Rabu, 02 Desember 2015

DATANGLAH YA TUHAN











Renungan Harian 2 Desember 2015 
DATANGLAH YA TUHAN 
(Yesaya 25:6-10a) 

Matius 15:29-37 
Mazmur 23:1-6 


Saudara/i dalam Yesus Kristus, 

Hari kedua pekan pertama masa Adven ini kita diajak untuk menyadari bahwa Tuhan sangat peduli melihat umatNya terseok-seok berjalan menyusuri jalan kehidupan di dunia ini. 

kerapkali jalan umatNya tersesat oleh keinginan mencari jalan sendiri yang disangkanya akan lebih mendatangkan kebaikan baginya daripada mengikuti jalan yang ditunjukkan Tuhan. 

umat yang tersesat bingung mencari kembali rute jalan yang seharusnya ditempuh  sehingga mereka semakin terperosok menjauhi jalan Tuhan. 

Tuhan kasihan melihat umatNya makin tersesat padahal Ia sudah mengutus para nabi memberitahukan jalan Tuhan, karena kedegilan hati mereka bahkan berpaling dari Tuhan kepada ilah-ilah lain

kemudian Tuhan menawarkan jalan keselamatan dengan mengutus Sang Mesias dan disambut dengan antusias oleh umatNya dan mengharapkan akan kedatangan Mesias. 

Yesaya 25:9 
pada waktu itu orang akan berkata: "sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah Tuhan yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakanNya!" 

umat beriman sekarang juga berharap kepada Tuhan, oleh karena beratnya tekanan hidup. 
permasalahannya adalah apakah masih berharap kepada Yesus sebagai Mesias di dalam hidupnya. 

percaya sih percaya kepada Yesus namun persoalannya adalah apakah mempercayakan hidup sepenuhnya di tangan Tuhan? 

padahal jika saja kita mau membaca firmanTuhan yang tertulis di Alkitab maka kita temukan begitu banyak janji Tuhan disampaikan dan mukjijat yang Yesus lakukan, contohnya : 

1) Yesus menyembuhkan berbagai penyakit. 

Matius 15:30 
kemudian orang banyak berbondong-bondong datang kepadaNya membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya

2) Yesus memberi makan 4000 orang laki-laki dengan 7 roti dan beberapa ikan 

Matius 15:36-37 
Yesus mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-muridNya, lalu murid-muridNya memberikannya pula kepada orang banyak dan mereka semuanya makan sampai kenyang. kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh

3) begitu banyak janji-janji Tuhan 

Mazmur 23:1-6 
Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena namaNya. sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gadaMu dan tongkatMu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa. 

dalam masa Adven ini kita diingatkan kembali untuk segera mendekat kepada Yesus tanpa keraguan sebab Ia datang ke dunia ini mau menyelamatkan orang berdosa dan menyembuhkan yang sakit. 

memang masih banyak orang katolik tergoda mencari keselamatan diluar Yesus meskipun imannya katolik. 

sudahlah, tak usah sibuk mencari yang lain sebab Yesus adalah Mesias dan sambutlah kedatangan Yesus di dalam kehidupanmu dengan cara mengundang Yesus memasuki dan menguasai kita. 

Wahyu 3:20 
Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suaraKu dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. 

luangkan waktu sejenak dan renungkan kembali perjalanan hidupmu hingga saat ini dan inventarisasikan kebaikan Tuhan yang sudah diterima? 

jika kita jujur, kita pasti mengakui sudah tak terhitung saking banyaknya kebaikan Tuhan menolong diri kita sehingga kita mengalami sukacita & damai sejahtera. 

janganlah mengingkari Tuhan karena doa permohonanmu belum dijawab Tuhan sesuai waktu dan keinginanmu. 

tidak usah menuntut Tuhan agar penuhi segala keinginan kita jikalau kita tahu dan memahami Kasih Agape Tuhan itu seperti apa yang sungguh mengasihi kita

nasehat ini normatif dan semua orang sudah mengetahuinya bahkan sampai bosan mendengarnya. 

anehnya masih banyak umat katolik tidak mempercayai Yesus di dalam perbuatannya sebab berpaling kepada hal-hal lain diluar Yesus yang dirasakan lebih banyak mengabulkan permintaannya yang ia panjatkan dalam doa-doanya. 

contoh nyata : 
sebagian umat katolik memilih berdoa kepada Bunda Maria yang lebih sering mengabulkan permohonan doanya dari pada meminta langsung kepada Yesus? 

entahlah apakah betul demikian? 
kita perlu mewaspadai upaya si oknum jahat (=Iblis) membelokkan iman percaya kepada Yesus karena Iblis jagonya mengiming-iming hal duniawi. 

2 Korintus 11:14 
hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. 

Yesus pernah dibujuk Iblis akan diberikan kekayaan dunia jika mau menuruti dan menyembah Iblis. 

Matius 4:8-9 
Iblis membawa Yesus ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepadaNya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepadaNya: "semua itu akan kuberikan kepadaMu, jika Engkau sujud menyembah aku." 

hai, manusia 
sadarilah bahwa Iblis selalu meminta menuntut upahnya bila ia diminta tolong oleh manusia bahkan tanpa diminta tolong manusiapun Iblis menawarkan kemegahan duniawi kepada manusia, terutama kepada umat beriman yang mengaku percaya kepada Yesus. 

manusia sangat mudah percaya jika
Pertama 
melihat langsung hal supranatural atau lebih populer istilahnya mukjijat. 

Kedua 
permintaan hal duniawi seperti harta / duit segera terkabul dan penyakit phisik segera sembuh 

jangan dikira Iblis tidak bisa melakukan mukjijat yang membuat manusia heran dan kagum. 

misal : orang makan beling, pecahan kaca, lampu bohlam atau lidah dipotong pakai pisau/golok tetapi tidak berdarah alias tidak terpotong, kekebalan tubuh lainnya yang tidak luka sama sekali meski ditusuk pedang/tombak. 

begitu juga soal menyembuhkan sakit penyakit memakai ilmu tenaga dalam dengan cara penumpangan tangan atau memakai media lainnya. 

kita harus membangun relasi dekat dengan Tuhan Yesus agar supaya dapat mengetahui tipu muslihat Iblis yang memberikan permintaan orang termasuk umat beriman katolik akan harta/duit, dan kesembuhan penyakit. 

yang Iblis tidak bisa berikan adalah kehidupan kekal dan segala sesuatu yang bersifat kekal, seperti sukacita dan damai sejahtera dari Tuhan. 

yang Iblis berikan adalah segala sesuatu yang sementara dan berhubungan dengan hal-hal keduniawian. 
ciri khas lainnya dari pemberian Iblis adalah membuat manusia menjauhi Tuhan setelah permintaan manusia dipenuhi oleh Iblis. 

contoh : 
seseorang pergi ke paranormal meminta usaha/bisnis maju dapat untung gede dan ternyata dalam waktu singkat terbukti maka imannya goyah dan mudah berpaling dari Tuhan. 

bisa juga setelah berdoa kepada Yesus ataupun melalui perantaraan Bunda Maria dikabulkan permintaannya maka orang tersebut mulai sibuk karena bisnis atau usahanya maju sehingga tadinya rajin ke gereja menjadi jarang ke gereja. 

sekali lagi diingatkan, 
Pertama 
percayalah kepada Yesus di dalam segala situasi dan keadaan hidupmu 

Kedua 
percayakanlah Yesus yang menguasai seluruh bidang kehidupanmu 

Ketiga 
Ingatlah selalu kebaikan Tuhan dan setialah kepada Tuhan dengan cara membangun relasi intim bersamaNya agar supaya kita memahami KasihNya. S

Keempat 
waspadalah kepada Iblis yang berupaya menjauhkan kita dari Tuhan, melalui pemberian harta dunia dan hal-hal duniawi bahkan melalui kesembuhan sakit penyakit phisik yang bersifat sementara karena Iblis tidak bisa memberikan kekekalan kepada manusia 

REFLEKSI DIRI 

apakah Yesus senantiasa adalah Mesias di dalam seluruh kehidupanku? 
apakah aku senantiasa mengingat segala kebaikan Yesus yang telah memberkati dan menolong hidupku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com