Selasa, 06 Agustus 2019

MAKNA TRANSFIGURASI


Selasa, 6 Agustus 2019

DANIEL 7:9-10,13-14 
MAZMUR 97:1-2,5-6,9
LUKAS 9:28-36 

Lukas 9:28-31 
Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajahNya berubah dan pakaianNya menjadi putih berkilau-kilauan. Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Yesus, yaitu Musa dan Elia. Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergianNya yang akan digenapiNya di Yerusalem. 

Gereja Katolik menetapkan hari ini pesta Yesus menampakkan KemulianNya dan bacaan Injil mengisahkan tentang hal ini. 

Transfigurasi menurut kamus bahasa Indonesia ialah perubahan bentuk/rupa. 

Peristiwa dimana terjadi perubahan rupa Yesus saat sedang berdoa dan pakaian Yesus putih berkilauan memancarkan kemuliaanNya. 

Lukas 9:29 
Ketika Yesus sedang berdoa, rupa wajahNya berubah dan pakaianNya menjadi putih berkilau-kilauan. 

Saat terjadi transfigurasi pada diri Yesus, disitu ada Musa dan Elia terlihat sedang berbicara dengan Yesus artinya mereka menghormati dan memuliakan Yesus (Lukas 9:30-31). 

Peristiwa transfigurasi merupakan suatu penyingkapan diri Yesus sesungguhnya adalah Allah. 

Lukas 9:35-36 
Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata: "Inilah AnakKu yang Kupilih, dengarkanlah Dia." Ketika suara itu terdengar, nampaklah Yesus tinggal seorang diri. Dan murid-murid itu merahasiakannya, dan pada masa itu mereka tidak menceriterakan kepada siapapun apa yang telah mereka lihat itu. 

Peristiwa transfigurasi menegaskan Kemuliaan Yesus Kristus bukan hanya terjadi dalam peristiwa kebangkitan dan kenaikan Yesus ke Sorga tetapi juga dinyatakan kemuliaanNya saat Yesus masih hidup sebagai manusia. 

Petrus, Yakobus, Yohanes mendapatkan kesempatan menyaksikan peristiwa transfigurasi dan sekaligus menjadi saksi mata untuk memberitakan terjadinya transfigurasi tersebut kepada yang lain. 

* Apa makna peristiwa transfigurasi bagi kita umat kristiani

Kita harus mengalami perubahan dari kegelapan manusia lama menjadi terang manusia baru yang memancar dari dalam diri kita 

2 Korintus 4:6 
Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terangNya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus. 

* Apa yang berubah dari dalam diri kita

1) Perubahan pikiran dan akal budi kita 
Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

2) Perubahan hati dan perasaan kita 
Matius 9:13 
Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa. 

3) Perubahan menjadi saksi Kristus 
Kisah 1:8 
Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. 

Kisah 22:15 
Sebab engkau harus menjadi saksiNya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar. 

* Perubahan baru akan terjadi jika kita
1) Mengalami Kristus di dalam hidup kita 
2) Memutuskan untuk berubah 
3) Membangun relasi intim dengan Allah 
4) Bertindak menjadi pelaku Firman Allah 
5) Berkorban demi Kristus Yesus 

Banyak orang mengatakan mau berubah tetapi tidak disertai ke-5 langkah diatas sehingga hanya sekedar keinginan tetapi tidak berbuat sesuatu untuk melakukan suatu transfigurasi atau perubahan sifat, pikiran, perkataan, dan perbuatan yang memancarkan kemuliaan Tuhan dari dalam diri kita. 

Roh Allah yakni Roh Kudus ada di dalam diri kita yang seharusnya ditempatkan untuk menguasai seluruh diri kita supaya kemuliaan Tuhan terpancar dari dalam diri kita. 

Semoga setiap orang berjuang terjadi transformasi di dalam dirinya masing2. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com