Senin, 22 Februari 2016

KUNCI KERAJAAN SORGA










Senin, 22 Februari 2016 

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. 
                                       (Matius 16:19)  

Hari ini gereja khatolik memperingati Rasul Petrus, murid utama Yesus sebagai penerima takhta gereja Santo Petrus di Vatican. 

Rasul Petrus menerima kunci Kerajaan Sorga yang diberikan Yesus kepadanya untuk menggembalakan umat. 

Yohanes 21:17 
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepadaNya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-dombaKu. 

Perjuangan Petrus sungguh luar biasa dalam menggembalakan umat kristiani yang dikejar-kejar akan dibunuh dan juga mengalami intimidasi dari ahli taurat dan kaum farisi atau dari penguasa setempat dimana mereka memberitakan Injil. 

Kita bisa baca di kitab Kisah para Rasul bagaimana situasi dan kondisi jemaat mula-mula dan bagaimana mengatas ujian iman yang sangat berat sebab nyawa bisa melayang. 

Situasi kita di saat ini jauh lebih baik dimana kita bisa beribadah ekaristi tanpa ketakutan adanya ancaman dan dengan bebas kita bisa mengadakan pertemuan seminar dan kegiatan rohani lainnya di Paroki kita masing-masing. 

Problem kita saat ini adalah bagaimana membawa umat agar menjalani hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Tantangannya adalah gaya hidup hedonisme yang mengejar kesenangan duniawi adalah prioritas utama hidupnya dan mengabaikan kehidupan rohani yang berfokus pada Tuhan dan kebenaranNya 

Rasul Petrus menasehati kita tentang bagaimana menggembalakan umat. 

1 Petrus 5:2 
Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. 

Sebagai awam, kita menggembalakan umat di komunitas rohani, di lingkungan, di wilayah, dimana kita tinggal. 

Tidak mudah melakukan tugas gembala sebab membutuhkan kesabaran dan pengorbanan diri demi memenangkan jiwa umat yang kita gembalakan. 

Tanya saja kepada ketua lingkungan, koordinator seksi/kategorial di paroki, ketua dewan paroki, dsbnya. 

Kita perlu menjaga sikap dan menjadi teladan bagi umat yang digembalakan dan memerlukan hikmat, bijaksana, serta lemah lenbut ketika sedang melayani. 

1 Petrus 5:3 
Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. 

Menjalankan tugas pastoral bagi imam tidaklah mudah; menguras energi dan banyak pengorbanan diri, seringkali mau istirahat saja tidak sempat sebab umat minta dilayani berbagai keperluan. 

Yesus juga mengalami hal serupa dimana IA terpaksa menyingkir ke tempat yang sunyi untuk bersaat teduh dan istirahat setelah sepanjang hari melayani banyak orang. 

Matius 14:23 
Setelah orang banyak itu disuruhNya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. 

Tidak semua orang mampu memimpin dan menggembalakan umat di komunitas rohani; mesti ada talenta dan karunia Tuhan yang menyertainya sebab kita tak akan mampu jika menggunakan kekuatan sendiri. 

Belum lagi bila berhadapan umat yang menjengkelkan dan mengusik diri kita maka selain kesabaran, hati kita harus memaafkan dan mengampuni mereka. 

Dan masih buanyak lagi dinamika di dalam menggembalakan umat di setiap komunitas rohani dimana penyangkal diri dan memikul salib adalah bagian yang paling tidak mengenakkan yang mau tidak mau harus ditanggung. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku telah siap menggembalakan umat di suatu komunitas rohani sebagai bagian dari tugas perutusan kita? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Pesta Takhta St.Petrus 
Warna Liturgi : Putih 

1 Petrus 5:1-4 
Mazmur 23:1-6  
Matius 16:13-19  
BcO : Kisah 11:1-18 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com