Selasa, 21 Mei 2019

YESUS POKOK ANGGUR DAN KITA RANTINGNYA


Rabu, 22 Mei 2019

KISAH 15:16 
MAZMUR 122:1-5 
YOHANES 15:1-8  

Yohanes 15:5 
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah
banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 

Bacaan Injil Yohanes hari ini tentang perikop pokok anggur yang benar yang merupakan gambaran Yesus-lah pusat hidup kita dan perikop ini terkenal karena banyak orang kristiani tahu dan perikop ini dijadikan lagu rohani buat anak-anak SBI. 

Dalam perikop pokok anggur ini, kita diminta untuk senantiasa bersandar dan melekat pada Yesus supaya kita dapat menjalani hidup ini dengan baik dan terlebih kita akan dapat berbuat banyak kebaikan kepada banyak orang. 

Bagaimana dengan orang yang tidak mau hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan atau yang tidak mau hidupnya dipimpin oleh Yesus, dibawah ini penjelasannya: 

Yohanes 15:6 
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang keluar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 

Ayat ini jelas sekali ditujukan kepada orang yang sudah percaya kepada Yesus tetapi tidak mau hidup di dalam Yesus. 

Orang tersebut seperti ranting yang kering akan dipotong, dibuang, dicampakkan ke dalam api, kemudian dibakar. 
dengan kata lain, 
orang tersebut masuk ke alam maut yang kekal abadi alias neraka dan tidak dapat masuk ke rumah Bapa di sorga. 

Bagi orang yang percaya kepada Yesus dan mau hidup di dalam Yesus maka orang tersebut akan mengalami proses pembersihan dan pemurnian dari karakter yang tidak berkenan bagi Allah. 

Yohanes 15:2 
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. 

Pada masa pembersihan ranting ini,hidup kita sangat tidak nyaman dan penuh dengan penyangkalan diri bahkan harus memikul salib. 

Namun karena kita hidup di dalam Firman Tuhan maka kita memahami maksud/tujuan dari proses pemurnian hidup kita sehingga dengan rela dan hati terbuka, kita mau menerima proses ini dengan sabar. 

Ibrani 12: 5b, 11 
hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya; 
memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. 

Tatkala kita berhasil melewati proses pembersihan dan pemurnian karakter 
maka hidup kita mengalami Damai Sejahtera dan Sukacita dari Tuhan 
sehingga fokus doa-doa kita tidak lagi untuk diri sendiri melainkan untuk 
kepentingan orang lain. 

Itu sebabnya, apa saja yang kita minta dalam nama Yesus maka akan dikabulkan sebab Tuhan tahu yang kita minta, betul-betul yang kita butuhkan dan untuk membagikan kepada orang lain.  

Karena di dalam diri kita sudah berbuah lebat dan mau membagikannya kepada banyak orang... perbuatan baik yang kita lakukan ini menyenangkan hati Bapa. 

Yohanes 15:7-8 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku. 

Banyak orang berkeluh-kesah beratnya beban hidup yang ia tanggung tetapi sayangnya kurang memahami betapa berharganya pelajaran yang bisa kita dapatkan dari membaca, merenungkan Firman sehingga pintu2 berkat terbuka lebar dihadapan kita. 

Karena kita mengetahui dan memahami kebenaran firman yang membuka jalan 
jalan kehidupan kita menuju ke padang rumput yang hijau. 

Berapa banyak orang yang ngotot melalui satu pintu yang nyata-nyata tertutup bagi dirinya tetapi tetap saja memaksa untuk membukanya. 

Padahal jika ia mengikuti petunjuk Tuhan melalui firmanNya maka masih ada pintu lain yang terbuka untuknya namun sayangnya pintu itu tidak diketahuinya. 

Yesaya 45:2-3 
Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi. Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah Tuhan, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu. 

Yach, kita kudu harus tinggal di dalam firman Tuhan agar kita tahu ada banyak jalan yang bisa kita lalui yang Tuhan 
berikan kepada kita. 

Asalkan kita mau membuka Alkitab yang memuat petunjuk-petunjuk, pedoman-pedoman, ketetapan dan perintahNya, tentang Karakter Ilahi, perbuatan Kasih AgapeNya dan janji-janiNya. 

Tugas kita, menuruti perkataanNya yang tertuang dalam Alkitab supaya kita dapat mengambil hidangan telah disediakan yakni damai sejahtera dan sukacita Ilahi. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com