Jumat, 12 Februari 2016

MAKNA BERPUASA









Jumat, 12 Februari 2016 

Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka 
belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, 
supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk....
                                                        (Yesaya 58:6)  

Saat ini kita memasuki masa puasa selama 40 hari; seperti yang pernah dilakukan Yesus di padang gurun sebelum memulai KaryaNya untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah dan untuk menyelamatkan manusia. 

Tujuan kita berpuasa dari kacamata sebagai umat : 

1) mengenang bagaimana pengorbanan Yesus menebus kita dari alam maut. 
2) intropeksi diri sejauh mana perjalanan iman kita kepada Yesus. 
3) mengevaluasi apa yang sudah kita kerjakan dalam tugas perutusan dan pelayanan. 

Kita harus fokus pada makna/tujuan berpuasa dan bagaimana kita mewujudkannya dalam sikap dan perbuatan di dalam hidup kita. 

Kita seharusnya sudah memahami tentang tatacara atau mekanisme berpuasa; apakah mau berpuasa setiap Rabu dan Jumat atau berpantang saja ataukah mau berpuasa selama 40 hari. 

Sekali lagi, motivasi dan tujuan kita berpuasa adalah hal utama yang harus ditanamkan dalam pikiran dan hati kita agar supaya Tuhan berkenan. 

Jangan sampai Tuhan tidak berkenan pada puasa yang kita lakukan, seperti yang terjadi pada bangsa Israel. 

Yesaya 58:6-7 
Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! 

Puasa yang seperti ini yang Tuhan kehendaki agar kita juga melakukannya, yaitu : 
1) memperjuangkan keadilan dan melepaskan yang terbelenggu kelaliman 
2) menolong orang yang teraniaya 
3) bermurah hati kepada orang yang lapar dan miskin 

Dan Tuhan Allah mengatakan : jika kita berpuasa dan melakukan perbuatan seperti yang dikatakanNya maka DIA akan memberkati kita. 

Yesaya 58:8-9a 
Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan Tuhan barisan belakangmu. Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan Tuhan akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! 

JADI, 

Seharusnya kita melakukan segala sesuatu hendaknya sesuai dengan kehendak Tuhan Allah dan bukan berdasarkan apa yang ingin kita lakukan tetapi tidak berkenan bagiNya. 

Dalam hal ini yang dibahas dalam bacaan pertama dan bacaan Injil hari ini adalah tentang berpuasa yang benar dan kapan waktunya kita berpuasa. 

Matius 9:14-15 
Datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-muridMu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. 

Namun, hal yang serupa hendaknya diterapkan juga kepada hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan kerohanian, seperti misalnya dalam kegiatan pelayanan di komunitas rohani. 

Hendaknya melakukan kegiatan pelayanan sesuai dengan kehendak Tuhan dengan berpuasa, berdoa, dan bersaat teduh memohon hikmat Tuhan tentang hal-hal apa saja yang Tuhan kehendaki untuk kita kerjakan. 

Mari, dalam kesempatan kita berpuasa yang membajak hati dan pikiran kita agar mampu menemukan makna terdalam dari penghayatan iman kita kepada Yesus. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku telah menemukan makna terdalam dalam berpuasa dan apakah telah sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan dan berkenan bagiNya? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Sesudah Rabu Abu  
Warna Liturgi : Abu 

Yesaya 58:1-9a 
Mazmur 51:3-6,18-19 
Matius 9:14-15 
BcO : Keluaran 2:1-22 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com