Senin, 05 Agustus 2019

MAKNA MUKJIZAT 5 ROTI DAN 2 IKAN

Senin, 5 Agustus 2019

BILANGAN 11:4b-15 
MAZMUR 81:12-17 
MATIUS 14:13-21 

Matius 14:19-21 
Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambilNya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-muridNya, lalu murid-muridNya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. Yang ikut makan kira-kira 5000 laki-lakitidak termasuk perempuan dan anak-anak. 

Kita umat kristiani mengimani bahwa mukijizat 5 roti + 2 ikan memberi makan 5000 laki-laki merupakan simbol dari perjamuan ekaristi yang melambangkan Yesus sebagai roti hidup. 

Yohanes 6:35 
Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi

Berharap kepada Tuhan adalah jalan yang terbaik yang semestinya kita ikuti dan andalkan dalam hidup ini. 

Banyak solusi lain yang ditawarkan dunia tetapi sifatnya sementara dan seringkali malah menjerumuskan kita berbuat dosa karena yang ada di dunia ini cenderung memuaskan keinginan daging. 

1 Yohanes 2:16-17 
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. 

Dari bacaan Injil, kita saksikan lima ribu laki-laki belum termasuk perempuan dan anak-anak mencari Yesus karena mereka sadar bahwa Yesus sanggup menolong kesusahan hidup mereka. 

Keadaan diri mereka menggerakkan hati Yesus berbelas kasihan dengan

1) Menyembuhkan sakit penyakit 
Matius 14:14 
Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit. 

2) Memberi makan berlimpah-ruah 
Matius 14:20 
Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. 

Suatu pelajaran penting buat kita umat kristiani bahwa sesulit apapun masalah yang sedang kita hadapi bahkan ada yang terlihat sangat berat dan mustahil dapat diselesaikan; datanglah kepada Yesus dan jangan mencari solusi diluar Yesus yang diberikan oleh dunia. 

Bukankah Yesus sudah katakan bahwa: 
Akulah jalan dan kebenaran dan hidup (Yohanes 14:6a). 

Seringkali banyak orang lupa karena tidak biasa mengandalkan Firman Tuhan atau ada yang tidak tahu Firman Tuhan seperti misalnya Yohanes 14:6a ini sehingga yang pertama diingatnya adalah mencari solusi dari dunia ini, kemudian setelah dikecewakan oleh dunia maka pilihan terakhir adalah mencari Tuhan. 

Oleh sebab itu

Pertama 
Penuhi pikiran kita dengan Firman Tuhan supaya terbiasa gunakan Firman Tuhan di setiap bidang kehidupan terutama di saat badai persoalan datang menerjang kehidupan kita. 

Mazmur 119:105 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 

Yang kedua 
Penuhi pikiran kita dengan fokus utama hidup kita di dunia ini adalah menuju kepada hidup kekal di Sorga. 

Yohanes 14:2 
Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

Ketiga 
Penuhi hati kita dengan fokus utama hidup dalam damai sejahtera Allah 

Yohanes 14:27 
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. 

Semoga setiap orang hidup didalam Kebenaran Allah dan mengandalkan Allah agar damai sejahtera Allah memenuhi hati dan pikiran di dalam hidup ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com