Minggu, 01 Mei 2016

BERIBADAHLAH KEPADA TUHAN








Sabtu, 30 April 2015 

Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita, datanglah ke hadapanNya dengan sorak-sorai!  
                       (Mazmur 100:2)

Hidup di dunia ini diwarnai persaingan di segala bidang dimana setiap orang akan berusaha mencapai keinginannya dan seringkali harus berjibaku untuk meraih apa yabg dicita-citakannya. 

Di dunia sekuler, hal semacam ini sudah biasa dan jangan sampai merambah ke ranah rohani; apakah bidang pelayanan atau bidang pewartaan/penginjilan. 

Seandainya sudah merasuki ke ranah rohani, semoga segera di antisipasi dan ditanggulangi supaya tidak menjalar dan meracuni orang yang dilayani. 

Kita lihat bagaimana dunia menawarkan berbagai kesenangan dan sepertinya berlomba-lomba menyodorkan acara yang menarik untuk memikat hati orang beriman agar tidak beribadah ke gereja atau tidak terlibat dalam pelayanan. 

Banyak umat katolik yang beribadah hanya seminggu sekali dan setelah itu tidak berurusan lagi dengan hal rohani; tidak mau terlibat kegiatan di lingkungan atau di paroki. 

Masih mending beribadah 1x seminggu sebab kenyataannya bila melihat jumlah umat yang hadir saat Paskah dan Natal maka terlihat penuh sesak; sepertinya lebih dari 3xlipat kehadiran umat setiap minggu beribadah di gereja. 

Disinyalir, umat tidak merasa manfaat beribadah di gereja dan tidak dapat menemukan makna dari misa ekaristi sehingga sebagian besar hanya merasa kewajiban saja ke gereja cukup sekali setiap minggu; bahkan sebagian lagi hanya dua kali setahun ke gereja. 

Sampai saat ini pihak dewan paroki gereja belum dapat mengatasi persoalan umat yang enggan beribadah secara rutin di gereja setiap minggu dan inilah tantangan bagi tugas pengInjilan untuk menyadarkan umat agar rajin beribadah. 

Jika kita traceback kembali pada saat gereja mula-mula, para rasul beritakan Injil mulai dari Yerusalem terlebih dahulu artinya diberitakan kepada bangsa Israel sebelum ke bangsa lain. 

Kisah 1:8 
Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. 

Situasi sekarang sepertinya pengInjilan mulai kepada umat katolik yang jarang beribadah ke gereja supaya mereka kembali kepada Yesus dan mengalami kasih Yesus di dalam hidup mereka. 

Kita harus berbuat sesuatu untuk menarik perhatian umat tersebut agar mereka merindukan jamahan Kristus dan menemukan makna terdalam dari ekaristi sehingga mereka membutuhkan Yesus di dalam hidup mereka. 

Hendaknya kita juga terus menjaga hati kita dengan beribadah atau mengikuti misa ekaristi secara kontinyu dan jangan sekali-kali absen sebab akan timbul kemalasan dan selanjutnya hanya setahun dua kali ke gereja. 

Ibrani 10:25 
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. 

Memang dalam pergaulan dengan kolega bisnis atau dengan orang dunia, seringkali kita disindir atau diperolok bila kita mau beribadah ke gereja dan kita akan dikucilkan dari kelompok gaul. 

Sebab orang dunia tidak suka dengan orang yang rajin beribadah di gereja, bahkan akan dibenci oleh mereka. 

Yohanes 15:19 
Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. 

Sebab bagi setiap orang yang percaya kepada Yesus, mendapat Anugerah sebagai anak-anak Allah. 

Galatia 3:26 
Kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus

Tidaklah heran bila orang dunia akan menganiaya kita yang percaya kepada Yesus dan tentang hal ini Yesus sudah memperingatkan kita akan datang tiba hari-hari dimana terjadi penganiayaan. 

Yohanes 15:18 
Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.  

Lihat saja keadaan disekitar kita saat ini dimana orang jujur sedikit sekali dan biasanya akan dipersulit dan diintimidasi oleh orang-orang dunia. 

Tetapi kita harus yakin kebenaran pasti mengalahkan kejahatan dan orang dunia dihancurkan dan kemenangan ada pada orang yang percaya kepada Yesus. 

Roma 8:31, 35 
Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? 

Dengan rajin beribadah maka kita dapat mampu menangkal setiap usaha orang dunia yang mau menjauhkan kita dari Tuhan dan dengan tegas kita menolak tawaran dunia sebab memprioritaskan relasi intim dengan Tuhan Allah. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku menjaga hatiku dengan penuh kewaspaan terhadap setiap tawaran dunia yang hendak menarik diriku dari relasi intim dengan Tuhan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pius V 
Warna Liturgi : Putih 

Kisah 16:1-10 
Mazmur 100:1-5 
Yohanes 15:18-21 
BcO : Kisah 20:1-16 

============= ☆☆☆ ============ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com