Jumat, 24 Mei 2019

TUHAN MENGASIHI KITA

Kamis, 23 Mei 2019

KISAH 15:7-21 
MAZMUR 96:1-3,10  
YOHANES 15:9-11 

Yohanes 15:9 
Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasihKu itu. 

Bacaan Injil Yohanes hari ini, dari perikop tentang perintah supaya saling mengasihi dan dibagi dua bagian : untuk hari ini berbicara mengenai mengasihi Tuhan dan untuk renungan esok hari mengenai mengasihi sesama. 

Yohanes 15:10 
jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku,
seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.


Yesus memberi perintah, sekaligus memberi petunjuk kepada kita :
bagaimana caranya kita hidup di dalam kasihNya
ternyata sangat sederhana kunci rahasianya, yaitu kita mau menuruti perintah Yesus yang merupakan perintah Bapa dan kita mau tinggal di dalam kasihNya

Pertanyaannya adalah sudahkah kita menuruti perintah Yesus dan sudahkah kita tinggal di dalam kasihNya? atau dengan kata lain, benarkah kita sudah mengasihi Tuhan Yesus? 

A. Menuruti perintah Yesus itu tidak mudah, perlu kepatuhan dan ketaatan 

Mungkin di satu bagian tertentu kita taat menuruti perintahNya dan di bagian lain, mungkin pada awalnya saja kita patuh tetapi pada akhirnya kita tidak konsisten dan tidak mentaati perintahNya. 

Matius 23:23b 
.... yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. 

Misalnya : 
seseorang selalu memberi kolekte paling sedikit Rp 100,000 setiap kali ikut misa ekaristi hari minggu, dan juga memberi sumbangan ke gereja dan yayasan yang meminta sumbangan; pokok e dia itu terkenal donatur yang selalu memberi. 

Saat menjalankan bisnisnya, ia tidak segan-segan memakai berbagai cara (menyuap, gratifikasi, mark-up harga) dengan tujuan agar usahanya maju dan menurut pemikirannya itu hal biasa dalam dunia bisnis dan menganggap tidak bersalah dan itu tidak berdosa

Orang ini berdalih dan berkata bahwa bila ia tidak nyogok/suap, kasih duit kepada oknum yang punya wewenang untuk menentukan goal tidaknya produk/jasa yang ia tawarkan, maka bagaimana bisa maju perusahaannya. 

Keluaran 23:8 
Suap janganlah kauterimasebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar

Bukan hanya suap dilakukannya tetapi dalam laporan kegiatan bisnisnya juga tidak transparan karena memanipulasi data keuangan supaya sedikit membayar pajak kepada pemerintah. 

Amsal 11:1 
Neraca serong adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi Ia berkenan akan batu timbangan yang tepat. 

Matius 22:21b 
Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah. 

Di satu bagian tertentu berbuat kebaikan dengan mau menyumbang dana tetapi di bagian lain berbuat kecurangan dan kebohongan untuk menutupi dosanya. 

Biasanya orang begini tetap kukuh pada prinsipnya dan ngotot berdebat bila diberitahu ada Firman/Sabda Tuhan yang melarang melakukan perbuatan tersebut sebab ia merasa dirinya benar dan sudah berbuat kebaikan yakni sumbang dana. 

Silahkan baca dan renungkan. 
Amsal 3:5b 
Janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri 
B. Tinggal di dalam kasih Tuhan itu tidak mudah, perlu perubahan pola pikir atau mindset dan perubahan gaya hidup atau life-style. 

Hendaknya setiap hari kita menyediakan waktu terbaik (bukan sisa waktu) untuk bersaat teduh bersama Tuhan, renungkan firman/sabdaNya maka dengan demikian relasi kita semakin intim bersamaNya hingga dalam tahap selanjutnya, kita akan selalu rindu bersamaNya, 

Mazmur 95:6-7 
Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita. Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya.pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya! 

Pada akhirnya kita semakin mengenal pribadiNya dan Mulai dapat mengasihi Tuhan karena kita tidak mau menyakiti hatiNya tetapi menyenangkan hatiNya. 

Kita dapat mengasihi Tuhan bila relasi kita dengan Tuhan sudah intim. 

Bagaimana mungkin kita mengatakan bahwa kita mengasihi Tuhan bila kita belum hidup di dalam kasihNya dan belum sepenuh hati mentaati melakukan perbuatan sesuai dengan kehendakNya dan perintahNya. 

1 Yohanes 4:19 
Kita mengasihi karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. 

Yohanes 14:15 
Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu. 

JADI 

Saling berkaitan antara menuruti perintah Yesus dan tinggal di dalam kasih Yesus dan kita baru dapat mengasihi Yesus karena Tuhan Yesus lebih dulu mengasihi kita sampai selama lamanya. 
dengan kata lain, 
Tuhan Allah senantiasa mengasihi kita karena Ia sangat sayang pada kita. 

Yesaya 46:4 
Sampai masa tuamu, Aku tetap Dia dan sampai putih rambutmu, Aku menggendong kamu. 
Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus, Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu. 

Amazing Grace ....
Kasih Tuhan kepada kita sangat sangat luas daripada kasih kita kepada Tuhan..... 

Oleh sebab itu mumpung masih ada waktu, mari bergegaslah kita tanggalkan kasih duniawi didalam hidupku dan beralih-lah hidup dalam kasih Tuhan supaya kita dapat mengasihiNya. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com