Rabu, 02 November 2016

MENDOAKAN ARWAH ORANG BERIMAN









Rabu, 2 November 2016 

Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman
            (Yohanes 6:39) 

Gereja Katolik hari ini memperingati arwah semua orang beriman yang telah berikan dirinya untuk membawa banyak orang datang kepada Kristus. 

Tentu ada arwah lainnya yang tidak percaya krpada Yesus Kristus semasa hidupnya dan ada arwah yang percaya kepada Yesus namun tidak sepenubnya hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Kedua tipe arwah inilah yang perlu kita yang masih hidup, mendoakan mereka kepada Tuhan Allah agar mendapatkan pengampunan dan beroleh kasih karunia Allah supaya mereka boleh memasuki rumah kediaman Abadi di Sorga. 

Gereja Katolik peduli kepada semua arwah orang beriman dan hal ini sesuai firman Tuhan tentang mendoakan arwah 

2 Makabe 12:42 
Merekapun lalu mohon dan minta, semoga dosa yang telah dilakukan itu dihapus semuanya. Tetapi Yudas yang berbudi luhur memperingatkan khalayak ramai, supaya memelihara diri tanpa dosa, justru oleh karena telah mereka saksikan dengan mata kepala sendiri apa yang sudah terjadi oleh sebab dosa orang-orang yang gugur itu. 

Hanya saja terkadang karena rutinitas setiap tanggal 2 Nov ada doa arwah orang beriman maka setiap tahun ada yang mendoakan anggota keluarganya terus menerus yang sekian tahun lalu meninggal dunia. 

Harapan agar Kerahiman Allah turun atas arwah orang yang didoakannya, yang mendorong orang mendoakan arwah dari anggota keluarganya. 

2 Makabe 12:44 
Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati. 

Memang masih ada kontroversi pendapat orang lain non Katolik tentang mendoakan arwah orang beriman yakni mereka mengatakan orang mati tidak dapat diampuni lagi oleh Tuhan. 

Pemahaman mereka berdasarkan kisah orang kaya dan Lazarus ketika mereka berdua telah meninggal dunia. 
(baca selengkapnya Lukas 16:19-31). 

Lukas 16:26 
Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang

Perkataan Abraham kepada orang kaya tentang di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi 
sehingga menjadi landasan penafsiran mereka bahwa tidak ada hubungan lagi antara orang hidup dan orang mati, termasuk dalam hal mendoakan arwah. 

Mendoakan orang lain, apakah masih hidup ataukah sudah meninggal dunia adalah perbuatan terpuji dan masalah apakah Kerahiman Tuhan mengampuni dosa orang yang meninggal dunia maka kita serahkan saja pada Tuhan Allah yanv menghakiminya. 

Buat apa sih memperdebatkan sesuatu yang kita sendiri juga tidak tahu sampai dimana bukti kebenarannya sebab kita belum menjadi arwah. 

Lebih baik selagi masih hidup maka terus meneruslah berbuat kebaikan dan mendekat kepada Tuhan dan hiduplah di dalam kebenaran FirmanNya/SabdaNya 

Selanjutnya, 

Rasul Paulus berusaha menjelaskan kebenaran tentang kebangkitan orang mati kepada jemaat di Korintus. 

Ada orang yang tidak percaya bahwa Yesus bangkit dari kematianNya dan bahkan naik ke Sorga. 

1 Korintus 15:16-18 
Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. 

Lebih jauh Rasul Paulus menegaskan bahwa : 
1 Korintus 15:21-22 
Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. 

Adam adalah lambang kematian manusia akibat dosa sedangkan Kristus adalah lambang kebangkitan manusia beroleh keselamatan. 

Darisini kita seharusnya menyadari akan perbuatan dosa yang berulangkali kita lakukan dengan sengaja karena tidak mampu mengatasi keinginan daging kita yang merengek-rengek minta dipuaskan. 

Ingatlah Yesus sampai mati menderita penganiayaan sadis karena IA mengasihi kita manusia dan mau menjadi tebusan atas dosa-dosa manusia. 

Kepada orang yang baik dan murah hati kepadamu saja, engkau tergopoh-gopoh berusaha membalas kebaikannya. 

Masakan hatimu tidak terenyuh melihat Yesus tersayat-sayat demi untuk kita supaya beroleh pengampunan dosa dan menerima keselamatan Abadi. 

Jika demikian keputusanmu tetap tidak peduli maka hanya tiga kata saja yang perlu engkau dengar yakni : 
SUNGGUH KETERLALUAN KAMU !!! 

Jika engkau sudah tahu kebenaran Tuhan tetapi tidak mau melakukannya maka apa artinya engkau beriman kepada Yesus Kristus ? 

Ibrani 10:26-27 
Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 
Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 

Kasihan sekali bila sudah mati menjadi arwah, baru timbul penyesalan. 
artinya engkau menanti doa orang hidup yang mendoakan kamu dan tingkat kepastian memperoleh pengampunan tergantung Kerahiman Tuhan. 

Padahal selagi masih hidup, seharusnya engkau menjaga agar kunci keselamatan yang telah engkau terima dari Yesus pada saat engkau dibaptis namun kamu gadaikan dengan kenikmatan duniawi untuk kepuasan nafsu kedaginganmu. 

Galatia 3:3-4 
Adakah kamu sebodoh itu? 
Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? 
Masakan sia-sia! 

Oleh sebab itu, sebelum kita menjadi arwah, marilah saudaraku dalam Yesus Kristus, tinggalkan gaya hidupmu dan tanggalkan segala prinsip hidupmu menurut dunia. 

Segeralah mengikuti Jalan Kebenaran serta Jalan Kehidupan yang telah Yesus persiapkan bagi orang yang percaya dan mengasihiNya. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah hatiku tergerak oleh belas kasihan kepada arwah-arwah orang beriman yang teramat sangat berharap untuk didoakan agar memperoleh pengampunan dari Tuhan Allah? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Peringatan Arwah Orang Beriman 
Warna Liturgi : Ungu / Hitam

2 Makabe 12:43-46 
Mazmur 130:1-8 
1 Korintus 15:12-34 
Yohanes 6:37-40 
BcO : Yeremia 29:1-14 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com