jalanMu, terkadang aku tak tahu apa yang mesti kulakukan. 

Ampuni aku, Tuhan Yesus 
kasihanilah aku orang berdosa ini 
biarlah terangMu senantiasa menerangi jalan hidupku supaya mampu melakukan setiap kehendakMu. 

Ke dalam tanganMu, Tuhan Yesus 
kuserahkan seluruh hidupku sampai aku kembali ke rumah Bapa di Surga. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com