Sabtu, 06 Februari 2016

HIKMAT DAN URAPAN TUHAN

 










Sabtu, 6 Februari 2016 

Berikanlah kepada hambaMu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umatMu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yanjahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umatMu yang sangat besar? 
                                        (1 Raja-Raja 3:9)  

Raja Salomo terkenal sebagai raja yang paling bijaksana, kerajaannya luas wilayahnya, mendirikan Bait Allah yang sangat megah hingga dikenal memiliki 700 istri bangsawan dan 300 gundik. 

Kita mau belajar dari sisi positif Salomo yakni kerendahan hatinya hanya meminta hikmat kepada Allah supaya dapat menjalani pemerintahannya dengan bijaksana ketika Tuhan menanyakan apa yang Salomo inginkan. 

1 Raja-Raja 3:5 
Di Gibeon itu Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu." 

Tuhan memberikan lebih dari yang diminta oleh Salomo. 

1 Raja-Raja 3:11-14 
Berfirmanlah Allah kepadanya: 
"Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum, maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau. Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja. Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintahKu, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu." 

Hikmat Tuhan itu sangat mutlak kita perlukan di dalam pewartaan dan pelayanan sebab dengan segera kita bisa mengetahui kehendak Tuhan. 

Kolose 1:9 
Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna

Tidak mudah mendapatkan hikmat Tuhan bila relasi kita dengan Tuhan tidak intim atau jarang ber-relasi. 

Kita perlu mencontoh sikap Yesus yang selalu ber-relasi intim dengan Bapa setiap hari, apalagi setelah pelayanan. 

Markus 6:31-32 
Yesus berkata kepada mereka: 
"Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat. Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. 

Matius 14:23 
Dan setelah orang banyak itu disuruhNya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. 

Hikmat Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk melihat hidup dari sudut pandang Tuhan dan mengetahui tindakan yang akan dilakukan. 

Hikmat Kebijaksanaan jauh lebih berharga daripada kekayaan dan kehormatan dan biasanya tidak mudah jatuh dalam jebakan/tipu daya orang. 

Amsal 8:11 
Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya. 

Seperti apakah cri-ciri Hikmat Tuhan? 
Yakobus 4:17 
Hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. 

sedangkan ciri-ciri hikmat dunia adalah: 
Yakobus 4:14-16 
Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran! Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan. Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. 

Bagaimana cara memperoleh hikmat

1) Takut dan tunduk kepada Tuhan 

Amsal 9:10 
Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. 

2) Mengenal Firman Tuhan di Alkitab 

2 Timotius 3:15 
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. 

3) Meminta Hikmat kepada Tuhan 

Yakobus 1:5 
Apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit maka hal itu akan diberikan kepadanya. 

Sharing pengalaman dimana Hikmat Tuhan sangat dibutuhkan saat pelayanan doa dan mewartakan Sabda Tuhan dan pengajaran maupun saat menulis, membaca renungan rohani. 

Dalam suatu kebangunan rohani katolik saat melayani mendoakan seseorang; tiba-tiba ia menjerit histeris dan meronta-ronta dengan keras. 
Pada saat itu terlintas di pikiran bahwa orang ini tertekan jiwanya karena luka batin namun pendoa lainnya membantu dengan mendoakan pengusiran roh jahat dan akibatnya orang tersebut semakin memberontak dan berteriak keras. 

Disinilah pendoa membutuhkan Hikmat Tuhan untuk mengetahui apakah yang sebenarnya terjadi pada orang yang didoakan tersebut; apakah betul ada kuasa gelap di dalam dirinya ataukah karena pelampiasan luka batin? 

Begitu pula pada saat pewartaan memberikan kotbah/renungan maka pewarta/pengInjil membutuhkan Hikmat Tuhan untuk menyampaikan Firman Tuhan sesuai yang dikehendaki Tuhan. 

Dengan demikian kotbah/renungannya akan penuh Kuasa Tuhan yang membajak hati umat yang mendengarnya dan menjadi rhema bagi umat tersebut. 

Jika tidak ada Urapan dan Hikmat Tuhan maka pewartaan hanya sebatas pengetahuan saja yang dibagikan kepada umat yang mendengar. 

Begitu juga tatkala mendoakan orang, maka jika tidak ada Urapan dan Hikmat Tuhan maka hanya sebatas memberi nasehat saja dan tidak ada Kuasa yang menyembuhkan fisik dan membebaskan dari kuasa gelap roh jahat. 

Oleh sebab itu Hikmat dan Urapan Tuhan sangat kita perlukan pada saat melakukan pewartaan dan pelayanan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku memperoleh Hikmat Tuhan dan memberdayakan Hikmat untuk keperluan pewartaan dan pelayanan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
PW St Paulus Miki 
Warna Liturgi : Merah 

1 Raja 3:4-13 
Mazmur 119:9-14 
Markus 6:30-34 
BcO : Kejadian 37:2-4,12-36 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com