Jumat, 22 April 2016

DIRUMAH BAPAKU










​​Jumat, 22 April 2016 

Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 
                           (Yohanes 14:2)

Rumah adalah tempat berkumpul dan tempat tinggal anggota keluarga. 
Sungguh menyedihkan bila anggota keluarga sudah tidak betah tinggal di rumah atau suasana di rumah sudah tidak nyaman lagi. 

Di kota-kota besar, seperti Jakarta ini telah terjadi pergeseran fungsi rumah karena anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing dan suasana di rumah menjadi sepi, dingin dan tidak ada kehangatan lagi. 

Rumah menjadi seperti hotel saja; hanya tempat tidur dan mandi, lalu pergi lagi meninggalkan rumah. 

Dahulu makan bersama-sama satu meja dengan makanan dimasak di rumah dan ngobrol kesana kemari tetapi sekarang di meja makan pada sibuk memegang handphone asyik chatting/browsing. 

Kita harus menciptakan suasana tenang, damai, dan menyejukkan di dalam rumah supaya semua anggota keluarga betah dan setiap hari berkumpul, ngobrol, serta kebersamaan terjalin dengan intim. 

Dengan demikian keluarga kita mengalami sukacita dan berbahagia sehingga hubungan kita sekeluarga dengan Tuhan juga menjadi intim. 

Dengan makan bersama keluarga dalam satu meja dan saling ngobrol bersama tanpa diganggu handphone maka suasana tidak kaku dan komunikasi terjalin diantara sesama anggota keluarga sehingga dampaknya akan mudah kita berdoa, praise n worship, membaca n merenungkan firman Tuhan di Alkitab bersama keluarga kita. 

Keharmonisan di dalam keluarga akan mempengaruhi relasi kita bersama keluarga dengan Tuhan dan inilah keluarga kristiani yang Tuhan kehendaki terjadi pada keluarga-keluarga kita. 

Bila anda belum mengalami betapa menyenangkan hidup dalam keluarga kristiani yang bahagia maka mulailah bertobat dan tinggalkan cara hidup lama yang sarat dengan keegoisan diri. 

Yesus mengatakan bahwa di rumah Bapa di Surga banyak tempat yang telah disediakan asalkan kita menanggapi dan mengikuti jalan kehidupan yang Yesus tunjukkan kepada kita. 

Yohanes 14:3-4 
Apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ. 

Memang tidak mudah menempuh jalan Yesus bagi orang yang cenderung menginginkan jalan pintas sebab realitanya ada banyak kerikil dan batu-batu tajam yang harus kita lewati. 

Terkadang kita harus mendaki dan dilain waktu kita harus menuruni lembah yang terjal yang membuat diri kita menderita kesakitan dan berlinang airmata hingga kita berhasil melewati segala rintangan yang menghadang dan menghalangi langkah kaki kita mengikuti jalan Yesus tersebut. 

Kita harus percaya kepada Yesus; percaya penuh pada perkataan Yesus dan mengikuti jalan yang ditunjukkan Yesus agar kita melewatinya supaya sampai ke rumah Bapa di Surga. 

Masalahnya, dunia ini menawarkan banyak pilihan yang katanya bisa bawa kita mengalami kebahagiaan dan tidak perlu harus menderita. 

Ukuran bahagia menurut dunia sangat jauh berbeda dengan kebahagiaan menurut nilai-nilai Surgawi. 

Dan yang paling menyolok adalah sifat kebahagiaan dunia hanya sementara dan segera bisa dinikmati saat ini juga jika kita mengikat diri dengan duniawi. 

Sifat kebahagiaan Surgawi adalah kekal selamanya namun untuk menikmatinya harus melewati gunung dan lembah serta mengarungi samudera yang tidak disukai oleh kedagingan kita. 

Oleh sebab itu kita harus tekun dan taat menuruti semua perkataan Yesus atau dengan kata lain, kita harus hidup dalam kebenaran Firman Tuhan. 

Yesaya 32:17 
Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya. 

Keputusan ditangan kita sendiri dan jangan sampai kita salah pilih; apakah yang instan tetapi sifatnya sementara ataukah yang kekal tetapi banyak airmata untuk melewatinya. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku sudah memutuskan memilih untuk percaya kepada Yesus dengan cara mengikuti perkataanNya supaya aku sampai ke rumah Bapa di Surga? 



Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan IV Paskah 
Warna Liturgi : Putih 

Kisah 13:26-33 
Mazmur 2:6-11 
Yohanes 14:1-6 
BcO : Kisah 15:5-35 

============= ☆☆☆ ============ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com