Jumat, 12 April 2019

PERCAYALAH YESUS ADALAH ALLAH

Jumat, 12 April 2019

YEREMIA 20:10-13 
MAZMUR 18:2-7  
YOHANES 10:31-42 

Bacaan Injil Yohanes hari ini mengenai perikop Yesus ditolak oleh orang Yahudi karena Yesus mengatakan Ia diutus oleh Bapa sebab menurut orang-orang Yahudi, Yesus menghujat Allah. 

Yohanes 10:33 
Jawab orang-orang Yahudi itu: "bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah. 

Ooohhh, ternyata kali ini mereka mengakui bahwa perbuatan yang Yesus lakulan termasuk pekerjaan baik, akan tetapi mereka tidak percaya perkataan Yesus menurut mereka adalah Yesus menyamakan diriNya sama dengan Allah. 

Yohanes 10:37-38 
Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan BapaKu, janganlah percaya kepadaKu tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepadaKu, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa." 

Yesus mencoba menjelaskan tetapi orang-orang Yahudi tetap saja hendak menangkapnya dan melempari batu kepada Yesus. 

Memang tidak semua orang-orang Yahudi tidak percaya kepada Yesus sebab ada juga yang justru mendatangi Yesus dan 
percaya kepada Yesus. 

Yohanes 10:41-42 
Banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes  tentang orang ini adalah benar." dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya. 

Pro dan kontra memang biasa terjadi dimana-mana bila ada hal-hal baru yang disampaikan dan apalagi bila berdampak besar dan spektakuler seperti yang Yesus lakukan. 

Yesus menunjukkan kasih yang besar 
Yesus menyapa banyak orang dengan ramah dan lembut meskipun Yesus juga bisa tegas kepada orang Farisi bahkan menghardik dengan kata-kata : hai orang munafik ... !!! 

Matius 11:29 
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 

Selanjutnya, 
Orang-orang Yahudi tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias dan tidak percaya bahwa Yesus itu adalah anak Allah. 
Yohanes 10:36b 
.......  Aku telah berkata: Aku Anak Allah?  

Kita dengar jawaban Yesus berikut ini: 
Yohanes 10:34-35 
Kata Yesus kepada mereka: tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: kamu adalah allah
jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah?sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan? 

Kita bisa baca dalam kitab Mazmur pasal 82 yang berkata itu Allah sendiri lho, yang mengatakan bahwa kita manusia ini adalah allah (huruf kecil). 

Mazmur 82:6 
Aku sendiri telah berfirman: kamu adalah allah, dan anak-anak Yang Mahatinggi kamu sekalian. 

Yesus menjelaskan bahwa jika kita saja disebut sebagai allah (huruf kecil) apalagi Yesus adalah anak Allah, bahkan sesungguhnya Yesus adalah Allah menurut Injil Yohanes pasal 1. 

JADI 

Jangan lagi ragu-ragu mempercayai Yesus adalah Allah yang menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia dari kematian kekal dan Anugerahkan kehidupan kekal. 

Masih banyak umat Katolik bingung, ragu dan bimbang mengenai Tri-Tunggal Maha Kudus yakni mengenai Allah Bapa, Allah Putera (=Yesus), Allah Roh Kudus. 

Jita bisa lihat cara berdoanya, lebih sering menyebut Bapa dan sepertinya ragu-ragu 
berdoa kepada Yesus bahkan juga ragu-ragu kepada Roh Kudus, semua itu karena kurang memahami mengenai Yesus dan Roh Kudus termasuk pemahan mengenai Tri Tunggal Maha Kudus. 

Ktai harus mengalami kehadiran Yesus didalam hidup kita supaya kita semakin mengenal Yesus lebih dalam lagi dan semoga kita terus menerus mau belajar menambah pengetahuan tentang Alkitab, supaya semakin mengenal, memahami kehendak Allah. dan tidak meragukan lagi bahwa : Yesus sungguh-sungguh Allah dan sungguh-sungguh manusia. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com