Rabu, 20 April 2016

FIRMAN TUHAN YANG MENGHAKIMI









​Rabu,  20 April 2016 

Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataanKu, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.  
                                (Yohanes 12:48)

Kalimat pembuka renungan harian untuk hari ini adalah : apakah Alkitab sungguh dipercayai sebagai Firman Allah atau Sabda Tuhan bagi kita umat Kristiani? 

Masing-masing kita tahu persis jawaban umumnya pasti menjawab : percaya ! 
ataukah masih ada yang meragukan bahwa Alkitab itu belum tentu seluruhnya adalah Firman/Sabda Allah? 

Namun mengapa belum semua umat kristiani membacanya dan mengapa Alkitab belum menjadi pedoman hidup bagi umat kristiani? 

Beberapa pertanyaan diatas sengaja dilontarkan untuk mendapatkan jawaban jujur setiap kita umat beriman kepada Yesus dan katanya percaya bahwa Alkitab adalah Firman/Sabda Allah yang tertulis dan telah dikanonisasi oleh bapa-bapa gereja awal sekitar ratusan tahun setelah Yesus disalib,wafat dan bangkit. 

Injil hari ini menegaskan kembali apa yang dikatakan Yesus kepada orang-orang Yahudi di Yerusalem. 

Yohanes 12:47 
Jikalau seorang mendengar perkataanKu, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. 

Yesus datang ke dunia ini dengan misi dan tujuan untuk menyelamatkan manusia dari alam maut dan kematian kekal,  dengan memberikan Anugerah kehidupan kekal di Surga bagi orang yang percaya dan mempercayakan hidupnya hanya kepada Yesus. 

Perkataan Yesus itu berasal dari Bapa yang mengutusNya untuk disampaikan kepada manusia supaya melakukannya. 

Yohanes 12:49 
Sebab Aku berkata-kata bukan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. 

Persoalannya adalah orang2 Yahudi tidak percaya kepada Yesus dan tentu saja Perkataan Yesus tidak dituruti sedangkan kita telah mengaku percaya kepada Yesus tetapi mengapa cenderung tidak mau menuruti Perkataan Yesus? 

Makanya di bagian atas di konfirmasi ulang apakah percaya bahwa Alkitab adalah Firman/Sabda/Perkataan Allah? 
Bukankah kita percaya bahwa Yesus adalah sungguh Allah dan sungguh manusia; dan juga kita percaya kepada Allah Tritunggal Maha Kudus. 

Jika semua pertanyaan diatas dijawab ya, saya percaya berarti kita mengamini bahwa Perkataan Yesus adalah Sabda atau Firman Allah. 

Ini pemahaman dasar yang seharusnya semua umat Kristiani mempercayainya karena sudah mendeklarasikan percaya kepada Yesus. 

Oleh sebab itu marilah kita benahi lagi iman percaya kita kepada Yesus agar tidak hanya nampak dipermukaan saja atau hanya dibibir/dimulut saja tetapi lebih dalam lagi kita mempercayai Firman/Sabda Allah dan menerapkanNya di sepanjang hidup kita di dunia ini. 

Kita harus menempatkan Yesus sebagai pusat hidup kita dan mentaati segala yang dikatakanNya; apakah itu nasehat atau pengajaran atau perintahNya. 

Caranya gimana supaya kita tidak cepat lupa kepada Perkataan Yesus ? 
sederhana saja yaitu setiap kita mau melakukan sesuatu maka bertanyalah terlebih dahulu kepada Yesus; apakah boleh kita lakukan. 

wah ...rohani banget ya, apa mungkin bisa konsisten berbuat seperti itu? 
lebih baik berusaha selalu bertanya kepada Yesus dari pada berbuat semau kita saja tanpa peduli apakah perbuatan kita itu berkenan bagiNya. 

Dengan menekuni membaca, dan merenungkan Firman Tuhan di Alkitab maka percayalah ada banyak petunjuk dari Tuhan yang akan disampaikan bila roh kita peka mendengarkanNya. 

Kita juga harus konsisten ber-relasi dengan Tuhan melalui doa dan bersaat teduh bersamaNya, selain memaknai Firman/Sabda Tuhan setiap hari. 

Masalahnya adalah kita seringkali tidak konsisten berdoa, bersaat teduh, dan membaca/merenungkan/melakukan Firman/Sabda Tuhan. 

Tidak heran bila sikap dan perbuatan kita tidak sesuai dengan Firman/Sabda Tuhan yang kita baca dan kita renungkan. 

Sebab di dalam diri kita ada peperangan antara keinginan roh dan keinginan daging dimana setiap hari akan terlihat keinginan manakah yang menonjol yang menguasai hidup kita. 

Mungkin 4 hari dalam seminggu dimana keinginan roh yang menang tetapi bisa sebaliknya keinginan daging yang menang menguasai diri kita. 

Roma 7:21-23,26 
Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku. Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa. 

Hendaknya kita waspadai diri sendiri yang sangat rentan dipengaruhi keinginan daging dan tidaklah heran bila suatu ketika kita berbuat dosa karena roh kita tidak berhasil mengalahkan kedagingan kita. 

Oleh sebab itu Yesus mengingatkan agar kita berdoalah dan berjaga-jagalah sebab kedagingan kita sangat kuat mendominasi keinginan kita. 

Matius 26:41 
Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah. 

JADI, 

Perkataan Yesus bahwa Firmanlah yang menghakimi kita adalah benar dan perlu mendapatkan perhatian ekstra supaya jalan hidup yang kita tempuh berada pada Jalan Kebenaran Tuhan yang memberikan kehidupan bagi kita. 

Kita bisa melihat salah satu bukti kebenaran dari Firman/Sabda Allah yaitu dari bacaan pertama hari ini tentang Roh Allah atau Roh Kudus yang Barnabas dan Paulus melakukan perjalanan misi pengInjilan bersama Markus yang kelak kemudian hari menulis Injil Markus. 

Kisah 12:24-25 
Maka firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang. Barnabas dan Saulus kembali dari Yerusalem, setelah mereka menyelesaikan tugas pelayanan mereka. Mereka membawa Yohanes, yang disebut juga Markus. 

Kisah 13:2-3 
Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagiKu untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka." Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi. 

Dengan membaca Alkitab maka kita dapat mengetahui bagaimana Roh Allah menuntun para nabi, para rasul, dan orang-orang yang percaya kepada Allah. 
Selanjutnya, Allah mengutus Yesus ke dunia ini membawa Terang bagi dunia dan menyelamatkan manusia. 

Yohanes 12:46 
Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepadaKu, jangan tinggal di dalam kegelapan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku tinggal di dalam Terang Kristus dan hidup dalam kebenaran Firman Allah di sepanjang hidupku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan IV Paskah 
Warna Liturgi : Putih 

Kisah 12:24-13:5a 
Mazmur 67:2-8 
Yohanes 12:44-50 
BcO : Kisah 13:44-14:7 

============= ☆☆☆ ============ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com