Sabtu, 16 April 2016

ROH YANG MEMBERI HIDUP









Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. 
                                      (Yohanes 6:63) 

Sekarang ini orang-orang lebih senang mendengar humor yang lucu, homili atau khotbah yang ringan-ringan saja, dibawakan dengan kocak/lucu, dan ada banyak cerita pengalaman/sharing yang spektakuler mukjijatnya. 

Umat senang mendengarnya dan pembicaranya atau Pastornya akan dicari/diundang terus menerus sebab akan menyedot minat orang untuk mendengarnya. 

Umat juga senang kepada pembicara atau Pastor yang dapat menyembuhkan penyakit atau bisa mengusir roh jahat maka so pasti pembicara/Pastor itu akan diundang terus banyak orang. 

Hal semacam ini terus mengulangi kebiasaan orang sejak jaman dahulu dan Yesus tahu bahwa manusia mencari sesuatu yang enak untuk diri sendiri dan cenderung keberatan dan menolak mendapat pengajaran dan tegoran. 

Sifat manusia memanjakan keinginan dagingnya yang membuat manusia mudah terbujuk memuaskan keinginan tersebut dan bersikap tidak peduli akan perkataan Yesus atau Sabda Tuhan. 

Yang dikejar adalah kenikmatan daging buat memuaskan keinganan tubuh dan jiwanya sedangkan keinginan roh-nya terabaikan. 

Orang lebih senang telinganya dengar hal-hal yang disukainya dan menutup telinganya bila dinasehati, ditegor, atau mendengar pengajaran dan Firman Sabda Tuhan. 

Orang lebih suka mulutnya berbicara mengenai hal-hal yang mendatangkan keuntungan berupa duit dan harta dari pada berbicara mengenai Firman Tuhan sebab ada yang takut dijauhi temannya dan diejek temannya : sok suci elo ! 

Orang lebih senang matanya melihat sesuatu yang diinginkan oleh jiwanya daripada yang ingin dilihat oleh roh-nya. 
lebih menyenangkan melihat dunia yang memberikan pesona yang menggoda hati untuk menikmatinya. 

Orang lebih senang hidungnya mencium aroma yang membangkitkan selera dan keinginan tubuhnya daripada menciumi Alkitab  dan aroma hosti di gereja. 

Orang lebih memilih tangan-kakinya pergi melakukan pekerjaan yang mampu menghasilkan rejeki dunia berlimpah menambah pundi-pundi kekayaan dunia yang dimilikinya daripada melakukan tugas perutusan dan pelayanan yang justru mengeluarkan harta dunianya untuk membiayai kegiatannya. 

Orang lebih senang dan bahagia bila jiwanya mendapatkan hiburan dan kesenangan duniawi daripada jiwanya terhibur oleh hal-hal rohani. 

Semua itu adalah keinginan daging yang berlawanan dengan keinginan roh kita, oleh sebab itulah 
Yesus memperingatkan kepada murid muridNya dan berlaku kepada kita juga bahwa : 
Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.  (Yohanes 6:63)

Daging kita ini tidak berguna sebab suatu hari nanti akan mati dan hancur ditelan bumi ini sedangkan roh kita yang hidup yang akan menghadap Allah untuk mempertanggung-jawabkan perbuatan selama hidup di dunia ini. 

Camkan dan Ingatlah selalu, jangan sampai lupa bahwa daging akan mati tetapi roh akan hidup. 

Hendaknya kita menyimak dan percaya akan semua yang telah dikatakan Yesus kepada murid-muridNya sebab pasti terjadi dan digenapi oleh Yesus. 

Salah satu perkataan Yesus bahwa bagi orang yang percaya kepadaNya dan diurapi oleh Kuasa Roh Kudus maka dapat melakukan perbuatan mukjijat seperti yang IA lakukan. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Petrus menyembuhkan orang sakit, mengInjil bahkan orang mati bangkit dan hidup kembali. 

Kisah 9:34 
Kata Petrus kepadanya: "Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!" Seketika itu juga bangunlah orang itu. 

Kisah 9:40 
Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: "Tabita, bangkitlah!" Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. 

Semakin bertambah hari-hari, bulan, tahun, ratusan dan ribuan tahun setelah Yesus naik ke Surga, perbuatan ajaib tetap terjadi hingga hari ini dan hari selanjutnya dan kita tetap percaya bahwa kitapun dapat melakukannya bila kita hidup dalam FirmanNya dan Roh Kudus mengurapi dengan KuasaNya. 

Yohanes 15:5,7 
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Perkataan Yesus itu merupakan Sabda atau Firman Tuhan yang penuh kuasa dan tergenapilah didalam kehidupan ini sebab perkataanNya membuat roh kita hidup dan sanggup melakukan segala sesuatu sesuai yang dikehendaki Tuhan. 

Ibrani 4:12-13 
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapanNya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepadaNya kita harus memberikan pertanggungan jawab. 

Mari kita ubah kebiasaan panca indera yang cenderung menyukai hal-hal dari dunia ini dan saatnya kita tinggalkan kebiasaan tersebut dengan mengalihkan ke hal-hal rohani yang sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Janganlah kita hanya mau mendengar homili/khotbah yang ringan, yang lucu, dan hal-hal yang mau kita dengar saja tetapi sendengkan telinga kita kepada perkataan dan pengajaran serta nasehat Yesus serta Firman Tuhan lainnya. 

Kita undang pembicara/Pastur untuk mengajarkan hal-hal berat yang membawa roh kita kepada hidup dan sudah saatnya kita makan makanan rohani yang keras dan bukan hanya makanan rohani yang lembek/ringan saja agar iman kita menuju kedewasaan rohani yang kokoh agar mampu melawan pencobaan2 dunia ini. 

Ibrani 5:12-14 
Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil. Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat. 

Hendaknya tidak berhenti sebagai pendengar firman saja tetapi renungkan dan temukan makna terdalam dari Firman/Sabda yang kita dengar/baca dan selanjutnya melakukan perbuatan sesuai yang dikehendaki Firman Tuhan. 

Yosua 1:8 
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 

Mazmur 1:1-3 
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah setiap hari roh-ku diberi makanan rohani dan panca inderaku lebih menyenangi hal-hal rohani supaya roh memberi hidup di dalam diriku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan III Paskah 
Warna Liturgi : Putih 

Kisah 9:31-42 
Mazmur 116:12-17 
Yohanes 6:60-69 
BcO : Kisah 9:1-22 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com