Minggu, 22 Mei 2016

KUASA DOA










Sabtu, 21Mei 2016 

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. 
                 (Yakobus 5:16b)

Sarana komunikasi kita manusia dengan Tuhan Allah adalah lewat doa namun seringkali kita berdoa hanya pada saat membutuhkan pertolonganNya atau ada permintaan kepada Tuhan. 

Tujuan berdoa agar kita semakin mengenal dan memahami Tuhan Allah; kita bisa tahu apa yang menyenangkan hatiNya, apa yang dikehendakiNya, dan pada akhirnya kita bisa mengasihiNya sepenuh hati tanpa pamrih atau tanpa syarat dikabulkan permintaan kita. 

Itu sebabnya Yesus mengatakan : 
Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepadaNya (Matius 6:8b). 

Pernahkah anda mengalami Tuhan memberikan sesuatu yang diinginkan dalam hatimu tetapi anda belum berdoa meminta kepada Tuhan? 

Suami-isteri puluhan tahun berumah-tangga biasanya sudah tahu keinginan pasangannya meskipun istri atau suami belum meminta sesuatu sebab ada kontak batin diantara mereka berdua sudah mengenal sifat dan karakternya. 

Hubungan kita dengan Tuhan jauh lebih sempurna dari hubungan suami-isteri. 
Kita harus aktif mau mengenal Tuhan dengan menyediakan banyak waktu dan hati kita diliputi kerinduan mendalam ingin bertemu dengan Tuhan. 

Darisini akan timbul keinginan kita terus menerus mau bersaat teduh bersama Tuhan sehingga semakin lama kita bisa mengenalNya sebab Dia berjanji akan mengungkapkan rahasia diriNya bagi orang yang mencari diriNya

Markus 4:11 
JawabNya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan. 

Efesus 1:9 
Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendakNya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaanNya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkanNya di dalam Kristus. 

Sekarang setelah kita mengenal sifat Tuhan karena Dia mau mengungkapkan diriNya dan tahap selanjutnya adalah : 

kita harus berbuat sesuatu yang berkenan bagi Tuhan dan menuruti perintahNya maka Tuhan memberikan keperluan hidup kita dan mengabulkan permintaan kita yang lainnya selain keperluan kita pribadi. 

1 Yohanes 3:22-23 
Apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari padaNya, karena kita menuruti segala perintahNya dan berbuat apa yang berkenan kepadaNya. Dan inilah perintahNya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, AnakNya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita. 

inilah rahasianya mengapa doa orang benar dikatakan besar kuasanya. 
(Yakobus 5:16b). 

Orang benar maksudnya adalah orang yang relasinya intim dengan Tuhan dan hidup menurut kehendak Tuhan

Tujuan doa dan isi doa telah dijabarkan, maka ada beberapa penghalang terbesar yang membuat permohonan doa belum dikabulkan Tuhan, yaitu : 

Pertama : Do s a !!! 

Yakobus 5:16a 
Hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh

Yesaya 59:2 
Yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu

Sudah tahu perbuatannya itu dosa namun masih ngeyel berdalih bukan dosa dan tidak mau mohon ampun serta tidak mau bertobat. 

Padahal jika dia bertobat maka Tuhan mengampuni dan tidak terlalu lama memperoleh jawaban atas doa-doanya. 

Kedua : Iman yang dangkal 

Yakobus 5:15a 
Doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia. 

Ada 3 tingkatan iman : 
1) iman percaya 
2) iman berpengharapan 
3) iman berserah 

Tahap awal seseorang beriman adalah percaya kepada Yesus, kemudian iman akan bertumbuh bila orang itu selalu menaruh harapan kepada Tuhan, sampai ia menyerahkan seluruh hidupnya hanya kepada Tuhan. 

Dibaptis menjadi katolik adalah tanda awal seseorang percaya kepada Yesus dan iman percaya tersebut jangan stop sampai dibaptis saja tetapi ia harus aktif menekuni firman Tuhan di Alkitab dan membangun relasi dengan Tuhan melalui doa dan saat teduh. 

Sering terjadi setelah menderita sakit, orang tersebut barulah berdoa dan berharap kesembuhan namun tidak tekun karena maunya cepat sembuh. 

Tentu saja imannya stagnan atau tidak bertumbuh karena belum mau berserah kepada Tuhan dan lebih mengutamakan keinginan daging daripada keinginan roh meskipun sudah sekian tahun bahkan puluhan tahun dibaptis. 

Ibrani 5:12,14 
Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat. 

Ketiga : Minimnya perbuatan kasih 

Yakobus 2:24 
Manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. 

Yakobus 5:13-14 
Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi! Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. 

Paling sering kita dinasehati supaya berbuat kebaikan kepada orang lain dan keluar dari zona kenyamanan untuk segera menolong orang lain. 

Ketiga penghalang doa tersebut harus disingkirkan dari hidup kita dan sudah membangun relasi intim dengan Tuhan maka doa-doa kita diurapi dan dipenuhi oleh kuasa Tuhan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah hidup doaku menarik kuasa Tuhan mengalir di dalam diriku sehingga saat aku mendoakan orang lain maka doa-doaku menyembuhkan dan mukjizat terjadi? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Kristoforus Magallanes 
Warna Liturgi : Hijau 

Yakobus 5:13-20 
Mazmur 141:1-3,8 
Markus 10:13-16 
BcO : 2 Korintus 6:1'7:1 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com