Minggu, 19 Mei 2019

YAKINLAH DAN PERCAYALAH KEPADA YESUS


Sabtu, 18 Mei 2019

KISAH 13:44-52  
MAZMUR 98:1-4 
YOHANES 14:7-14 

Bacaan Injil Yohanes hari ini menegaskan bahwa murid-murid harus percaya sungguh-sungguh kepadaNya, berarti juga percaya kepada Bapa. 

PERCAYA BAHWA YESUS DI DALAM BAPA DAN BAPA DI DALAM YESUS 

Kita pernah dengar pribahasa: "buah itu jatuh tidak jauh dari pohonnya" 
sikap dan kepribadian seorang anak mencerminkan sikap dan kepribadian bapa-nya/ayahnya. 

Yohanes 14:7 
Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia. 

Filipus, murid Yesus, tidak mengerti siapa Bapa yang dimaksud Yesus. 
Yohanes 14:8 
kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, 
itu sudah cukup bagi kami." 

Yesus menegor Filipus
Pertama 
Filipus tidak mengenal Bapa 

Yohanes 14:9 
kata Yesus kepadanya: telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. 

Kedua 
Tidak percaya hubungan Yesus dengan Bapa 

Yohanes 14:10 
tidak percayakah engkau, bahwa : Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. 

Coba kita bayangkan bagaimana perasaan Yesus saat mengatakan : 
telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? 

Terkesan ada perasaan kecewa, ada perasaan gemas, padahal sudah sekian tahun berkumpul bersama; sudah diajarin dan sudah melihat apa yang Yesus lakukan, ternyata masih saja tidak mengerti bahkan dikatakan tidak percaya? 

Bagaimana dengan kita? 
kitapun seringkali bersikap seperti Filipus (ayat 8) atau Tomas (ayat 5) atau bisa juga seperti Petrus menyangkal Yesus 3x sebelum bertobat. 

Kita tahu Yesus mati di kayu salib untuk menebus kita manusia, kita juga sudah di-baptis Katolik sebagai tanda kita percaya Yesus. 

kita kudu mesti belajar dari tegoran Yesus kepada Filipus, supaya kita sungguh percaya dari kedalaman hati kita, bukan sekedar mengucapkan kata percaya ... 

Kita tidak tahu mengapa Filipus belum sungguh mengenal Yesus padahal sudah 3 tahun bersama-sama dengan Yesus. 
suatu pelajaran buat kita, 

Untuk mengenal siapa sesungguhnya Tuhan Yesus, kita harus bergaul karib dengan Tuhan Yesus di dalam doa dan firman supaya semakin hari roh kita semakin peka dan intim bersamaNya. 

Dengan mengenal Yesus, berarti kita juga mengenal Bapa, demikian perkataan Yesus kepada Filipus. 

Memang sulit untuk dimengerti bila belum mengenal Yesus (prioritaskan waktu spesial, renungkan, dan lakukan). 

SIAPA PERCAYA KEPADA YESUS, HENDAKNYA MELAKUKAN PEKERJAAN / PELAYANAN YANG DILAKUKAN YESUS 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu..... 

Sangat disayangkan bila seseorang percaya kepada Tuhan Yesus hanya berfokus pada minta...minta...minta... duit - harta - bisnis sukses. 

Kita bisa baca dan renungkan Yohanes 14:12, Apa yang Yesus kehendaki supaya kita melakukan pekerjaan/pelayanan seperti yang Yesus sudah lakukan !!! 

Kita ini anak-anak Allah, 
jelas dong kita mau menyenangkan Allah sebagai Bapa kita. 

Kita tidak bisa menjadi anak-anak Allah yang merengek-rengek minta segala sesuatu yang berhubungan dengan duit atau harta duniawi. 

Seringkali yang membuat seseorang sepertinya terus-menerus cari duit 
duit dan duit meskipun sebetulnya sudah lebih dari cukup kebutuhan hidupnya dan keluarganya, semua itu disebabkan 
ada "kekuatiran yang berlebihan" sehingga terus menumpuk harta dan mengabaikan bahkan melupakan bahwa harta dunia tidak dapat dibawa serta ketika tiba saatnya harus meninggalkan dunia ini. 

Matius 6:19-21 
Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi sebab di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. karena dimana hartamu berada, disitu juga hartamu berada. 

Bukan berarti kita tidak boleh mencari duit dan menabung tetapi hendaknya tidak menjadi fokus utama dan tujuan hidup ini. 

Dengan demikian, kita mau dengan rela dan sukacita mau menuruti perkataan Yesus yang meminta kita melakukan pekerjaan atau pelayanan; dengan membawa sebanyak mungkin orang-orang supaya datang dan menyerahkan seluruh hidupnya kepada Yesus. 

Coba kita dengar perkataan Yesus bahwa kita dapat melakukan pekerjaan yang lebih besar daripada yang Yesus lakukan. 
wow... luar biasa 
ayat 12
barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Yesus saja yakin kita bisa melakukan pekerjaan yang lebih besar dari yang sudah Ia lakukan; 

Pertama 
Mengapa masih ada orang beriman yang  tidak mau melakukan pekerjaan atau pelayanan ? 

Kedua 
Mengapa ada yang tidak yakin dapat melakukan pekerjaan / pelayanan seperti Yesus lakukan, bahkan yang lebih besar? 

Ketiga 
Mengapa ada yang melakukan pekerjaan atau pelayanan tidak seperti yang Yesus lakukan karena motivasi yang tidak tulus hati dan diboncengi keinginan- keinginan daging, seperti : mencari pujian manusia demi popularitas pribadi, apalagi ada motif untuk kepentingan bisnis. 

Semoga kita merenungkan sungguh-sungguh makna bacaan Injil hari ini agar supaya iman percaya kita tidak akan pernah luntur sebab kita yakin betul mempercayai seluruh hidup kita kepada Tuhan Yesus. 

Dan tidak hanya percaya saja tetapi kita mau segera mengambil keputusan untuk fokus melakukan pekerjaan/pelayanan dengan tulus hati dan penuh kasih kepada banyak orang agar mereka mengalami kasih Yesus didalam hidupnya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com