Sabtu, 24 Oktober 2015

DOSA DAN PENDERITAAN









Renungan Harian 24 Oktober 2015 
DOSA DAN PENDERITAAN 
(Lukas 13:1-9)

Roma 8:1-11 
Mazmur 24:1-6 


Saudara/i dalam Yesus Kristus, 

Sejak dulu jaman PL pandangan yang menjudge orang yang hidupnya miskin, menderita atau hidup serba kekurangan adalah orang berdosa
yang dikutuk Allah. 

Ulangan 11:26-28 
lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah Tuhan Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah Tuhan Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal. 

Yesaya 1:18-20 
marilah, baiklah kita berperkara! Firman Tuhan, sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti 
bulu domba. Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu 
akan memakan hasil baik dari negeri itu tetapi jika kamu melawan 
dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang. 
sungguh, Tuhan yang mengucapkannya. 

anggapan bahwa Allah memberkati orang yg mendengar dan
menuruti-Nya dan menghukum orang yang melawan perintah-Nya,
begitu masih berlangsung hingga sekarang ini masih banyak
yang berpandangan demikian.

misalnya : 

jika sekian lama berdoa dan belum ada jawaban atau belum dikabulkan Tuhan, orang tersebut merasa dirinya berdosa dan tidak layak
menerima Berkat Tuhan.

perasaan ini timbul karena pola pikir yg dipengaruhi oleh pandangan mengenai orang berdosa dikutuk Allah dan tidak akan mendapat
Berkat Tuhan. 

jika saja ia membaca Alkitab secara keseluruhan maka ia akan tahu bahwa Allah itu Maha Pengampun dan Maha Pengasih kepada manusia. 

Matius 18:21-22 
datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "bukan! Aku berkata kepadamu: bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali

1 Yohanes 1:9 
Jika kita mengaku dosa kita, maka Allah adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 

berbeda dengan pandangan orang yang hidup di jaman PL yang berpandangan sebaliknya bahwa jika seseorang berbuat salah maka
ia patut diberi balasan setimpal sebanyak tujuh puluh tujuh kali lipat. 

Kejadian 4:24 
sebab jika Kain harus dibalaskan tujuh kali lipat, maka 
Lamekh tujuh puluh tujuh kali lipat." 

Injil Lukas hari ini, Yesus mengatakan sebanyak dua kali bahwa
kita harus bertobat. 

Lukas 13:3, 5 
tidak! kataKu kepadamu tetapi jikalau kamu tidak bertobat, 
kamu semua akan binasa atas cara demikian." 

sebab jika tidak bertobat maka akan mengalami hal yang sama
seperti yang dialami oleh : 

Yesus menjawab mereka: "sangkamu orang-orang Galilea ini 
lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu?  (Lukas 13:2) 

sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang 
lain yang diam di Yerusalem?  (Lukas 13:4)

selanjutnya, 
dalam bacaan kitab Roma membahas tentang nasehat supaya kita
hidup oleh Roh dengan menolak hidup menurut keinginan daging. 

Roma 8:5-6 
mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 

Roma 8:7-8 
sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena 
ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah

Roma 8:10 
jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati 
karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran

keinginan daging atau perbuatan daging itu apa sih? 

Galatia 5:19-21 
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu seperti yang telah kubuat dahulu bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah

hidup menurut keinginan roh itu apa sih? 

Galatia 5:22-24 
buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 
barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya

kita manusia memang sangat lemah dan cenderung menuruti keinginan daging di dalam dirinya jika kita tidak mau hidup di dalam keinginan roh kita. 

pada dasarnya roh kita mau menurut mengikuti kehendak Tuhan namun karna mau memuaskan keinginan daging atau keinginan hawa nafsunya maka manusia melakukan perbuatan dosa. 

dosa itu akan menjerumuskan orang pada keterikatan yang membelenggu dirinya sehingga meskipun roh-nya mau bertobat namun seringkali tidak kuasa melawannya. 

Bertobatlah jika sudah jatuh ke dalam dosa dan begitu seterusnya sampai kita berhasil melewati proses pemurnian. 

namun janganlah sengaja berbuat dosa setelah mengetahui Kemurahan Tuhan Mengampuni 

Roma 6:1-2 
jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? sekali-kali tidak! bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? 

sesungguhnya orang yang mengalami kasih Tuhan & mensyukuri pertolongan Tuhan maka biasanya ia akan berusaha berbuat hal-hal yang menyenangkan hati Tuhan dan menjaga dirinya agar tidak berbuat dosa sebab ia tahu hal tersebut mendukakan hati Tuhan. 

1 Yohanes 3:6 
setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. 

memang sih jika sikap hidup kita berkenan bagi Tuhan maka biasanya Berkat Tuhan menyertai langkah hidup kita sehingga sepertinya di mata orang lain, sepertinya Tuhan hanya memberkati orang yang menuruti kehendak-Nya. 

kita saja sebagai orangtua, biasanya lebih perhatian kepada anak yang lebih patuh kepada kita tetapi tidak berarti kita tidak sayang kepada
anak yang tidak patuh. 

hanya saja perlu waktu menasehati anak yang tidak patuh sebelum kita memberi hadiah kepadanya atau memenuhi permintaannya. 

begitu juga Tuhan akan menunda Berkat yang akan diberikan kepada orang yang masih melanggar perintahnya yg belum mau hidup sesuai kehendak-Nya. 

Mazmur 24:3-6 
"siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? siapakah yang boleh berdiri di tempatNya yang kudus?" "orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia

Tuhan sangat sabar menunggu kita mau bertobat dan berbalik dari dosa. 

Mazmur 103:8,10 
Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. tidak dilakukanNya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalasNya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita. 

2 Petrus 3:15a 
anggaplah kesabaran Tuhan kita 
sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, ....

dari penjelasan panjang-lebar sesuai firman Tuhan maka jelas tidak benar pandangan orang yang mengatakan bahwa Tuhan mengutuk orang berdosa dan tidak memberkatinya. 

hubungan dosa dan penderitaan adalah paralel jika sepanjang orang tersebut tidak mau bertobat dan tetap tinggal di dalam perbuatan dosa. 

Roma 6:23a
upah dosa ialah maut...

sebaliknya jika orang mau bertobat dan menyesali dosa-dosanya serta bertekad mengubah sikap hidup seturut dengan jalan dan kehendak Tuhan maka orang tersebut akan disambut dan dipeluk Bapa di Sorga bahkan diadakan pesta menyambut seorang yang bertobat. 

ingat perumpamaan tentang anak yang hilang dalam Injil Lukas 15:11-32 
demikian pula orang yang bertobat itu seperti anak yang hilang. 

Lukas 15:10 
Aku berkata kepadamu: 
demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah 
karena satu orang berdosa yang bertobat. 

REFLEKSI DIRI 

1) kendalikan keinginan daging dan hiduplah seturut keinginan roh 
2) segeralah bertobat bila tersandung oleh perbuatan dosa 
3) hiduplah didalam Kebenaran Tuhan 


Salam Kasih, 
Surya Darma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com