Sabtu, 04 Mei 2019

JANGAN TAKUT


Sabtu, 4 Mei 2019
KISAH 6:1-7  
MAZMUR 33:1-2,4-5,18-19 
YOHANES 6:16-21 

Bacaan Injil Yohanes hari ini tentang Yesus berjalan diatas air, murid-murid Yesus ketakutan. 

Yohanes 6:19 
Sesudah mereka memdayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan diatas air mendekati perahu itu. maka ketakutanlah mereka. 

Padahal mereka menyaksikan mukjizat 5 roti 2 ikan dilakukan Yesus memberi makan buat lebih dari 5000 orang dan tersisa 12 bakul (ayat 13). 

Injil Matius menjelaskan bahwa Yesus menegor murid-muridNya yang masih tidak mengerti dan kurang percaya kepadaNya meskipun sudah sering melihat mukjizat Yesus. 

Matius 14:31 
Yesus berkata : "hai orang yang kurang percaya mengapa engkau bimbang." 

Seringkali kita bersikap seperti mereka dan pernah berulangkali menyaksikan dan mengalami mukjizat Tuhan, tetapi ketika datang persoalan hidup berikutnya, kita tidak yakin apakah Tuhan menolong kita. 

Kita pernah menerima pertolongan Tuhan spektakuler seharusnya tetap percaya kepada Tuhan pasti sanggup menolong di persoalan hidup berikutnya. 

Bagaimana pertolongan Tuhan yang bukan spektakuler? apakah meremehkan pertolongan non spektakuler? 

Kenapa yach cenderung kurang percaya melihat mukjizat yang dilihat langsung, apalagi hanya mendengar dari orang lain, bawaannya curiga : jangan-jangan...? 

Banyak orang beriman, masih sulit mempercayakan hidupnya secara total kepada Tuhan. percaya kepada Tuhan sih percaya tapi.... lebih cepat percaya ada hantu, ada setan lho disana atau disitu ada orang pinter lho bisa bikin usaha maju hal-hal supranatural yang negatif mudah dipercayai. 

Apa yang terjadi pada murid-murid Yesus yang mengira Yesus berjalan diatas air itu adalah hantu, menurut Injil Matius 14:26 dan di-ayat berikutnya Yesus mengajak Petrus keluar dari perahu dan berjalan menuju ke Yesus meski awalnya Petrus berani melangkah namun ketika ada tiupan angin menerpanya membuat Petrus menjadi takut kembali. (Matius 14:28-30). 

Pesan yang hendak disampaikan pada bacaan Injil hari ini supaya kita tetap percaya kepada Yesus dengan segenap hati bukan percaya sebagian saja tetapi secara total kita kudu percaya kepada Tuhan Yesus. 

Kita hebdaknya percaya 100% kepada Yesus, artinya kita menyerahkan kendali hidup kita hanya kepada Yesus. 

Bila belum paham, mohon ditambahkan iman percaya kita supaya hikmat Tuhan membuka cakrawala pikiran dan hati kita sehingga iman kita semakin teguh dan taat mempercayai Tuhan seutuhnya didalam hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com