Rabu, 04 Mei 2016

ROH KEBENARAN







Rabu, 4 Mei 2016 

Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.  
                                    (Yohanes 16:13) 

Roh Kebenaran disebut juga Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah Tritunggal dimana sampai sekarang umat katolik masih belum bisa menerima sepenuhnya peranan dari Roh Kudus. 

Boleh dikatakan, sebagian besar masih ragu-ragu dan bertanya-tanya; apakah betul sesuatu yang terjadi itu berasal dari Roh Kudus; pro dan kontra masih berlangsung sampai saat ini. 

Sedangkan sebagian lagi umat katolik menerima dan mempercayai Roh Kudus terutama dari kalangan karismatik katolik lebih fokus memaknai karya Roh Kudus dalam pertumbuhan imannya. 

Injil Yohanes pasal 14 dan pasal 16 menjelaskan tentang Roh Kebenaran / Roh Kudus dimana Yesus sendiri yang mengatakan bahwa : 

Yohanes 14:16-17 
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 

Roh Kebenaran atau Roh Kudus adalah penolong yang menyertai kita selamanya wow, bukan sebentar tetapi selamanya, bahkan Yesus mengatakan bahwa setelah ia pergi meninggalkan dunia ini maka Roh Kudus yang menyertai kita. 

Yohanes 16:7 
Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu 

Adalah mengherankan bila masih ada umat katolik yang meragukan peranan Roh Kudus? yang seharusnya sudah tahu tentang hal ini dan hari ini Injil Yohanes mengajak kita untuk mengenal peranan Roh Kudus. (Yohanes 16:12-15). 

1) Roh Kudus memimpin kita ke dalam 
     seluruh kebenaran (ayat 13). 
2) Roh Kudus memberitakan hal-hal 
     yang akan datang (ayat 13). 
3) Roh Kudus memberitakan segala 
     sesuatu dari Yesus (ayat 14-15). 

Yesus berulangkali mengatakan diriNya dan Bapa adalah satu (Yohanes10:30); segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya (Yohanes 16:15a) dan hubungan diriNya dengan Roh Kudus. 

Setelah memahami kebenaran ini maka hendaknya tidak ada keraguan tentang peranan Roh Kudus. 

Kita bisa mengetahui karya Roh Kudus di kitab kisah para rasul, contohnya : 
Paulus dan Silas melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia (Kisah 16:6). 

Sepanjang kitab Perjanjian Baru ada begitu banyak karya Roh Kudus bisa kita ketahui, terutama setelah wafat, kebangkitan, dan kenaikan Yesus ke Surga yang besok kita peringati setiap tahunnya. 

Bagaimana dengan keadaan sekarang, apakah peranan Roh Kudus masih berlangsung dalam hidup kerohanian kita? jawaban setiap orang bisa berbeda tergantung sejauh mana seseorang mau membuka hati bagi karya Roh Kudus. 

Anda harus mengalami Roh Kudus dan bila belum mengalamiNya maka minta kepada Bapa supaya Roh Kudus menggema di hatimu. 

Lukas 11:13 
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya. 

Bagi anda yang terlibat dalam pelayanan dan dalam tugas perutusan / pengInjilan maka peranan Roh Kudus begitu penting melalui KaruniaNya; Karunia Roh Kudus. 

Silahkan baca 1 Korintus 12:7-11 mengenai 9 macam Karunia Roh Kudus dan juga tertera di kitab Roma. 

Roma 12:6-7 
Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. 

Jikalau begitu, hal-hal apalagi bagi anda yang masih ragu-ragu mempercayai peranan Roh Kudus. 

Dan semestinya bukan hanya kalangan karismatik katolik saja yang giat menggali serta mendalami Roh Kudus tetapi hendaknya setiap orang percaya kepada Yesus, seharusnya juga percaya kepada Roh Kudus dan kepada Allah Bapa dalam kesatuan Allah Tritunggal Maha Kudus. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku mengalami Roh Kudus dan hatiku terbuka bagi Roh Kudus berkarya di dalam hidupku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan VI Paskah 
Warna Liturgi : Putih

Kisah 17:15,22-18:1 
Mazmur 148:1-2,11-14 
Yohanes 16:12-15 
BcO : Kisah 21:40-22:21 

============= ☆☆☆ ============ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com