Senin, 19 Agustus 2019

HARTA APA PALING BERHARGA BAGIMU (BAGIAN-1)


Senin, 19 Agustus 2019

HABAKUK 2:11-19 
MAZMUR 106:34-37,39-40 
MATIUS 19:16-22

Matius 19:21 
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." 

Hari ini kita diingatkan Yesus lewat Injil yang mengisahkan seorang anak muda kaya menanyakan tentang memperoleh hidup yang kekal. 

Matius 19:16 
Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" 

Orang kaya adalah orang yang memiliki harta kekayaan dunia berlimpah-ruah yang jauh melebihi keperluan hidupnya dan seluruh keluarganya. 

Karena keberhasilannya mengumpulkan banyak harta dunia maka biasanya orang kaya sangat yakin akan kemampuannya untuk memdapatkan sesuatu yang ingin diperolehnya. 

Tidak heran orang kaya ini, apalagi masih muda sudah berhasil memiliki harta yang banyak, termasuk golongan orang kaya ingin tahu bagaimana cara memperoleh kehidupan kekal. 

Dia pikir caranya sama seperti cara dia mendapatkan harta dunia maka alangkah terkejutnya ketika ia mendengar jawaban Yesus pada Matius 19:21 yang langsung menggetarkan hatinya bahwa ia harus menjual segala mlikinya dan diberikan kepada orang-orang miskin, setelah itu datang mendekat dan mengikuti Yesus. 

Matius 19:22 
Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. 

Berarti harta dunia walau buanyak tetapi tidaklah berharga dibandingkan dengan harta di Sorga. 

Sepintas kita berpikir pasti sulit sekali ya untuk memgumpulkan harta di Sorga sebab mengumpulkan harta di dunia ini saja beratnya bukan main. 

Pertanyaannya adalah
Bagaimana caranya memgumpulkan harta di Sorga

Pertama 
Berbelas kasihan kepada orang yang lemah dan berbuat kasih kepada sesama 

Amsal 19:17 
Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan, yang akan membalas perbuatannya itu. 

Memilik hati yang dipenuhi belas kasihan dan melakukan perbuatan kasih kepada orang lain akan mendapatkan harta di Sorga sebab hal ini Tuhan berkenan. 

Orang seperti ini tidak lagi membutuhkan pujian, mengejar popularitas dan tujuan ia berbuat baik kepada orang lain, tidak lagi untuk mendapatkan uang/harta dunia karena ia justru membagikan harta yang dimilikinya saat ini pada orang lain yang membutuhkan. 

Orang seperti ini memahami dan ikuti perkataan atau kehendak Yesus (Matius 19:21) bahwa ia harus melepaskan harta dunia untuk mengumpulkan harta di Sorga yaitu dengan mengikuti Yesus. 

Orang yang dipenuhi belas kasihan dalam hatinya telah memberikan dirinya untuk kepentingan orang lain sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan sangat mengasihi dirinya yang telah dialaminya 

Kedua 
Menyerahkan seluruh dirinya sebagai penyembahan di hadapan Tuhan Allah 

Mazmur 84:3,11 
Jiwaku hancur karena merindukan pelataran-pelataran Tuhan; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup. Sebab lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Tujuan hidupnya adalah kekekalan hidup di Sorga sehingga sepanjang hari hati dan pikirannya hanya tertuju pada Tuhan. 

Seperti Maria bersimpuh di dekat Yesus untuk mendengarkan suara Yesus yang mengajarkan tentang banyak hal dan memandang wajah Yesus yang penuh welas-asih menyejukkan hatinya. 

Harta terindah dan paling berharga adalah disaat kita masuk dalam Hadirat Tuhan yang penuh Urapan KasihNya di sepanjang hidup kita di dunia ini. 

Inilah sesungguhnya Berkat Tuhan yang tiada taranya di saat ia masih berada di dalam dunia ini sebelum menerima hidup yang kekal di Sorga. 

Markus 10:30 
orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal. 

Kedua hal inilah yang membuat kita akan beroleh harta di Sorga yang kekal dan tidak lenyap begitu saja diambil pencuri seperti halnya harta dunia. 

Matius 6:19-21 
Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com