Selasa, 13 Agustus 2019

SIKAP RENDAH HATI


Selasa, 13 Agustus 2019

ULANGAN 31:1-8
ULANGAN 32:3-4,7-9,12
MATIUS 18:1-5,10,12-14

Matius 18:4 
Barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. 

Ayat Firman Tuhan ini adalah jawaban Yesus atas pertanyaan murid-muridNya yang bertanya: siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga

1. Merendahkan diri 
2. Menjadi seperti anak kecil 

Orang yang memiliki sikap rendah hati dalam arti rohani adalah orang yang menyadari dirinya tidak ada-apanya di hadapan Allah sehingga ia bergantung sepenuhnya kepada Allah. 

Sebelumnya pada kesempatan lain Yesus katakan bahwa orang yang merendahkan diri atau rendah hati adalah orang yang memiliki Kerajaan Sorga. 

Matius 5:3 
Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. 

Sama halnya seorang anak kecil yang merasa dirinya tidak bisa berbuat apa-apa selain bergantung kepada orangtuanya karena ia mempercayai orangtuanya amat mengasihi dan menyayangi dirinya. 

Begitupun hendaknya kita umat kristiani hendaknya percaya dan yakin kepada Allah dengan cara menyerahkan segenap hidup kita diatur oleh Tuhan Allah. 

Yesus menjelaskan lebih lanjut dengan menceritakan perumpamaan tentang domba yang hilang dimana seseorang mencari satu domba yang tersesat dan meninggalkan 99 ekor domba lainnya. 

Ketika menemukan domba tersesat maka Yesus mengatakan: sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang ke-99 ekor yang tidak sesat (Matius 18:13) untuk menunjukan Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang (Matius 18:14). 

Artinya Bapa di Sorga sangat mengasihi kita adalah anak-anakNya karena kita beriman percaya kepada Yesus Kristus. 

Pertanyaannya adalah: 
Bagaimana dengan orang-orang yang belum percaya atau tidak mau percaya kepada Yesus Kristus, apakah Bapa di Sorga mengasihi mereka juga? 

Firman Tuhan mengatakan bahwa

Matius 5:45 
Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. 

Bapa di Sorga mengasihi semua orang karena DIA yang menciptakan manusia dan tentu saja DIA mengasihi manusia atau setiap orang (Kejadian 1:26-30). 

Persoalannya adalah kita manusia yang berontak melawan kehendak/peraturan Allah (=Kejadiaan 2:16-17) sehingga manusia berbuat dosa dan akibat dosa adalah maut serta kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23, Roma 6:23a). 

Allah mengutus Yesus Kristus untuk menebus dosa kita manusia dan semua itu tergantung pada keputusan manusia; apakah mau menerima Yesus atau mau menanggapi cintakasih Allah yang mau menyelamatkan manusia dan Anugerah hidup yang kekal di dalam Kristus Yesus. 

Roma 3:24 
Oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 

Roma 6:23b 
Tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

Jelaslah bahwa Bapa di Sorga mengasihi semua orang asalkan mau berserah diri atau menyerahkan hidupnya kepadaNya. 

Masalahnya adalah 

ada banyak orang yang tidak bersikap rendah hati sebab mengandalkan dirinya sendiri yakni mengandalkan kemampuan dirinya berdasarkan prinsip hidup atau keyakinan hidupnya yang ternyata tidak sejalan dengan kehendak Allah

Amsal 3:5-6 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Inilah sikap yang tidak rendah hati untuk mengakui dirinya tidak ada apa-apanya di hadapan Allah sehingga orang ini tidak dapat memasuki Kerajaan Sorga

Kasihan sekali tipe orang seperti ini dan menjadi tugas perutusan kita sebagai umat kristiani yang memiliki sikap rendah hati untuk mengingatkannya. 

Tidak semua umat kristiani sadar diri mau mengupayakan dirinya memiliki sikap rendah hati sehingga merekapun tidak dapat memiliki Kerajaan Sorga jika tidak segera bertobat dan kembali kepada Allah serta bersikap seperti anak-anak Allah. 

Kepada mereka yang belum percaya atau tidak mau percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia maka mereka tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga jika sampai akhir hayatnya tetap menolak diselamatkan. 

Dengan katalain
sama halnya dengan seekor domba tersesat (=orang berbuat dosa) ditemukan tetapi tidak mau kembali (=bertobat) padahal orang itu mengasihinya (=Allah) dengan telah berusaha mencari dan menemukannya (=menegor,menasehati) maka itu keputusan domba sesat dan ia menanggung akibatnya (Roma 6:23). 

Matius 18:14 
Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang. 

Anak-anak yang hilang maksudnya adalah orang yang tidak/belum percaya kepada Yesus artinya tidak mau menuruti ajakan Yesus untuk mengikutiNya padahal Yesus sudah katakan bahwa: 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

YESUS ADALAH JALAN, KEBENARAN, DAN HIDUP 

Jalan Yesus 

Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 

Kebenaran Yesus 

Markus 12:30 
Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. 

Markus 12:31 
Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini. 

Beroleh Hidup 

Yohanes 11:25-26 
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" 

J A D I 

Kerendahan hati teramat sangat penting diperjuangkan untuk dimiliki oleh setiap orang (umat kristiani dan non kristiani) sebab orang yang rendah hati memiliki Kerajaan Sorga yang artinya dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga yaitu hidup kekal di Sorga. 

Orang yang rendah hati secara rohani akan menjalani hidup sesuai dengan jalan dan kebenaran Tuhan Allah. 

Bagi umat kristiani, hiduplah di dalam jalan Yesus dan kebenaran Yesus. 

Bagi yang belum kristiani, hiduplah di dalam kebenaran Allah, seperti yang Yesus ajarkan kepada umat kristiani. 

Yohanes 10:16 
Ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com