Jumat, 02 Agustus 2019

HIKMAT TUHAN DAN KUASA TUHAN


Jumat, 2 Agustus 2019

IMAMAT 23:1,4-11,15-16,27,34-37
MAZMUR 81:3-6,10-11 
MATIUS 13:54-58 

Matius 13:54 
Setibanya di tempat asalNya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperolehNya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?" 

Kita sering membahas tentang perkataan Yesus yang mengatakan: 
"Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."  (Matius 13:57). 

Ada baiknya kita alihkan perhatian pada pengajaran Yesus di rumah ibadat yang membuat orang mendengarnya menjadi takjub dan mereka mengerti bahwa ada hikmat dan kuasa yang menyertai Yesus ketika mengajar dan mengadakan mukjizat-mukjizat. 

Hikmat dan kuasa Tuhan masih sangat dibutuhkan sampai saat ini dan sampai selama-lamanya di waktu mendatang. 

Setiap orang bisa memperoleh suatu pengetahuan dengan cara belajar dan setelah menguasainya maka ia dapat mengajar orang lain dengan pengetahuan yang ia sudah pelajari. 

Seperti halnya menjadi pewarta atau pemberita Injil; ia bisa belajar membaca seluruh isi kitabsuci dan memahaminya sehingga suatu saat ia mengajar atau mewartakan Injil kepada orang lain. 

Jika tidak ada urapan/kuasa Tuhan maka apa yang ia sampaikan hanya sebatas pengetahuan saja tanpa menyentuh hati para pendengar untuk datang memdekat kepada Tuhan Yesus. 

Contohnya: orang Farisi dan ahi Tauurat menguasai kitab Taurat tetapi tidak ada urapan kuasa Allah. 

Matius 7:28-29 
Dan setelah Yesus mengakhiri perkataan ini, takjublah orang banyak itu mendengar pengajaranNya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka. 

Pertanyaannya adalah: 
Hal apa saja yang kita lakukan untuk mendapatkan Hikmat Tuhan? 

Pertama 
Takut akan Tuhan dalam arti kita tunduk dan taat kepada Tuhan 

Amsal 9:10 
Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. 

Dengan tunduk dan taat kepada Tuhan maka kita akan menuruti kehendak dan perintah Tuhan berarti kita mengenal sifat dan karakter Tuhan. 

Ketika datang suatu masalah hidup maka Hikmat Tuhan menuntun pikiran kita menemukan solusi mengatasi masalah tersebut. 

Amsal 2:6 
Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat dan dari mulutNya datang pengetahuan dan kepandaian 

Kedua 
Bersikaplah rendah hati 
Amsal 11:2b 
Hikmat ada pada orang yang rendah hati 

Dengan bersikap rendah hati maka kita membuka diri menerima segala hal dari Tuhan sehingga hati dan jiwa kita tenang selain pikiran kita dipenuhi Hikmat Tuhan 

Amsal 2:1-2,10 
Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu, sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian, Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu 

Kedua hal ini sangat penting kita miliki agar pikiran dan kita dipenuhi oleh Hikmat Tuhan sehingga apapun yang kita lakukan sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Dengan Hikmat Tuhan maka dalam hal pengajaran dan pewartaan Injil maka pikiran kita dipenuhi Firman Tuhan dan mulut kita menyampaikan Firman Tuhan menusuk tajam telinga pendengar masuk ke dalam pikirannya hingga sampai kedalaman hatinya (=rhema). 

Ibrani 4:12 
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 

Kuasa Tuhan bekerja pada saat Hikmat Tuhan menguasai mulut, telinga, pikiran, hati, seluruh anggota tubuh kita bahkan jiwa kita (pikiran,perasaan, dan kehendak) dipenuhi Hikmat dan Kuasa Tuhan. 

Kita harus membersihkan pikiran dan hati dari kotoran dunia agar Hikmat Tuhan & Urapan Kuasa Tuhan memenuhi dan menguasai segenap diri kita. 

Amsal 4:23 
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah memancar kehidupan 

Filipi 2:5 
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com