Kamis, 18 Februari 2016

DOA BAGAIMANA DIKABULKAN TUHAN










Kamis, 18 Februari 2016 

Jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya. 
                                                        (Matius 7:11)  

Setiap umat Kristiani pasti berdoa kepada Tuhan; ada yang menyebut Tuhan adalah Bapa, maksudnya Bapa yang di Surga dan ada yang berdoa menyebut nama Yesus dan ada juga berdoa menyebut nama Roh Kudus. 

Berdoa adalah berkomunikasi antara kita umat beriman (khususnya iman Katolik) dengan Tuhan Yesus atau Bapa Surgawi 

Ada banyak permohonan/permintaaan yang dipanjatkan dalam doa dan ada yang mengucapkan syukur/terimakasih, ada yang memuji Tuhan, ada juga yang menyatakan keluhan kepada Tuhan. 

Pada umumnya orang berdoa berharap dikabulkan permintaannya namun ternyata ada banyak doa yang ditunggu jawabannya sekian lama bahkan sangat lama tidak kunjung tiba pertolongan dari Tuhan yang diharapkan si pendoa. 

Ada yang kecewa, marah, sedih, diam saja, putus asa, dan tidak mau berdoa lagi ketika doa-doanya tidak dikabulkan. 

Banyak orang mencari tahu cara berdoa seperti apa yang cespleng langsung di jawab Tuhan dan doa yang bagaimana selalu dikabulkan Tuhan. 

Orang mulai jenuh berdoa jika jarang dikabulkan permintaannya dan mulai tidak mau peduli pada Firman Tuhan yang mengatakan : 

Matius 7:7-8 
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 

Semacam ada tuntutan kepada Tuhan agar memenuhi JanjiNya yang tertulis di Matius 7:7-8 dan terkadang saking kesal tidak dijawab doanya sekian tahun akan mengomel alias ngedumel begini : 

katanya Tuhan itu baik, seperti Bapa yang sayang sama anaknya seperti kata firman Tuhan ini : 

Matius 7:9-11 
Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya. 

Mana buktinya, hidupku makin susah dan tidak ada pertolongan dari Tuhan, doa-doaku sepertinya tidak didengar dan andai didengar tapi tidak dikabulkan 

Pertanyaannya adalah : 
Mengapa ada doa yang dijawab Tuhan dan ada doa yang menurut si pendoa bahwa doanya belum dijawab Tuhan, bahkan putus-asa mengatakan Tuhan tidak akan menjawab doanya? 

Adakah yang tahu rahasia doa yang sering dikabulkan Tuhan? 
wah, ini pertanyaannya sulit dijawab sebab tidak ada yang yakin doanya dijawab Tuhan. 

Kalau begitu buat apa berdoa? 
puncak kekecewaan orang yang merasa Tuhan tidak peduli kepada dirinya yang tidak menjawab doa-doanya. 

Lalu bagaimana selanjutnya, upaya kita mencari tahu doa yang berkenan bagi Tuhan agar mau mengabulkan permohonan doa kita. 

Tidak ada jalan lain kecuali kita membolak-balik lembaran Alkitab dari kitab Kejadian sampai kitab Wahyu untuk mencari dasar kebenaran Firman Tuhan dan dari pengalaman orang-orang yang dekat dengan Tuhan yang kebanyakan doa-doanya dijawab oleh Tuhan. 

Ada beberapa cara berdoa, misalnya

1. DOA HANA 
Doa yang lahir dari hati yang hancur dan bernazar atau berjanji kepada Tuhan 

1 Samuel 1:10-11, 20
Dengan hati pedih Hana berdoa kepada Tuhan sambil menangis tersedu-sedu. Kemudian bernazarlah ia, katanya: "Tuhan semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hambaMu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hambaMu ini, tetapi memberikan kepada hambaMu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada Tuhan untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya." 
Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia menamai anak itu Samuel, sebab katanya: "Aku telah memintanya dari pada Tuhan." 

Doa Hana meminta anak kepada Tuhan terkabul dan ia menetapi nazar/janjinya menyerahkan anak yang lahir itu kepada Tuhan dan kemudian ia melahirkan lagi lima anak. 

1 Samuel  2:21 
Tuhan mengindahkan Hana, sehingga dia mengandung dan melahirkan tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan lagi. Sementara itu makin besarlah Samuel yang muda itu di hadapan Tuhan. 

2. DOA ESTER 
Doa disertai dengan berpuasa bersama dengan orang lain. 

Ester 4:16 
Berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. 
Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati." 

Haman berencana mau memusnahkan orang-orang Yahudi sehingga Mordekai mengajak segenap orang Yahudi serta ratu Ester, keponakannya untuk berpuasa agar terhindar bahaya. 
(baca Ester pasal 5 sd 8) 

3. DOA NABI ELIA 
Doa dengan penuh keyakinan iman 

1 Raja-raja 18:36-37 
Pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hambaMu dan bahwa atas firmanMulah aku melakukan segala perkara ini. Jawablah aku, ya Tuhan, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya Tuhan, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 

4. DOA GIDEON 
Doa yang meminta bukti dari Tuhan 

Hakim-hakim 6:36-37 
Berkatalah Gideon kepada Allah: 
Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kau firmankan itu, maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kau firmankan." 

Apa yang mesti dilakukan agar doa tidak terhalang dan berharap dikabulkan? 

1. Hiduplah dalam Firman Tuhan 
Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

2. Hindari berbuat dosa 
Yesaya 59:1-2 
Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaranNya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 

3. Tuhan adalah pusat hidupmu 
Matius 6:33 
Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. 

wow, ternyata tidak semudah yang dibayangkan ketika membaca Matius 7:7-8 namun kita tak perlu pesimis sebab Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang. 

Ada kalanya kita menerima Anugerah meski sesungguhnyà kita masih berdosaa sebab Tuhan mau tunjukkan bahwa IA adalah Bapa penuh kasih dan mau memberi meski anak-anaknya masih dalam keadaan berdosa. 

Masih ingat perumpamaan anak yang hilang; si bungsu yang minta warisan dan berfoya-foya hingga miskin tidak ada makanan dan akhirnya pulang ke rumah bapanya dimana ia diterima oleh bapanya dengan sukacita. 

Lukas 15:21-24 
Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya. Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita. Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria. 

JADI 

Tepatlah dikatakan bahwa Bapa yang di Surga sudah tahu apa yang kita butuhkan dan seharusnya kita yakin dan percaya akan kemurahan hati Bapa. 

Kita tidak boleh sengaja berbuat dosa karena mengetahui Bapa murah hati tetapi bila keadaan kita sedang susah akibat kesalahan kita sehingga berdosa seperti si anak bungsu maka kembalilah kepada Bapa dengan memohon ampun maka pemderitaan kita akan berakhir. 

Semoga kita semua sadar bahwa doa yang belum dikabulkan Tuhan adalah kesempatan kita untuk intropeksi diri dan bersabar dengan keyakinan akan menerima Berkat / pertolongan Tuhan. 

Kita bisa mencontoh ke 4 cara doa dari tokoh-tokoh beriman di Alkitab yang sudah dijelaskan seraya membenahi diri supaya doa kita tidak terhalang oleh ke 3 hal diatas. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku yakin Bapa di Surga pasti memelihara hidupku seraya aku ikuti apa yang dikehendaki Bapa agar aku lakukan dengan penuh kerelaan dan ketaatan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa Pekan 1 Prapaskah
Warna Liturgi : Ungu 

Ester 4:10a,10c-12,17-19    
Mazmur 138:1-3,7-8 
Matius 7:7-12 
BcO : Keluaran 12:1-20 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com