Kamis, 18 Februari 2016

TANDA YUNUS









​Rabu, 17 Februari 2016 

Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini
                                                            (Lukas 11:30)  

Menurut beberapa pendapat dari berbagai kalangan mengatakan bahwa dunia saat ini semakin jahat dan sikap hidup hedonisme menguasai kehidupan. 

Secara kasat mata, ada benarnya juga sebab setiap hari kita mendengar dan membaca berita tentang perampokan, pembunuhan, narkoba, korupsi, dsbnya. 

Bukan hanya kejahatan di masyarakat tetapi kejahatan dan kekerasan di dalam rumah atau di keluarga sering terjadi. 

Sifat dan sikap orang sepertinya cenderung tidak peduli kepada orang lain dan berbuat sesuai keinginannya dan sebagian ada yang tidak takut kepada Tuhan sebab lebih memilih menuruti kepentingan diri sendiri daripada menuruti kehendak Tuhan. 

Situasi sekarang ini mungkin tidak lebih baik dari situasi di jaman nabi Yunus, khususnya di kota Niniwe. 

Yunus 1:1-2 
Datanglah firman Tuhan kepada Yunus bin Amitai, demikian: "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepadaKu." 

Namun raja dan penduduk Niniwe mau mendengar peringatan Allah melalui Yunus dan mau memperbaiki sikap hidup mereka yang jahat dengan bertobat dan kembali menempuh hidup menurut ketetapan Allah sehingga mereka diampuni Allah. 

Yunus 3:4-6 
Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan." Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung. Setelah sampai kabar itu kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di abu. 

Daud melakukan perbuatan dosa yaitu berzinah dengan Batsyeba dan juga merencanakan pembunuhan suami Batsyeba (=Uria). 

Ketika Daud ditegur oleh Natan atas perbuatannya tersebut diatas, lalu Daud menyesal dan mengakui perbuatan dosanya serta memohon ampun kepada Tuhan Allah. 

Mazmur 51:3-4 
Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setiaMu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmatMu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! 

Injil hari ini, Yesus mengingatkan bangsa Israel atas kedegilan hati mereka yang tidak mau percaya kepada Yesus adalah Mesias meski sudah melihat langsung mukjizat yang Yesus lakukan dan sudah mendengar pengajaran Yesus. 

Lukas 11:29 
Ketika orang banyak mengerumuniNya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 

Sekalipun mereka sudah diberikan : tanda nabi Yunus yaitu tanda pertobatan penduduk kota Niniwe dan tanda tentang Anak Manusia yaitu mukjizat dan kabar sukacita Injil Kerajaan Allah, 
namun tetap saja mereka tidak mau bertobat dan tetap menolak Yesus. 

Bagaimana dengan anda? 

Semoga sikap kekerasan hati bangsa Iarael menjadi suatu peringatan bagi kita agar mau dibentuk dan seturut dengan kehendak Tuhan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku membuka hati dan mau menerima teguran dan segera bertobat dari kesalahan dan dosa seperti penduduk Niniwe bertobat ? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa Pekan 1 Prapaskah
Warna Liturgi : Ungu 

Yunus 3:1-10    
Mazmur 51:3-4,12-13,18-19 
Lukas 11:29-32
BcO : Keluaran 10:21-11:10 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com