Kamis, 05 Mei 2016

YESUS TERANGKAT KE SORGA










Kamis, 5 Mei 2016 

Ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepadaNya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita
                      (Lukas 24:51-52)

Hari ini kita umat kristiani memperingati saat Yesus terangkat ke Sorga atau lebih dikenal sebagai hari Kenaikan Yesus. 

Yesus telah menyelesaikan tugas yang diterimaNya dari Bapa dan kembali ke Sorga, kemudian Yesus akan datang lagi ke dunia dengan cara yang sama seperti saat terangkat ke Sorga. 

Kisah 1:11 
berkata kepada mereka: "hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." 

Apa makna peristiwa ini bagi kita? 

Menurut kitab Ibrani, Yesus membuka jalan bagi umat manusia dapat masuk ke tempat yang kudus yakni Sorga melalui pengorbanan diriNya menanggung dosa manusia. 

Ibrani 10:19-21 
saudara2, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diriNya sendiri, dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. 

Yesus telah memulihkan hubungan Allah dengan manusia yang terputus akibat dosa yang dilakukan oleh Adam-Hawa. 

Oleh sebab itu sudah sepantasnya kita membersihkan diri kita dari perbuatan dosa supaya kita pantas menghadap Allah yang Maha Kudus. 

Ibrani 10:22 
Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni. 

Pengetahuan ini pasti diketahui oleh setiap orang dan hendaknya segera memutuskan untuk menjalani hidup dengan menjaga kemurnian diri dari segala pikiran, hati, dan perbuatan dosa.

Sebab penebusan dosa yang dilakukan Yesus hanya untuk satu kali saja dan tidak akan penebusan berikutnya dan apabila kita masih melakukan dosa maka kita akan dihakimi dan tidak ada lagi penghapusan dosa kedua kalinya. 

Ibrani 9:27-28 
Sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi, demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. 

wow..jangan meremehkan firman Tuhan niscaya menyesalpun tidak ada gunanya bila mengalami kematian dan tidak akan ada lagi yang menanggung dosa sebab penghakiman dijalankan. 

Tuhan Allah itu memang teramat sangat baik kepada setiap orang dan memberikan kesempatan untuk bertobat sebelum kematian datang menjemput namun IA juga Tuhan Allah yang sangat tegas akan menghakimi setiap dosa yang masih saja dilakukan oleh setiap insan sampai menjelang kematiannya. 

JADI, 

Makna dari peristiwa Yesus terangkat ke Sorga yang paling utama yang harus kita ingat sepanjang hidup kita di dunia ini adalah berhentilah berbuat dosa sebab Yesus hanya sekali menanggung dosa kita dengan mengorbankan diriNya bagi kita. 

Ingatlah dan lakukanlah semua yang telah dikatakan Yesus dan jangan pernah kembali lagi kepada kehidupan di dalam lumpur dosa maka dengan demikian pengorbanan Yesus atas diri kita menjadi tidak sia-sia. 

2 Petrus 2:20-22 
Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula. Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka. Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." 

REFLEKSI DIRI 

Sudahkah aku tinggalkan sikap dan cara hidupku yang tidak berkenan bagi Allah dan membersihkan diriku dengan cara menguburkan semua dosa-dosaku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Raya Kenaikan Tuhan 
Warna Liturgi : Putih

Kisah 1:1-11 
Mazmur 47:2-9 
Ibrani 9:24-28; 10:19-23 
Lukas 24:46-53 
BcO : Efesus 4:1-24 

============= ☆☆☆ ============ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com