Rabu, 26 Desember 2018

KEMENANGAN MENGATASI MASALAH HIDUP














Rabu, 26 Desember 2018 

KISAH 6:8-10; 7:54-59 
MAZMUR 31:3-6,8,16-17 
MATIUS 10:17-22 

Matius 10:19 
Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. 

Kemarin kita bersukacita dan bergembira merayakan Natal, hari kelahiran Yesus. 

Dan hari ini kita diingatkan akan adanya penderitaan dan penganiaya karena iman percaya kepada Yesus Kristus yaitu

1) Dari sesama umat kristiani lainnya 
Matius 10:17a 
Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama ... 

2)  Dari orang lain yang anti kepada umat kristiani. 
Matius 10:17b 
Dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. 

3) Dari pemerintah yang anti kepada umat kristiani 
Matius 10:18 
Karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. 

4) Dari keluarga sendiri 
Matius 10:21 
Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. 

5) Dari semua orang 
Matius 10:22 
Kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. 

Stefanus adalah teladan seorang kristiani yang memberitakan Injil kepada banyak orang yakni kepada masyarakat Yahudi dan kuasa Roh Kudus menyertainya sehingga banyak mukjizat terjadi. 

Kisah 6:8 
Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak. 

Stefanus dengan gigih memberitakan tentang Yesus yang disalib, telah bangkit dan naik ke Surga adalah Mesias (=Juruselamat) pada masyarakat Yahudi. 

Namun ada saja pihak yang tidak suka dan memusuhinya yaitu dari kalangan orang Farisi, ahli Taurat, pemuka agama Yahudi dan mereka menangkap Stefanus, mengadili serta menghukumnya sampai mati dengan dilempari batu. 

Kisah 7:54,58 
Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi. Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. 

Gereja Katolik menghormati Stefanus dengan menetapkan hari ini sebagai pesta St Stefanus, Martir Pertama. 

Kita tidak boleh takut akan adanya aniaya karena iman kita percaya kepada Yesus Kristus sebab kuasa Allah yakni kuasa Roh Kudus akan menyertai kita. 

Matius 10:20 
Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. 

Yang penting adalah iman kita tetap percaya dan setia kepada Yesus Kristus dalam segala keadaan hidup kita, apakah itu penganiayaan ataupun penderitaan akibat masalah hidup menimpa kita.  

Matius 10:22b 
tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. 

Yesaya 46:4 
Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu. 

Kita mesti tahu kebenaran Firman Tuhan supaya iman tidak mudah goyah karena kita yakin Allah sangat mengasihi kita. 

Memang dalam hidup ini akan ada ujian iman dan pencobaan namun semuanya itu untuk menguatkan iman kita. 

Yakobus 1:3-4 
sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun. 

Ibrani 12:7,11 
Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. 

Penderitaan terjadi karena tidak berserah diri sepenuhnya pada Tuhan Allah.

Yakobus 1:14 
Tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 

Ada begitu banyak janji Allah bahwa setiap orang yang percaya kepadaNya dengan segenap hidupnya akan hidup di dalam kelimpahan BerkatNya. 

Tatkala datang ujian iman maka kita tidak akan menderita bila saja kita yakin dan percaya kepada FirmanNya serta hidup di dalam kebenaranNya.  

Amsal 3:5-6 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Sedangkan pencobaan yang berasal dari Iblis dapat kita atasi dan keluar sebagai pemenang bila kita mengandalkan kekuatan kuasa Allah menyertai diri kita karena hidup di dalam kebenaranNya. 

Yakobus 4:7 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 

Penganiayaan disebabkan keyakinan iman kepada Yesus Kristus, dapat kita tanggung karena kekuatan Allah menguatkan diri kita.  

2 Korintus 12:10 
Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.  

Demikian dinamika hidup ini silih berganti datangnya ujian dan pencobaan namun yakinlah bahwa berkat Allah lebih besar dicurahkan sehingga hidup kita mengalami sukacita damai sejahtera. 

Filipi 4:19 
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus. 

Yohanes 14:27 
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com