Rabu, 29 Mei 2019

ROH KEBENARAN (BAGIAN-2)


Rabu, 29 Mei 2019

KISAH 17:15,22-18:1  
MAZMUR 148:1-2,11-14 
YOHANES 16:12-15 

Yohanes 
Bacaan Injil Yohanes hari ini melanjutkan tentang pekerjaan yang dilakukan Roh Kudus yang diutus Yesus, setelah Yesus pergi ke Bapa. 

Ada beberapa hal dilakukan Roh Kudus 

PERTAMA 
ayat 13 
Roh Kudus akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran sebab Ia tidak berkata-kata dari diriNya sendiri tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Jadi Roh Kudus memberitakan : 
a. semua yang telah dikatakan Yesus 
b. hal-hal yang akan datang 

KEDUA 
ayat 14 
Roh Kudus akan memuliakan Aku sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya daripadaKu. 

Dari beberapa pengalaman memberitakan Injil, ada fenomena menarik diperhatikan yaitu : lebih diterima bicara tentang Yesus daripada bicara tentang Roh Kudus di kalangan Katolik. 

Mengapa demikian? 

Sepertinya membicarakan Roh Kudus dihindari; mungkin apakah takut atau super hati-hati ataukah ada kekhawatiran kebenaran siapa Roh Kudus itu? 

Jangan-jangan bukan Roh Kudus tetapi roh lain meski sering dikatakan bahwa Bunda Maria pertama kali karismatik tetapi kecendrungan menghindari bicara tentang Roh Kudus masih terjadi di sebagian umat Katolik. 

Bacaan Injil Yohanes minggu ini adalah jawabannya, terutama perkataan Yesus pada pasal 16. 

Dikatakan bahwa Yesus mengutus Roh Kudus. Jadi Roh Kudus yang memegang peranan penting dalam kehidupan kita setelah Yesus pergi ke Bapa (hari kamis nanti kita rayakan hari kenaikan Yesus). 

Kita bisa lihat bagaimana Roh Kudus mengubah Petrus dan para Rasul lainnya menjadi berkobar iman percayanya kepada Yesus Kristus, justru setelah menerima pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (baca Kisah pasal 2). 

Karya Roh Kudus bisa dibaca sepanjang (isah para Rasul dan terus berkembang hingga saat kni, bahkan seterusnya hingga akhir jaman. 

Konsili Vatican ke dua, gereja Katolik membuka pintu seluas-luasnya bagi umat Katolik supaya membuka diri bagi Karya Roh Kudus yang telah berabad lamanya gereja Katolik menutup diri. 

Evangelisasi terjadi dimana-mana dan karya Roh Kudus membahana di seluruh dunia. Kita harus membiarkan Roh Kudus menjamah dan memasuki kehidupan kita 

Dengan mengalami Roh Kudus secara nyata, diharapkan ada transformasi pada diri kita dan diharapkan menghasilkan buah-buah roh didalam kehidupan kerohanian kita. 

Gereja katolik dikatakan ibaratnya raksasa yang sedang menggeliat dari tertidur, oleh karena Roh Kudus dibatasi karyaNya. 

Memang masih banyak yang belum mau membiarkan dirinya dijamah Roh Kudus bukan hanya umat saja, tetapi rohaniwan juga masih belum sepenuhnya menerima bagaimana peranan Roh Kudus berkarya. 

Semoga keterbukaan hati kita menerima karya Roh Kudus yang dinyatakan dalam diri kita semakin terbuka dan tidak diliputi keraguan lagi. 

Ingat, apa yang dikatakan Yesus tentang peranan Roh Kudus, jangan sampai kita takut dan curiga. 

Demikian pula hendaknya kita tidak semena-mena mengatas-namakan Roh Kudus demi kepentingan diri sendiri atau kepentingan komunitasnya. 

Pekerjaan/karya Roh Kudus senantiasa memuliakan Allah sebab Roh Kudus melakukan pekerjaan sesuai kehendak Allah. 

Yohanes 16:15 
Segala sesuatu yang Bapa punya adalah Aku punya sebab itu Aku berkata : Roh Kudus akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya daripadaKu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com