Sabtu, 03 Oktober 2015

MALAIKAT PELINDUNG













Renungan Harian 2 Okt 201
MALAIKAT PELINDUNG
(Matius 18:1-5,10)

Keluaran 23:20-23a
Mazmur 91:1-6,10-11


Saudara/i dalam Yesus Kristus,

Gereja Katolik menetapkan peringatan wajib para malaikat pelindung pada hari ini. Malaikat diutus Allah untuk melindungi manusia karena Allah mengasihi manusia.  
sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab namaKu ada di dalam dia.  (Keluaran 23:20-21)

sebagai manusia, sewajarnya berterima-kasih, bersyukur kepada Allah.
terkadang kita tidak ngeh ada malaikat yang menjaga dan melindungi kita seperti yang dikatakan dalam Kel 23:20-21.

selanjutnya, Yesus menegaskan ada malaikat yang selalu memandang Bapa Sorgawi dan juga dikatakan seorang dari anak-anak kecil ini ada malaikatnya
Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga. (Matius 18:10) 

timbul suatu pertanyaan : 
apa bedanya Roh Kudus yang perannya mirip dengan malaikat ?

Peranan Roh Ķudus 
---------------------------
Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. (Yohanes 14:26) 

Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan

(Roma 8:26) 

Peranan Malaikat 
-----------------------
malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu sebab malaikat malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu (Mazmur 91:10-11) 

Allah teramat sangat baik kepada kita, 
1). ada malaikat yang menjaga kita 
2). ada Ŕoh Ķudus menghibur, menasehati, 
      mengajar dan menolong kita berdoa 
3). ada Bunda Maria menyampaikan doa kita 
4). ada Santo-Santa doakan kita 

tentu iman percaya kita tidak boleh berpaling dari Yesus Kristus, dengan lebih prioritaskan Bunda Maria atau Malaikat atau Santo-Santa. 

jaman sebelum Yesus, umat Israel belum mengenal Roh Kudus; mereka lebih mengenal Malaikat sebagai penolong dan menjaga diri mereka yang diutus Allah. 

REFLEKSI DIRI

Allah sudah menyiapkan segala yang kita perlukan selama menjalani hidup di dunia ini maka sudah selayaknya kita tidak mencari hal lain diluar yang sudah disediakan Aĺlah. 

jangan pernah mengandalkan kekuatan yang dari dunia untuk menjaga keseĺamatan diri kita sebab Aĺlah telah mengutus Malaikat dan Roh Kudus menjaga dan menolong kita. 


Salam Kasih,
Surya Darma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com