Jumat, 28 Desember 2018

TERANG SUDAH DATANG (BAGIAN-1)


Kamis, 27 Desember 2018 

1 YOHANES 1:1-4 
MAZMUR 97:1-2,5-6,11-12 
YOHANES 20:2-8 

Mazmur 97:11-12 
Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati. Bersukacitalah karena Tuhan, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi namaNya yang kudus. 

Firman Tuhan hari ini memberitakan kepada kita bahwa Terang sudah terbit dan hendaklah kita bersukacita. 

Firman itu hidup bagi orang yang percaya dan Terang itu akan menyingkapkan kegelapan yang menguasai dunia ini. 

1 Yohanes 1:1 
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup — itulah yang kami tuliskan kepada kamu. 

Firman itu adalah Allah (Yohanes 1:1). 
Tetapi tidak setiap orang menerima Firman dan mempercayaiNya sehingga kebenaran Allah belum tersingkapkan dan belum menerangi jalan hidupnya. 

Akibatnya seringkali tersesat karena tidak tahu kearah mana jalan seharusnya ia berjalan sehingga seringkali terjerembab di semak belukar, bahkan terjatuh ke dalam jurang yang sangat dalam. 

Jadi tidak setiap orang menyambut datangnya Terang karena meremehkan atau pikirnya Terang itu tidak penting. 

Demikian juga terhadap Firman. 
Banyak orang meremehkan Firman Tuhan sebab dikiranya prinsip kebenaran dunia lebih penting dari Firman Tuhan. 

Kita dipanggil untuk memberitakan Firman Tuhan dan menjadi saksi Kristus agar banyak orang mengenal kebenaran Tuhan dan mengalami hidup di dalam kasih Tuhan. 

1 Yohanes 1:2 
Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. 

Kelahiran Yesus mewujudkan keinginan Allah agar setiap orang diselamatkan dari alam maut akibat dikuasai kuasa dosa di dalam dirinya melalui kuasa penebusan yang dilakukan Yesus diatas SalibNya. 

Kelahiran Yesus membuka cakrawala baru kehidupan manusia untuk memilih keluar dari kegelapan dunia menuju ke arah Terang yang menyinari dunia ini. 

Setiap orang diperhadapkan pilihan; apakah mau hidup di dalam kegelapan ataukah hidup di dalam Terang? 
apakah memilih hidup di dunia ini saja ataukah mengutamakan hidup kekal yang ditawarkan Allah melalui Yesus? 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Kenapa hidup di dunia ini digambarkan sebagai hidup di dalam kegelapan

Mari renungkan dan temukan makna terdalam dari Firman Tuhan berikut ini: 

1 Yohanes 2:16-17 
Sebab semua yang ada di dalam duniayaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. 

Itu sebabnya, orang yang memilih dunia akan mengarahkan dirinya ke arah kegelapan, akibatnya tidak dapat melihat apa-apa di dalam kegelapan atau dengan katalain di dalam kegelapan, tidak ada kehidupan; apa yang bisa dilakukan bila berada di dalam kegelapan? 

Coba saja perhatikan bahwa seseorang berbuat dosa biasanya dilakukan secara tersembunyi dan berusaha menutupi perbuatannya dengan berbuat jahat lagi. 

Maka dari itu, jagalah diri kita senantiasa dikendalikan Sang Terang sebab: 
Yohanes 1:5 
Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com