Sabtu, 07 Mei 2016

MINTALAH, BAPA AKAN BERIKAN












Sabtu, 7 Mei 2016 

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu
                                (Yohanes 16:23)

Bacaan Injil Yohanes hari ini menyejukan hati kita sebab dikatakan bahwa Bapa akan berikan segala sesuatu yang kita minta di dalam nama Yesus. 

Wow...sungguh menyenangkan yach, ayat ini memang sangat diharapkan oleh setiap orang; terlebih saat ini hidup kian sulit dan banyak problem hidup yang sepertinya tidak ada habisnya dan makin sukar mengatasinya. 

Terlihat sekali ketimpangan yang terjadi antara si kaya dan si miskin, bak langit dan bumi jauhnya perbedaan gaya hidup keduanya; si kaya bingung mau makan apa ya sedangkan si miskin bingung apa yang mau dimakan hari ini? 

Syukur Puji Tuhan, 
Firman Tuhan hari ini adalah solusi dan jalan keluar yang amat sangat dinantikan si miskin sebab hanya kepada Tuhan sajalah ada kepastian mendapatkan belas kasihan dan pertolongan. 

Capek hati berharap belas kasihan dan pertolongan orang lain; boro-boro disapa eh ditengok juga kagak peduli. seperti itu keluhan mereka si miskin! 

Sekarang ini hati manusia semakin keras dan sedikit waktu lagi hati orang sekeras batu gunung tetapi mulutnya semakin manis mengucapkan kasihilah sesama seperti mengasihi diri sendiri !!! 

Apa yang diucapkan sangat kontras dengan yang perilaku dan perbuatannya.

Kagak percaya nich, mari keluar sejenak dari peraduan di rumahmu yang mewah dan yuk jalan-jalan lihat keadaan orang lain yang diluar grup/perkumpulan-mu. 

maka matamu akan memandang betapa buanyak orang susah hidupnya dan ujilah hatimu apakah tidak sekeras batu dan mulutmu tidak berucap begini : 
"salah mereka sendiri, pemalas dan tidak mau bekerja; ga heran hidupnya susah dan melarat, kalo gue tolong, ntar tuman keenakan, ngandalin orang lain...." 

Ckckckkk, tajam amat perkataannya!!! 
jangan dikira ini cuman karangan si penulis renungan ini tetapi ini kenyataan yang sering didengar. 

si kaya alergi di dekatin si miskin karena ga mau direpotin diminta bantuan. 
memang sih ada juga si kaya yang baik hati tapi ibaratnya seperti sebuah jarum di tumpukan barang di gudang. 

Itu sebabnya kenapa dibilangin : 
lebih baik berharap kepada Tuhan saja. 
meskipun tidak selalu dikabulkan dan tidak selalu cepat dijawab Tuhan namun asalkan sabar saja dan jaga sikap hidup yang berkenan di mata Tuhan maka yakinlah pasti pertolongan Tuhan tiba pada saatnya. 

Seringkali sikap dan perbuatan kita sendiri yang menghambat berkat Tuhan selain kita tidak sabar menanti dan yang kita minta untuk memuaskan keinginan kedagingan kita dan bukan kebutuhan pokok hidup kita. 

Yesaya 59:1-3 
 Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaranNya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. Sebab tanganmu cemar oleh darah dan jarimu oleh kejahatan; mulutmu mengucapkan dusta, lidahmu menyebut-nyebut kecurangan. 

Tuhan Allah itu teramat sangat baik yang hatiNya itu penuh belas kasihan dan tak tahan melihat airmata kita dan tidak bisa membiarkan kita terkapar tak berdaya. Dia sangat mencintai kita sehingga pintu pengampunanNya terbuka 24jam bagi kita yang bertobat dan mau kembali ke dalam pelukannya. 

Mari saudara/i-ku dalam Yesus Kristus, jangan keraskan hatimu dan dengarkan suara Tuhan supaya kita senantiasa berada dalam pelukan kasihNya. 

Sudahlah, tinggalkan kesenanganmu bermain-main dengan hal-hal duniawi, lebih baik kita berkumpul bersama dalam keluarga Tuhan Allah di dalam rumahNya maka kebahagiaan kekal selamanya dapat kita nikmati. 

Jangan sampai menyesal setelah tahu kebenaranNya di saat meninggalkan dunia ini seperti yang dialami si kaya dalam Injil Lukas 16:19-31. 
Menyesal sudah tidak ada gunanya. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku senantiasa percaya hanya kepada Tuhan dan berharap kepadaNya di segala situasi dan keadaan hidupku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan VI Paskah 
Warna Liturgi : Putih

Kisah 18:23-28 
Mazmur 47:2-3,8-10 
Yohanes 16:23b-28 
BcO : Kisah 23:12-35 

============= ☆☆☆ ============ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com