Rabu, 06 April 2016

HIDUPLAH DALAM TERANG KRISTUS










Rabu, 6 April 2016 

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.  
                                                     (Yohanes 3:16) 

Ada sebuah film yang menceritakan bagaimana ketergantungan manusia kepada listrik dan suatu kali instalasi listrik rusak dan perlu beberapa hari untuk memperbaikinya. 

Disinilah diperlihatkan sepanjang hari melakukan aktifitas tanpa menggunakan listrik dan ternyata terjadi kekacauan terutama menjelang sore dan malam hari dimana suasana kota menjadi gelap dan hanya beberapa bagian saja masih menyala melalui genset. 

Banyak orang gelisah tidak terbiasa di rumah kepanasan tidaķ ada AC, tidak bisa menggunakan komputer, televisi, tetapi ada pula orang yang menyukai suasana tidak terang, remang-remang. 

Injil hari ini mengingatkan kepada kita agar kita hidup di dalam Terang Kristus dan tidak menyembunyikan perbuatan gelap atau perbuatan jahat; ibaratnya seperti situasi kegelapan yang dialami penduduk kota dalam film tersebut. 

Listrik adalah sumber energi yang mampu membuat terang dan dapat dipergunakan menggerakan peralatan dan perlengkapan hidup sehari-hari. 

Yesus adalah sumber kehidupan yang teramat sangat dibutuhkan untuk menjalani hidup kita umat kristiani. 

Roma 15:33 
Allah, sumber damai sejahtera, menyertai kamu sekalian! Amin. 

Aĺlah mengutus Yesus untuk menyelamatkan manusia dari alam maut akibat kuasa dosa yang mencengkram hidup manusia di dalam kegelapan. 

Yohanes 3:17 
Sebab Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 

Firman Tuhan mengingatkan kita ini sebagai manusia ternyata cenderung lebih menyukai kegelapan daripada terang; apakah betul seperti itu. 

Yohanes 3:19 
Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. 

Bila Firman Tuhan mengatakan demikian maka sudah pasti benar dan kita harus mawas diri pada diri kita terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegelapan. 

Yohanes 3:20 
Barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak. 

Potensi kita melakukan perbuatan jahat yaitu perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan adalah hal yang harus mendapat perhatian utama kita supaya kita tidak takabur merasa diri kita baik-baik saja eh ternyata di mata Tuhan perbuatan kita tidak berkenan bagiNya. 

Oleh sebab itu kita mesti mendekat dan mau hidup di dalam Terang Kristus agar menerangi jalan hidup kita. 

Yohanes 3:21 
Barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah. 

Kita harus mengakui bahwa saat berbuat dosa maka biasanya kita berusaha untuk menutupinya supaya orang lain tidak mengetahui perbuatan dosa kita tetapi Tuhan tahu semua perbuatan kita dan anehnya kita belagak tidak berdosa sekalipun di hadapan Tuhan. 

Sesungguhnya setiap orang sudah tahu bahwa harus hidup di dalam Terang Tuhan dan meninggalkan hidup di dalam kegelapan yang berlumuran dosa. 

Namun seringkali tidak kuat menolak dan dengan tegas berkata: "Tidak" kepada segala sesuatu yang hati nurani kita telah mengingatkan kita agar tidak mengikuti keinginan kedagingan kita yang menyeret kita ke dalam dosa. 

Bergaul akrab dengan Firman Tuhan yang tertulis di Alkitab adalah langkah bijaksana agar kita makin yakin kepada bisikan hati nurani yang melarang kita agar tidak berbuat dosa karena kita tahu ada firman Tuhan di Alkitab yang telah kita baca dan merenungkannya. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku senantiasa hidup dalam Terang Kristus dan tidak pernah lagi tergoda menutupi perbuatan kegelapan yang menyeret diriku ke dalam dosa? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari biasa pekan ke 2 Paskah 
Warna Liturgi : Putih 

Kisah 5:17-26  
Mazmur 34:2-9 
Yohanes 3:16-21 
BcO : Kisah 6:1-15 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com