Senin, 01 Februari 2016

LAWANLAH IBLIS DAN TAKLUKKANLAH !










Senin, 1 Februari 2016 

Yesus mengatakan kepadanya: 
"hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!"   (Markus 5:8)  

Injil hari ini mengisahkan tentang Yesus mengusir roh jahat Legion dari Gerasa ke kawanan babi yang terjun ke jurang. 
Markus 5:3 
Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. 

Keunikan terjadi dimana roh-roh jahat mengenal Yesus adalah Anak Allah dan menyembah Yesus. 
Markus 5:6-7 
Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkanNya lalu menyembahNya, dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusanMu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!" 

Dari sini kita ketahui bahwa roh-roh jahat tunduk kepada Yesus sebagai manusia biasa yang di Urapi Allah sebab saat itu ke-Ilahian Yesus sebagai Allah Putera belum di deklarasikan; Yesus belum saatnya menyelesaikan tugasNya di atas kayu salib. 

roh kita lebih besar dari roh yang ada di dunia ini dan seharusnya roh-roh itu tunduk kepada kita ; bukan sebaliknya. 
1 Yohanes 4:4 
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Anehnya, ada orang mencari roh jahat untuk meminta bantuannya karena percaya akan kekuatan roh tersebut lebih hebat dari kekuatan dirinya; biasanya yang diminta adalah kekayaan dan kesuksesan dunia. 

Bahkan ada yang percaya kepada tjap dji shio, tjiam shi, zodiak, primbon, dukun, paranormal, ramalan nasib, dsbnya. 

Iblis beserta antek-anteknya tahu betul apa yang diinginkan manusia; tidak jauh dari hal-hal kesenangan duniawi dan strategi Iblis, tidak lagi berupa hal yang menyeramkan tetapi berupa kenikmatan nafsu kedagingan; nafsu sex, serakah, nafsu kekuasaan, popularitas, mabok, nafsu mengejar harta kekayaan, dsbnya. 

Sudah banyak orang sengaja bermain api dengan roh jahat atau iblis meski tahu resikonya tetapi tak kuasa menolak kesenangan duniawi yang menggiurkan. 

Jebakan Iblis sejak Hawa terjerat oleh bujukan Iblis yang secara logika bisa diterima, berlanjut hingga saat ini dan selama bumi masih ada. 

Wahai saudara/i-ku dalam Yesus Kristus sadarilah kejeniusan Iblis memanipulasi kebenaran seakan-akan bukan dosa, seperti yang telah Iblis lakukan kepada Hawa dan seharusnya kita pelajari cara kerja Iblis yang tak pernah berubah pola dan cara Iblis menjebak manusia menuruti keinginan kedagingannya. 

Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.  (1Yohanes 2:16)

Belajarlah dari pengalaman orang lain dan dari generasi sebelumnya yang mengalami kematian tragis disebabkan terpikat dan tenggelam dalam lautan kesenangan dan kesuksesan dunia. 

Jangan biarkan keinginan kedagingan menguasai dirimu, membelenggumu sehingga engkau terikat dan tak kuasa melepaskan diri dari cengkraman hawa nafsu dirimu. 

Lihatlah bagaimana seseorang dari Gerasa dalam bacaan Injil yang menderita setiap hari akibat dirinya dikuasai roh jahat. 

Markus 5:2-5 
Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia. Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 

Sekali terikat dengan roh jahat maka sulìt sekali melepaskan diri darinya kecuali melalui Kuasa Roh Kudus yang sanggup membebaskannya. 

Jangan takut !!! 
roh jahat ataupun Iblis justru takut dan tunduk kepada Yesus. 
sebut nama Yesus maka iblis ngacir alias lari dan ia akan mengembara mencari mangsa lainnya. 

Allah tahu dan mengijinkan iblis cs menggoda manusia sebagai ujian iman dan hal ini bisa kita ketahui dari : 

Ayub 1:8-12 
Lalu bertanyalah Tuhan kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hambaKu Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan." Lalu jawab Iblis kepada Tuhan: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu. Tetapi ulurkanlah tanganMu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapanMu." Maka firman Tuhan kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan Tuhan. 

Kita harus ingat bahwa Allah senantiasa memagari dan menjaga diri kita. 
seharusnya hati kita tenang dan tidak khawatir bila ada masalah/problem saat ini sebab sepengetahuan Allah dan kita tak perlu ragu-ragu berteriak berseru kepada Allah di dalam nama Yesus. 

Bagian kita adalah hidup di dalam Tuhan; mengikuti Jalan Tuhan dan tunduk kepada Tuhan dengan mentaatiNya. 

Yakobus 4:7-8 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! Dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku tunduk kepada Allah dan menolak iblis dari dalam diriku? 
Apakah aku sadar bahwa lawanku atau musuhku sesungguhnya adalah iblis? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa 
Warna Liturgi : Hijau 

2 Samuel 15:13-14,30; 16:5-13a 
Mazmur 3:2-7 
Markus 5:1-20 
BcO : Kejadian 27:30-45 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com